Setiap Hari adalah Hari Natal untuk FC Santa Claus

Cerita

by Dex Glenniza

Dex Glenniza

Managing editor of Pandit Football, MSc sport science, BSc architecture, licensed football coach. Born with the full name of Defary Glenniza Tiffandiputra, growing up with a nickname Dex Glenniza. Who cares anyway! @dexglenniza

Setiap Hari adalah Hari Natal untuk FC Santa Claus

Siapa bilang rumah Santa Claus atau Sinterklas ada di Kutub Utara? Ternyata rumah Sinterklas ada di Finlandia! Jika Anda adalah penggemar tim sepakbola dengan nama yang aneh, tim ini sangat cocok untuk Anda.

Sekilas, nama FC Santa Claus seperti sebuah nama tim sepakbola bercanda. Tetapi ini adalah sebuah kenyataan: memang benar ada sebuah tim sepakbola bernama FC Santa Claus.

Kecuali Anda adalah seorang seorang penggemar sepakbola Skandinavia, mungkin Anda akan asing mendengar nama mereka sampai sekarang. Namun, tim yang bermarkas di Rovaniemi (Finlandia) ini bermain dengan warna merah dan putih (tentu saja) dan memakai logo (yah, siapa lagi selain) wajah Sinterklas.

FC Santa Claus dibentuk pada tahun 1993 dari gabungan dua tim, yaitu Rovaniemen Reipas and Rovaniemen Lappi.

Sebelumnya mereka telah menjamin promosi mereka ke liga Kakkomen yang setara dengan divisi League One (kasta ke tiga) di Liga Finlandia pada Bulan September, setelah mereka mengalahkan Rotuaarin Pallo dengan skor 1-0.

Mereka memang tidak pernah berlaga di kasta tertinggi, paling-paling mereka hanya bolak-balik di divisi Kakkonen dan Kolmonen (kasta ke empat).

Mereka berasal dari wilayah yang diakui sebagai rumah Santa: Rovaniemi. Rovaniemi adalah ibukota dari wilayah administrasi Lapland di dekat Lingkaran Arktik. Di sini sepakbola sangat jarang ditemukan antara Bulan Oktober sampai April karena wilayah mereka benar-benar tertutup salju.

Namun, FC Santa Claus tidak hanya untuk Natal. Untuk alasan meteorologi, dapat dimengerti bahwa Liga Nordic berlangsung di musim panas. Setahun setelah klub ini dibentuk, mereka memenangkan Midnattsolscupen (Midnight Sun Cup), yaitu sebuah turnamen di mana permainan dimainkan di malam hari dan di tengah malam, seperti namanya.

Midnattsolscupen diadakan setiap bulan Juli di Swedia, dengan komposisi tim terutama dari negara tuan rumah, tetapi juga terdapat tim dari Finlandia, Norwegia, dan Rusia.

Juru bicara tim, Jouni Toyras, telah berbicara tentang musim sukses mereka: "Kami senang untuk menunjukkan orang-orang bahwa kami ada untuk bersenang-senang, tapi kami juga menganggapnya serius seperti yang Anda lihat dari hasil kami yang baik-baik saja."

Sebuah gol tunggal dari Jaakko Paavilainen sudah cukup untuk mengamankan tiga poin pada bulan September tersebut. Natal datang terlalu cepat untuk FC Santa Claus.

Meskipun ada pesaing kuat lainnya untuk nama-nama aneh di dunia sepakbola, seperti Club Deportivo Moron, Botswana Meat Commission Football Club, dan Fart FL dari Norwegia, FC Santa Claus tentunya ada di jajaran atas.



Komentar