Pep Janjikan Perubahan Radikal Susunan Pemain Saat Hadapi Wolves

Berita

by Sandy Firdaus

Sandy Firdaus

Penulis merangkap pewarta. Yang kita tahu sebenarnya adalah kita tidak tahu apa-apa (Noel Gallagher)

Pep Janjikan Perubahan Radikal Susunan Pemain Saat Hadapi Wolves

Dalam laga babak 16 besar Carabao Cup (EFL Cup), manajer City, Pep Guardiola memberikan sebuah janji, yaitu ia akan merombak besar-besaran susunan starting XI. Sebuah hal yang baik untuk dilakukan sekaligus memiliki risiko yang cukup tinggi.

Manchester City mencatatkan pencapaian yang cukup sensasional pada musim 2017/2018. Dari 13 laga yang sudah mereka jalani di semua kompetisi, The Citizens sama sekali belum pernah tersentuh kekalahan. Capaian positif yang sudah diraih oleh City sejauh ini membuat nama mereka dijagokan menjadi salah satu kandidat juara Liga Primer. Kiprah mereka pun cukup dinantikan dalam segala kompetisi yang mereka ikuti pada musim 2017/2018 ini.

Walau menjadi salah satu tim yang dijagokan, Pep Guardiola tetap memilih untuk rendah hati. Ia menekankan bahwa semua tim masih bisa mengalahkan City pada musim ini. Dengan adanya kemungkinan ini, Pep pun berujar bahwa ia dan timnya hanya memikirkan pertandingan ke depan yang akan mereka jalani.

"Satu-satu hal yang saya pikirkan sejak pertama kali menjadi manajer adalah memenangkan pertandingan berikutnya yang akan saya jalani. Pertandingan selanjutnya, kami akan menghadapi Wolves (Wolverhampton Wanderers). Tak peduli ada di posisi berapa mereka sekarang, yang saya tahu, semua tim masih bisa mengalahkan kami," ujar Pep seperti disitat Daily Mail.

"Pandangan kami hanya menuju pertandingan selanjutnya, dan Selasa nanti (Rabu dini hari) adalah pertandingan yang berbeda. Kami akan mencoba serius dan kami akan bermain sebaik mungkin. Memenangkan pertandingan demi pertandingan satu per satu, sampai nanti pada Mei tahun depan adalah hal yang akan kami lakukan sekarang," tambahnya.

Jelang menghadapi Wolverhampton, tim yang sekarang berada di posisi teratas Divisi Championship, Pep akan kembali menggunakan pendekatan yang berbeda. Dengan tujuan untuk memenangkan setiap pertandingan, tak jarang Pep mengubah susunan starting XI yang ia turunkan dan tidak ragu memberikan kepercayaan kepada pemain muda ataupun pemain yang kerap mengisi bangku cadangan.

Dalam laga babak ketiga Carabao Cup (EFL Cup), Pep bahkan memasukkan delapan nama baru dalam susunan starting XI yang ia turunkan. Hasilnya tidak mengecewakan, karena City berhasil meraih kemenangan 1-2 atas West Bromwich Albion. Apa yang dilakukan Pep ini tak lepas dari banyaknya kompetisi yang diikuti oleh The Citizens pada musim 2017/2018 ini.

"Pada Selasa (Rabu dini hari) nanti saya akan memainkan 11 pemain baru. Ada banyak pertandingan yang akan kami jalani, dan mungkin beberapa pemain akan bermain dengan jam terbang yang mungkin tidak jauh berbeda. Tapi pada Februari dan Maret, hal tersebut tidak akan terjadi," ujar Pep dilansir dari Manchester Evening News.

"Semua pemain, sekarang ini, akan cukup banyak terlibat dalam pertandingan karena saya tidak bisa memainkan pemain yang sama secara terus-menerus," ungkap Pep.

Untuk rotasi yang akan dilakukan Pep dalam laga melawan Wolves nanti, ia akan cukup banyak memainkan pemain baru. Gabriel Jesus dan Raheem Sterling yang tidak bermain dalam laga akhir pekan kemarin, tampaknya akan masuk mengisi susunan starting XI City bersama Sergio Aguero. Selain itu, nama-nama muda macam Aleks Zinchenko, Tosin Adarabioyo serta pemain yang kurang mendapatkan menit bermain seperti Bernardo Silva, Eliaquim Mangala, dan Ilkay Guendogan diprediksi akan masuk mengisi starting XI City pada laga tersebut.

Menarik untuk menantikan perubahan radikal yang akan dilakukan Pep dalam laga melawan Wolves ini. Meski strategi ini memiliki risiko yang cukup besar, tapi jika semua pemain sudah paham akan keinginan Pep dan gaya sepakbola apa yang ingin Pep mainkan, maka seharusnya pergantian pemain yang radikal ini bukanlah sebuah masalah besar.

Justru, dengan kesepahaman yang sudah terbangun, maka hal tersebut akan memudahkan Pep untuk memilih pemain dalam setiap kompetisi yang diikuti City. Ia bisa memilah pemain mana yang akan ia pakai, dengan keluaran hasil yang juga bisa jadi tidak jauh berbeda, karena tidak ada pemain inti dan cadangan dalam skuat City.

Komentar