Škrtel dan Rekor Gol Bunuh Diri Di Liga Inggris

Cerita

by Aun Rahman

Aun Rahman

Penulis & Penyunting. Pecinta sepakbola lokal dan Asia. Bermimpi Indonesia Raya berkumandang di Piala Dunia. Kontak : rahman.aun@gmail.com

Å krtel dan Rekor Gol Bunuh Diri Di Liga Inggris

Gol bunuh diri hal yang lazim terjadi dalam sebuah pertandingan sepakbola. Gol bunuh diri terjadi tentunya karena unsur ketidak sengajaan, pada dasarnya pemain yang melakukan gol bunuh diri tidak berniat untuk memasukan bola ke gawangnya sendiri kecuali ia terlibat pengaturan skor. Prosesnya kebanyakan serupa, seorang pemain berusaha menghalau serangan lawan, namun upayanya tersebut justru malah menjebol gawang sendiri.

Karena upaya menghentikan serangan lawan, mulai dari memblok umpan hingga menahan tendangan, pemain yang kemungkinan akan melakukan bunuh diri adalah seorang pemain bertahan. Meskipun tidak menutup kemungkinan, seorang penyerang pun melakukan gol bunuh diri.

Berniat menjadi pahlawan, tetapi justru malah menjadi bahan pesakitan. Itulah yang terjadi pada para pelaku gol bunuh diri. Dan pemain belakang Liverpool, Martin Skrtel menjadi salah satu pemain yang cukup sering melakukan gol bunuh diri di Liga Inggris. Termasuk yang dirinya lakukan pada kala timnya Liverpool dijamu Newcastle Minggu (06/12) lalu. Berniat menghalau sepakan Georginio Wijnaldum, bek Slovakia ini justru membobol gawangnya sendiri.

Skrtel sendiri termasuk pemain yang cukup akrab dengan gol bunuh diri. Sejarah mencatat dirinya total sudah membukukan tujuh gol bunuh diri sepanjang kariernya di Liga Inggris. Skrtel juga membuat rekor dengan mencetak gol bunuh diri terbanyak dalam satu musim dengan empat gol pada dua musim lalu atau tepatnya pada Liga Inggris musim 2013/2014.

Namun Skertel tidak sendirian, masih ada pemain lain yang mencatatkan rekor terbanyak membobol gawang sendiri di Liga Inggris, berikut ulasannya.

Phil Jagielka (6 Gol Bunuh Diri)

Sejak masih bermain di Sheffield United, Jagielka sudah terkenal sebagai defender tangguh. Bahkan hingga dirinya hijrah ke Everton pada tahun 2007 hingga saat ini, dan menjadi kapten tim asal Merseyside tersebut.

Namun ketangguhan Jagielka dalam menahan serangan lawan tercoreng oleh satu kebiasaan buruk, yaitu gol bunuh diri. Total bek kelahiran Manchester ini sudah mencetak enam gol bunuh diri.

Dan salah satu dosa tak termaafkan Jagielka adalah saat Everton berhadapan dengan Aston Villa musim 2009/2010. Everton sudah unggul 2-1 namun sang pemain belakang membuat gol bunuh diri,sehingga skor akhir menjadi 2-2. Imbasnya hasil pertandingan ini membuat Everton gagal bermain di Eropa pada musim tersebut.

Gol Bunuh Diri Jagielka yang membuat Everton Gagal Raih Tiket ke Eropa
Gol Bunuh Diri Jagielka Yang Membuat Everton Gagal Raih Tiket ke Eropa

Rio Ferdinand (6 Gol Bunuh Diri)

Duetnya bersama Nemanja Vidic jelas menjadi salah satu duet bek tengah terbaik yang pernah bermain di Liga Inggris. Duet ini bahkan sempat disebut-sebut sebagai duet bek tengah terbaik dunia kala United menjadi juara Eropa pada tahun 2008.

Tak ada yang meragukan kualitas seorang Rio Ferdinand. Dibanderol dengan harga 30 juta Poundsterling, Ferdinand masih memegang rekor sebagai bek termahal Inggris. Dirinya sempat menjadi kapten tim Three Lions, memberikan enam gelar Liga Inggris kepada Manchester United sebelum akhirnya hijrah ke Queens Park Rangers.

