Lukaku Ganggu Ronaldo di Daftar Top Skor

Berita

by Taufik Nur Shidiq

Taufik Nur Shidiq

Writer (Oct 2014 - Mar 2016); Editor (Nov 2017 - Nov 2018)

Lukaku Ganggu Ronaldo di Daftar Top Skor

Belgia di posisi terdepan untuk lolos ke 16 besar Piala Dunia 2018. Dalam pertandingan kedua mereka, Belgia menang telak 5-2 atas Tunisia. Dengan hasil tersebut Belgia memuncaki tabel klasemen sementara Grup G dengan 6 poin, sementara Tunisia menduduki posisi juru kunci tanpa satu poin pun.

Walau demikian Belgia belum pasti lolos dan Tunisia belum pasti tersingkir. Nasib kedua kesebelasan masih bergantung kepada hasil pertandingan antara Inggris dan Panama, yang sama-sama baru memainkan satu pertandingan di Piala Dunia 2018. Jika Inggris menang atau imbang melawan Panama besok (24/6), Belgia akan lolos dan Tunisia akan tersingkir.

Gol pertama tercipta di menit keenam. Eden Hazard mencetak gol dari titik putih. Dia sendiri yang membuat timnya mendapat penalti semenit sebelumnya. Pergerakan Hazard memaksa Syam Ben Youssef menjegalnya tepat di garis batas kotak penalti.

Para pemain Tunisia memprotes keputusan Jair Marrufo namun bahkan setelah berkonsultasi dengan ruang VAR, sang wasit utama tetap kepada keputusannya. Dengan ini telah tercipta 13 penalti di Piala Dunia 2018, sama banyak dengan sepanjang gelaran Piala Dunia 2014.

Sepuluh menit berselang (16’) keunggulan Belgia bertambah. Romelu Lukaku mencetak gol keduanya di Piala Dunia 2018 berkat asis Hazard. Hanya 109 detik selepas gol Lukaku, Tunisia memperkecil ketinggalan lewat sundulan Dylan Bronn (18’).

Lukaku mengembalikan keunggulan dua gol Belgia sebelum turun minum (45+3’). Gol keduanya di pertandingan ini membuat Lukaku sejajar dengan Cristiano Ronaldo di puncak daftar pencetak gol terbanyak Piala Dunia 2018. Masing-masing pemain sudah mencetak 4 gol sejauh ini.

Babak kedua berjalan sama terbukanya dengan babak pertama. Selepas jeda tiga gol tambahan tercipta. Hazard mencetak gol keduanya di menit ke-51; Michy Batshuayi, yang masuk sebagai pengganti Hazard di menit ke-68, mencetak gol kelima Belgia pada menit ke-90. Gol penutup pertandingan sendiri dicetak kapten Tunisia, Wahbi Khazri (90+3’).

Komentar