Tujuh Kesebelasan Dipastikan Lolos ke Perempat Final Piala Presiden 2018

Berita

by Septian Nugraha

Septian Nugraha

Kontributor

Tujuh Kesebelasan Dipastikan Lolos ke Perempat Final Piala Presiden 2018

Fase penyisihan Piala Presiden 2018 telah memasuki tahap akhir pada pekan ini. Tiga dari lima grup (Grup A, B, dan C) di fase penyisihan turnamen pra-musim itu telah merampungkan semua pertandingannya. Meski belum semua grup menuntaskan semua pertandingannya, tapi tujuh kesebelasan sudah dipastikan lolos ke babak perempat final.

Tiga kesebelasan yang terdiri dari Sriwijaya FC (Grup A), Mitra Kukar (Grup B), dan Persebaya (Grup C) dipastikan lolos ke babak delapan besar dengan status juara Grup. Sementara PSMS Medan (Grup A) dan Madura United (Grup C) lolos dengan status runner-up terbaik. Dua kesebelasan lain yang sudah memastikan lolos ke perempat final adalah Bali United dan Persija Jakarta dari Grup D.

Meski baru memainkan dua pertandingan di fase penyisihan, Bali United dan Persija yang menempati posisi satu dan dua di Grup D sama-sama telah mengoleksi enam poin, yang merupakan jumlah poin aman untuk melenggang ke perempat final.

Kepastian Persija dan Bali United lolos ke perempat final didapat setelah Barito Putera menelan kekalahan 0-1 dari Mitra Kukar di pertandingan terakhir penyisihan Grup B. Kekalahan tersebut membuat Barito hanya mengumpulkan empat poin dari tiga pertandingannya selama fase penyisihan.

Jumlah poin yang dikumpulkan Barito terhitung lebih kecil dari PSMS dan Madura United. Bahkan dengan Persija dan Bali United yang belum merampungkan seluruh pertandingannya di fase penyisihan pun, jumlah poin Barito masih kalah. Hal tersebut membuat tiket lolos dengan status runner-up terbaik menjadi milik Grup A, C, dan D yang semua tim peringkat duanya telah mengoleksi enam poin.

Seperti diketahui bahwa penentuan tiga tim yang lolos ke perempat final dengan status runner-up terbaik ditentukan melalui jumlah poin, selisih gol, jumlah gol memasukkan, head-to-head, dan undian.

Persija dan Bali United akan saling bentrok di pertandingan pamungkas Grup D di Stadion I Wayan Dipta, Gianyar, Senin (29/1). Hasil dari bentrokan tersebut hanya menentukan status juara dan runner-up grup.

Pelatih Persija, Stefano Cugurra Teco, mengungkapkan bahwa meski tim asuhannya sudah dipastikan lolos, bukan berarti Persija bakal melepas pertandingan melawan Bali United. Teco mengungkapkan bahwa target lanjutan yang dicanangkan Persija di fase penyisihan Piala Presiden 2018 adalah lolos ke perempat final dengan status juara grup.

"Kami senang bisa lolos ke babak 8 besar. Tapi di pertandingan terakhir kami punya misi mengejar posisi juara grup," kata Teco, dilansir dari halaman Liga-Indonesia.

Peluang Persija lolos ke perempat final Piala Presiden sebagai juara Grup D terbuka lebar. Saat ini tim berjuluk "Macan Kemayoran" itu untuk sementara menduduki posisi pertama karena unggul selisih gol atas Bali United yang berada di posisi dua. Persija, hanya membutuhkan hasil imbang saat jumpa Bali United di laga pamungkasnya, untuk merealisasikan target lolos sebagai jura grup.

Sementara itu, satu tempat tersisa di perempat final Piala Presiden 2018 akan diperebutkan Arema FC dan Bhayangkara FC. Kedua kesebelasan tersebut akan saling bentrok dalam pertandingan terakhir Grup E di Stadion Kanjuruhan, Malang, Selasa (30/1).

Arema memiliki peluang yang lebih besar untuk lolos ke perempat final. Klub berjuluk "Singo Edan" itu saat ini menduduki posisi pertama di tabel klasemen Grup E dengan empat poin. Sejatinya, koleksi poin Arema sama dengan Bhayangkara. Namun Arema memiliki keunggulan selisih gol atas kompetitor terdekatnya itu.

Pada pertandingan terakhirnya menghadapi Bhayangkara, Arema hanya membutuhkan hasil imbang, untuk memastikan diri lolos ke perempat final. Sebaliknya, Bhayangkara FC wajib menang atas Arema di pertandingan terakhirnya untuk mengunci satu tempat di babak delapan besar

Komentar