April 2007, Ferdinand mencetak gol bunuh diri yang membuat United kalah 2-1 atas Portsmouth di menit akhir. Total hingga dirinya pensiun pada musim lalu, Ferdinand sudah mencetak enam gol bunuh diri.

Wes Brown (6 Gol Bunuh Diri)

Banyak yang tidak tahu bahwa bek bernama lengkap Wesley Michael Brown merupakan bagian tim saat United memenangkan treble winners pada tahun 1999. Dirinya merupakan bagian dari kejayaan Manchester United hingga akhirnya memutuskan hijrah ke Sunderland pada tahun 2011.

Sejak bergabung dengan tim muda Manchester United pada 1996, Brown sudah diakui kemampuannya dalam mengawal lini pertahanan. Termasuk oleh manajer legendaris Setan Merah, Sir Alex Ferguson.

Total Brown sudah mencetak enam gol bunuh diri, yang bahkan dua kali lipat lebih banyak dibandingkan gol yang dirinya buat ke gawang lawan. Gol bunuh diri pertamanya terjadi saat United berhadapan dengan Southampton pada tahun 2001, dan dirinya terakhir kali membuat gol bunuh diri pada November 2014 saat Sunderland berhadapan dengan Crystal Palace

Jamie Carragher (7 Gol Bunuh Diri)

Selain Skrtel, pendukung Liverpool mengenal nama lain yang sering menciptakan gol bunuh diri. Dia adalah Jamie Carragher yang membela Liverpool selama 17 tahun. Meskipun tidak memberikan gelar Liga Inggris, Carragher selalu dikenang sebagai pahlawan oleh para pendukung The Reds.

Aksen Liverpoolnya yang kental menjadi ciri khas Carragher selain permainannya yang lugas. Dirinya tidak hanya bisa ditempatkan sebagai bek tengah, tetapi juga dalam berbagai kesempatan bisa saja ditempatkan sebagai bek kanan.

Total gol bunuh diri yang dicetak Carragher sepanjang kariernya adalah tujuh gol, selain yang dirinya buat di Final FA Cup tahun 2006.

Richard Dunne (10 Gol Bunuh Diri)

Gol  Bunuh Diri ke-10 Richard Dunne di Liga Inggris, Oktober Tahun Lalu
Gol Bunuh Diri ke-10 Richard Dunne Di Liga Inggris, Oktober Tahun 2014

Mendengar nama Richard Dunne sangat berkaitan erat dengan gol bunuh diri. Pemilik 511 laga Liga Inggris ini sangat terkenal akan kebiasaannya memasukan bola ke gawangnya sendiri. Pemain asal Irlandia ini kini berstatus free transfer sejak dilepas oleh QPR pada musim lalu.

Sepuluh gol bunuh diri dicetak oleh Dunne yang pernah bermain untuk Manchester City sebanyak 299 pertandingan. Gol bunuh diri ke-10 dicetak saat masih bermain untuk QPR, tepatnya pada Oktober tahun lalu. Sisanya enam gol dicetak saat masih berseragam City,tiga yang lain dicetak saat masih berseragam Aston Villa.

Rekor buruk ini menambah catatan minor lain Dunne yang juga pemilik rekor lain yaitu pemain terbanyak yang paling sering dikeluarkan langsung atau mendapat kartu merah langsung tanpa kartu kuning terlebih dahulu. Dunne sebanyak delapan kali diusir wasit sepanjang kariernya di Liga Inggris.

10 Besar Pencetak Gol Bunuh Diri Di Liga Inggris (Di Luar Martin Skrtel)
10 Besar Pencetak Gol Bunuh Diri Di Liga Inggris (Di Luar Martin Skrtel)

***

Gol bunuh diri memang bukan sebuah upaya kesengajaan, karena kembali lagi niatnya adalah menghentikan serangan lawan. Nama-nama diatas yang merupakan rekor pemilik gol bunuh diri terbanyak di Liga Inggris adalah pemain-pemain hebat dan tentunya merupakan defender yang tangguh. bahkan bek legendaris Arsenal, Tony Adams sudah mencetak tiga gol bunuh diri sepanjang kariernya.

Namun dengan apa yang dilakukan oleh Andres Escobar pada Piala Dunia 1994 dan sepakbola gajah yang dipertontokan Indonesia di Piala Tiger 1998 membuat gol bunuh diri merupakn dosa yang tidak termaafkan di dunia sepakbola.

Foto : telegraph.co.uk

Komentar