Hasil, Klasemen, dan Jadwal Selanjutnya Liga 1 2017 Pekan ke-19

Berita

by Septian Nugraha

Septian Nugraha

Kontributor

Hasil, Klasemen, dan Jadwal Selanjutnya Liga 1 2017 Pekan ke-19

Laga antara Persegres Gresik United melawan Persipura di Stadion Petrokimia, Gresik, Senin (14/8) resmi mengakhiri rangkaian pertandingan pekan ke-19 Liga 1 Indonesia 2017. Dalam pertandingan yang berkesudahan dengan skor 4-0 untuk keunggulan Persipura itu, terdapat dua momentum unik yang mewarnai berlangsungnya pekan ke-19 Liga 1.

Pertama adalah boikot yang dilakukan oleh suporter Gresik di laga tersebut. Para suporter sebenarnya datang ke Stadion Petrokimia, namun mereka enggan masuk untuk menyaksikan jalannya laga.

Para suporter berkumpul di area luar stadion untuk melakukan doa bersama, menyanyikan chant untuk Gresik United, dan mengumpulkan uang sumbangan, yang nantinya dialokasikan untuk para pemain yang mengalami penunggakkan gaji selama dua bulan. Aksi boikot itu sendiri merupakan bentuk sindiran dari para suporter kepada manajemen klub.

Sementara pada momentum yang kedua, tiga poin yang berhasil diraih Persipura dalam laga tersebut membuat klub berjuluk Mutiara Hitam itu berhasil memuncaki tabel klasemen sementara dengan nilai 37, unggul dua poin dari Bali United yang menempati posisi dua. Keberhasilan Persipura menduduki posisi puncak juga sekaligus mengakhiri pergolakan perebutan singgasana di pekan ke-19.

Sebelumnya, Bali United berhasil mengudeta posisi Madura United dari puncak klasemen setelah kesebelasan berjuluk Serdadu Tridatu itu sukses mengalahkan Laskar Sapeh Kerab dengan skor 5-2 di Stadion I Wayan Dipta, Gianyar. Hasil tersebut membuat jumlah poin Bali United bertambah menjadi 35, atau menyamai perolehan poin Madura.

Namun karena unggul head to head maka Bali berhak menggusur posisi Madura dari pucuk klasemen sementara. Meski posisi puncak hanya mampu digenggam dalam waktu sehari saja, namun Bali United berhasil menciptakan beberapa raihan impresif dalam kemenangan atas Madura United itu. Salah satunya, mereka sukses menjadi tim pertama yang mampu membobol gawang Madura sebanyak lima kali dalam satu pertandingan.

Berbicara soal keberhasilan Bali United memberondong lima gol ke gawang Madura, tentu saja sosok Sylvano Comvalius tidak bisa dikesampingkan begitu saja. Sebab bisa dibilang pemain asal Belanda itu menjadi bintang lapangan, karena mampu mencetak tiga gol pada laga tersebut. Tiga gol yang berhasil dikemas Comvalius membuatnya semakin nyaman berada di puncak daftar pencetak gol sementara dengan 17 gol.

Selain itu, jalannya pekan ke-19 ini juga diwarnai dengan debut impresif dari para pemain yang baru saja didatangkan kesebelasan di paruh musim. Beberapa nama seperti Reinaldo Elias da Costa (Persija Jakarta), Ezechiel N’Douassel (Persib Bandung), Ahmed Ateyev (Arema FC) hingga Stefano Lillypali (Bali United).

Di antara nama-nama tersebut, debut Reinaldo tentu yang cukup menyita perhatian. Pernyerang yang sebelumnya membela PSM makassar itu mampu menandai debutnya bersama Persija Jakarta dengan sebuah gol yang juga sukses menghantarkan kemenangan 2-0 bagi Macan Kemayoran atas Beruang Madu di Stadion Patriot Candrabhaga, Bekasi, Sabtu (12/8).

Berikut adalah hasil lengkap dari pekan ke-19 Liga 1 2017:

Jumat, 11 Agustus 2017

Mitra Kutai Kartanegara 3 - 2 Barito Putera (Stadion Aji Imbut, Tenggarong)

Sriwijaya FC 0 - 0 Semen Padang (Stadion Gelora Sriwijaya, Palembang)

Sabtu, 12 Agustus 2017

Persija Jakarta 2 - 0 Persiba Balikpapan (Stadion Patriot Candrabhaga, Bekasi)

Arema FC 0 - 0 Persib Bandung (Stadion Kanjuruhan, Malang)

Persela Lamongan 0 - 1 PSM Makassar (Stadion Surajaya, Lamongan)

Minggu, 13 Agustus 2017

Perseru Serui 1 - 1 Bhayangkara (Stadion Marora, Serui)

Pusamania Borneo FC 1 - 0 PS TNI (Stadion Segiri, Samarinda)

Bali United 5 - 2 Madura United (Stadion Kapten I Wayan Dipta, Gianyar)

Senin, 14 Agustus 2017

Persegres Gresik United 0 - 4 Persipura Jayapura (Stadion Petrokimia, Gresik)

Berikut adalah jadwal lengkap pekan ke-20, juga klasemen Liga 1 2017 per pekan ke-19

Selasa, 15 Agustus 2017

Persija Jakarta VS PSM Makassar (15.00 WIB, live TvOne)

Jumat, 18 Agustus 2017

Arema FC VS Persiba Balikpapan (15.00 WIB, live TvOne)

Tujuh pertandingan yang ditunda pada pekan ke-20

Sriwijaya FC vs Persib Bandung (16 Agustus ke 4 September 2017)

PS TNI vs Bhayangkara FC (16 Agustus ke 3 September 2017)

Mitra Kutai Kartanegara vs Madura United (17 Agustus ke 3 September 2017)

Perseru Serui vs Barito Putera (17 Agustus ke 3 September 2017)

Bali United vs Persela Lamongan (17 Agustus ke 3 September 2017)

Persegres Gresik United vs Pusamania Borneo FC (17 Agustus ke 4 September 2017)

Persipura Jayapura vs Semen Padang (18 Agustus ke 4 September 2017)

Foto: Twitter Persipura Jayapura

Komentar