Francesco Totti, Sosok Nyata Tua-tua Keladi

Cerita

by Ardy Nurhadi Shufi

Ardy Nurhadi Shufi

Pemimpin Redaksi | Pesepakbola Tarkam | Juru Taktik
ardynshufi@gmail.com

Francesco Totti, Sosok Nyata Tua-tua Keladi

Hari ini (27/9), Francesco Totti merayakan ulang tahunnya yang ke-38. Dan di usia ini jika pesepakbola pada umumnya tengah bersiap untuk mengakhiri karirnya pada usia ini, hal itu tak berlaku bagi pemain berlabel Pangeran Roma ini. Dan anehnya di tengah usianya yang hampir berkepala empat performanya dalam dua musim terakhir justru semakin meningkat.

Ketika musim 2012-2013 Roma tampil mengecewakan, Totti cukup menorehkan prestasi luar biasa bagi dirinya sendiri. Ia berhasil mencetak 12 gol dan 12 assist di usianya yang sudh mencapai 36 tahun. Torehan ini diraih hasil dari 34 penampilan, 21 diantaranya ia bermain 90 menit penuh. Jika ditotalkan, lebih dari 2.800 menit musim itu Totti telah bermain, tertinggi sejak musim 2006-2007.

Musim berikutnya, Totti tak kalah mengesankan. Meski hanya tampil 26 kali di bawah asuhan ketika ditangani oleh Rudi Garcia yang menggantikan Zdenek Zeman, peran Totti bagi tim berdampak luar biasa dengan prestasi Roma yang berhasil menempati peringkat dua klasemen akhir.

Dua musim terakhir memang seperti keajaiban bagi Totti. Ketika usianya lebih muda, penampilan Totti justru tak begitu mencolok. Apalagi setelah cedera ACL menimpanya pada tahun 2008, hampir setiap musim Totti selalu berkutat dengan cedera yang menyerang pahanya tersebut.

Godaan untuk pensiun datang dari segala penjuru. Banyak pihak yang menilai seorang Francesco Totti telah habis. Akan sulit baginya untuk bisa meraih ‘sesuatu’ ketika karir sepakbolanya semakin digerogoti oleh usia.

Namun Totti tetap pada pendiriannya. Ia masih mampu untuk berlari dan mencetak gol. Setiap ada pihak yang menanyakan kapan ia akan pensiun, ia selalu menjawab: “Aku dibesarkan menendang bola, dan saya akan mati dengan melakukan hal yang sama. Saya akan tetap tinggal pada permainan ini, melakukan sesuatu, dan berbicara lewat sepakbola. Aku hanya akan menyerah ketika aku melakukan suatu kebodohan yang besar.

Dari pernyataan yang dikutip dari situs gqitalia.it itu banyak pihak menyimpulkan bahwa Totti tak akan gantung sepatu selagi ia masih bisa bermain. Dan itu terbukti, ia tetap bermain semaksimal mungkin pada setiap kesempatan.

Pada akhirnya orang-orang kembali dibuat bungkam melihat Totti yang masih begitu bersemangat menjalani pertandingan. Total 562 penampilannya di Serie A menjadikannya penyerang dengan total penampilan terbanyak di Serie A. Ia terus mengejar rekor penampilan yang ditorehkan Dino Zoff, Paolo Maldini, Javier Zanetti, dan Gianluca Pagliuca. Dan dengan performanya yang masih terjaga, tak lama lagi rekor Dino Zoff akan mampu ia lewati.

Tak aneh memang rekor tersebut bisa dipecahkan Totti. Karena meski pemain datang dan pergi membela Serigala Ibu Kota, Totti tetap menjadi andalan AS Roma, siapa pun pelatihnya. Sebagai Il Capitano atau kapten, sosok Totti memang sangatlah dibutuhkan di lapangan.

Pun begitu ketika Rudi Garcia mampu memaksimalkan kemampuan Totti. Garcia menempatkan Totti sebagai trequartista pada posisi penyerang tengah. Berbeda ketika Roma ditangani Zdenek Zeman dan Luis Enrique yang menempatkannya sebagai pemain sayap 4-2-3-1.

Musim lalu, ia mendapat 'bantuan' dari Miralem Pjanic dalam urusan sebagai pengalir serangan Roma. Hadirnya Pjanic membuatnya tuganya menjadi lebih ringan. Ketika para pemain lawan terfokus untuk menjaga Totti, Pjanic bisa mengirim umpan matang pada Adem Ljajic, Gervinho, dan Leandro Paredes.

Rudi Garcia tentunya beruntung memiliki pemain sekelas Totti. Dengan segala kelebihan yang dimilikinya, Garcia tak ragu untuk terus memeras keringat Totti hingga tetes terakhir. Dan untungnya, Totti akan selalu dengan senang hati mendapat kepercayaan dari allenatore-nya tersebut.

Maka dari itu, sepertinya kita masih akan melihat Totti menginjakkan kakinya di lapangan hijau untuk memimpin rekan-rekannya di Roma. Bahkan nukan tak mungkin ia masih akan terus bermain hingga usianya mencapai empat puluhan.

Tanti auguri, bandiera della Roma! bagi AS Roma No Totti No Party!

foto: wikipedia.org


baca juga:

Francesco Totti dan Tawa yang Membebaskan Kita
Lelucon-lelucon tentang Francesco Totti
Tiga Gol Penting Francesco Totti
Francesco Totti, Sosok Nyata Tua-tua Keladi

Komentar