Wenger: Tim Lain Tidak Lebih Baik dari Arsenal

Berita

by Septian Nugraha

Septian Nugraha

Kontributor

Wenger: Tim Lain Tidak Lebih Baik dari Arsenal

Tiga pertandingan Liga Primer Inggris dilalui Arsenal dengan hasil kurang baik. Menang di laga pertama menghadapi Leicester City dengan skor 4-3, Arsenal terpuruk dalam dua pertandingan selanjutnya. Menghadapi Stoke City di Bet365 Stadium, Arsenal takluk dengan skor tipis 0-1 dari tim tuan rumah, kemudian saat bertandang ke Anfield mereka koyak empat gol tanpa balas oleh Liverpool.

Kondisi yang kurang menguntungkan bagi Arsenal di awal musim kompetisi 2017/2018 ini mulai muncul rasa pesimis yang disuarakan oleh sekelompok pendukung terhadap pencapaian yang akan diraih Arsenal musim ini. Apalagi selain rentetan hasil minor, performa beberapa pemain andalan seperti misalnya Alexis Sanchez atau Mesut Oezil dalam sorotan karena dianggap tampil di bawah standar. Belum lagi mereka juga baru saja kehilangan Alex Oxlaide-Chamberlain yang memutuskan hijrah ke Liverpool di akhir waktu jendela transfer musim panas 2017.

Meski begitu, manajer Arsenal, Arsene Wenger, tetap menaruh rasa optimis bahwa tim asuhannya masih menjadi penantang gelar Liga Primer Inggris paling potensial. Wenger mengungkapkan bahwa dua kekalahan yang dialami Arsenal dalam tiga pertandingan awal Liga Inggris tak setitik pun menyiratkan bahwa The Gunners sudah keluar dari perlombaan perebutan gelar juara pada akhir musim nanti. Menurutnya, masih ada kesempatan bagi Arsenal karena kompetisi juga masih panjang.

"Apakah saya yakin kami akan menjadi penantang gelar juara musim ini? Ya, kenapa tidak? Kami baru bermain dalam tiga pertandingan - dengan dua kekalahan di laga tandang. Oke, kami kalah di Liverpool, tapi kami bisa memperbaiki situasi dengan sangat baik dan sangat cepat. Beberapa tim yang merupakan favorit baru tidak berada pada posisi yang lebih baik dari kami,” ungkap Wenger seperti dilansir dari Soccerway.

Meski pada awal musim ini Arsenal harus kehilangan beberapa pemain, dengan beberapa penggawa juga tengah mendapat sorotan karena performanya belum sesuai dengan harapan, namun Wenger meyakini bahwa ia memiliki skuat yang mumpuni untuk memenangkan gelar pada akhir musim nanti.

"Saya pikir kami cukup kuat, ya, lebih kuat dari musim lalu. Saya pikir itu tergantung pada periode berapa musim ini kami memiliki periode musim yang berbeda tahun lalu,” tegas Wenger.

Pelatih berkebangsaan Perancis itu melanjutkan bahwa kunci keberhasilan Arsenal bisa meraih gelar di kompetisi musim ini adalah kekompakan tim. Ia berharap agar anak asuhnya bisa lebih kompak di lapangan untuk hasil terbaik. Selain itu Wenger juga ingin agar Arsenal segera bangkit setelah dua kekalahan beruntun yang mereka alami, untuk mengejar ketertinggalan poin dari kesebelasan lainnya.

Akhir pekan ini Arsenal akan berhadapan melawan Bournemouth di Emirates Stadium, Sabtu (9/9) malam WIB nanti.

"Kami harus menunjukkan bahwa kami dapat memperbaiki diri dengan bersatu dan memperbaiki bersama-sama. Tahun lalu kami membuat 75 poin dan kami memenangkan Piala FA. Tahun ini kami tahu bahwa kami harus melakukan yang lebih baik," tukas Wenger.

Pada kiprahnya di Liga Primer Inggris dalam 17 tahun terakhir, baru dua gelar Liga Primer yang berhasil Arsenal dapatkan. Terakhir, Arsenal menjadi jawara pada tahun 2004, namun setelah itu mereka selalu gagal untuk memenangkan gelar juara. Musim lalu, Arsenal menorehkan pencapaian yang agak mengecewakan di kompetisi, mereka hanya mampu duduk di posisi lima dengan tertinggal 18 poin dari Chelsea yang menjadi juara musim 2016/2017.

Selain itu, pencapaian tersebut juga membuat mereka gagal mendapatkan jatah untuk tampil di Liga Champions musim 2017/2018. Itu adalah kegagalan tampil di Liga Champions pertama yang dialami Arsenal dalam 20 tahun terakhir, atau sejak Wenger menangani tim asal London itu sejak tahun 1996.

Komentar