Pergerakan Arsenal di Bursa Transfer: Aktif dan Rahasia

Cerita

by Frasetya Vady Aditya

Frasetya Vady Aditya

Penyunting. Jangan terkekang; sepakbola cuma cangkang. Kontak: vady.aditya@gmail.com

Pergerakan Arsenal di Bursa Transfer: Aktif dan Rahasia

Kecuali dua musim ke belakang, Arsenal tak lebih sebagai klub yang pelit dalam membelanjakan pemain. Mereka lebih memilih memoles pemain muda, untuk kemudian dijual kembali ke klub lain. Namun, hadirnya Mesut Oezil pada musim lalu mematahkan anggapan itu. Belum lagi, pada musim ini The Gunners merekrut Alexis Sanchez, Callum Chambers, Mathieu Debuchy, dan David Ospina dengan total transfer 65 juta pounds.

Cederanya Olivier Giroud menghadirkan dugaan Arsene Wenger akan kembali belanja pada bursa transfer musim ini. Sanchez dianggap tidak pas jika bermain sebagai penyerang tunggal. Karakternya lebih cocok untuk bermain menyisir sayap.

Nama Edinson Cavani dan Radmael Falcao pun dikait-kaitkan dengan klub yang bermarkas di Stadion Emirates ini. Meski masih memiliki Lukas Podolski dan Yaya Sanogo, serta Joel Campbell, lini serang Arsenal dirasa masih kurang tajam.

Transfer ini pun diperkuat dengan pernyataan Wenger yang akan aktif pada sisa bursa transfer musim panas kali ini. Meskipun demikian, ia bersikeras bahwa dengan skuat yang ada sekalipun, Arsenal masih mampu untuk meraih gelar.

Soal pemain buruannya, Wenger masih mencoba untuk terus meyakinkannya agar bisa merumput di London. Ia akan menunggu hingga bursa transfer berakhir. Jika sang pemain akhirnya tidak jadi direkrut, Wenger tak akan melakukan panic buying. Ia lebih memilih untuk memaksimalkan pemain yang ada.

“Saya akan terlibat aktif hingga bursa transfer ditutup. Saya akan tetap siaga hingga menit-menit akhir. Anda (media) yang memutuskan bahwa saya harus membeli penyerang. Faktanya, saya tidak membutuhkan itu,” tutur Wenger.

Ketika disinggung soal kesepakatan dengan Falcao, Wenger menolak menjelaskan. “Sekali lagi, setiap negosiasi harus dijaga serahasia mungkin, jika kami merekrut Falcao, informasi tersebut akan kami beritahu.”

Di akhir bursa transfer ini, Arsenal akan terus aktif. Namun, sekali lagi, semua kesepakatan akan berlangsung secara rahasia. Wenger tidak akan secara pribadi memberitahukannya kepada media. Ini cukup beralasan bukan hal yang mustahil, nilai seorang pemain tiba-tiba melonjak saat ada klub yang tertarik menawarnya.

Jika Anda pernah bermain game simulasi Football Manager atau FIFA 14, nilai pemain biasanya lebih mahal dari biasanya. Pemain biasanya memiliki opsi untuk langsung bernegosiasi, atau bisa bertanya terlebih dahulu kepada klub target. Jika opsi kedua dilakukan, media biasanya mengendus hal tersebut dan berita pun mulai naik keesokan harinya.

Hal serupa berlaku jika kita menggaet pemain yang ada dalam “transfer listed”. Negosiasi harga biasanya tidak terlalu alot, pun dengan harga pemain yang bisa ditawar jauh lebih rendah dari harga pasar.

Wenger sepertinya merasa jika transfer dipublikasikan, pihak klub target akan mempersulit jalannya negosiasi. Bisa saja mereka menaikkan harga pemain, atau menunggu klub lain menawar pemain yang sama dengan harga yang lebih mahal.

Maka wajar jika di akhir wawancara Wenger bicara seperti ini soal buruannya: “I just put one answer: I don’t tell you.”

Sumber gambar: irishmirror.ie

Komentar