Angka-angka Menarik di Lima Pekan Pertama Liga 1

Cerita

by redaksi

Angka-angka Menarik di Lima Pekan Pertama Liga 1

Pekan ke-5 Liga 1 Indonesia 2017 akan berakhir, namun cerita yang dihantarkan selama lima pekan kompetisi level satu di Indonesia itu masih menarik untuk diperbincangkan. Salah satunya, merujuk pada rekor yang tercipta selama lebih dari sebulan Liga 1 bergulir. Milsalnya dari jumlah kartu yang sudah dikeluarkan wasit selama 45 pertandingan di Liga 1. Total, para wasit yang memimpin jalannya pertandingan di Liga 1 telah mengeluarkan 228 kartu kuning dan 11 kartu merah.

Selain itu, selama lima pekan kompetisi bergulir sudah ada 99 gol tercipta. Angka yang tentunya terbilang produktif, sebab melihat hasil yang tersaji selama penyelenggaraan Liga 1, hanya ada satu pertandingan yang berakhir dengan skor imbang 0-0. Uniknya, hasil tersebut terjadi pada laga pembuka yang mempertemukan tuan rumah Persib Bandung kontra Arema FC.

Odemwingie Paling Produktif

Berbicara soal produktivitas di Liga 1, menarik tentunya mengetahui siapa pemain yang paling rajin mencetak gol di kompetisi sejauh ini. Merujuk dari daftar pencetak gol terbanyak, penyerang Madura United, Peter Odemwingie, untuk sementara masih memegang rekor sebagai pencetak gol terbanyak di Liga 1 dengan torehan empat gol.

Merunut perjalanan kariernya selama sebulan berkiprah di Liga Indonesia, mantan penggawa Stoke City itu memang langsung menyengat perhatian setelah mampu mencetak gol di laga debutnya saat Madura mengalahkan Bali United 2-0. Saat itu, Odemwingie mencetak gol pada menit 74 melalui sepakan penalti.

Kegemilangan Odemwingie berlanjut pada laga-laga selanjutnya. Meski pada pertandingan kedua melawan Persela Lamongan striker asal Nigeria itu gagal melesakkan bola ke gawang lawan, namun semua itu ia bayar tuntas dalam tiga pertandingan selanjutnya. Secara berturut-turut, Odemwingie mencatatkan namanya di papan skor saat Madura melakoni pertandingan melawan Mitra Kukar (2-2), Persija Jakarta (1-0), dan Perseru Serui (1-1).

Meski begitu, posisi Odemwingie belum sepenuhnya aman. Sebab, kompetisi masih menyisakan banyak pertandingan. Beberapa penyerang seperti Boaz Solossa (Persipura Jayapura), Dedik Setiawan (Arema FC), atau Reinaldo Elias da Costa (PSM Makassar) masih berpeluang menyalip perolehan gol Odemwingie. Sebab, ketiga penyerang tersebut hanya terpaut satu gol saja dari total gol yang dibukukan Odemwingie.

Tiga Pemain Berebut Posisi Raja Asis

Berbicara soal pencetak gol terbanyak, terasa aneh bila tidak membicarakan pengumpan terbaik di Liga 1. Madura United berhasil mengirimkan Odemwingie sebagai pencetak gol terbanyak mereka. Namun, siapa sangka kalau klub berjuluk “Sape Kerap” itu juga memiliki pemain yang untuk sementara dianggap sebagai raja asis di Liga 1. Sosok Slamet Nurcahyo untuk sementara menjadi raja asis di Liga 1 dengan catatan 2 asisnya.

Selain Slamet masih ada dua pemain lainnya yang juga memiliki torehan serupa dengan gelandang 34 tahun itu. Salah satunya, Marcel Sacramento. Meski berposisi sebagai penyerang, namun pemain Semen Padang itu juga rajin dalam memberikan operan. Buktinya, dua asis yang ia lepaskan berujung gol.

Masih ada gelandang serang Barito Putera, Matias Jesus Cordoba yang juga sama-sama mencetak dua asis. Dibandingkan dengan Slamet dan Sacramento, pemain berpaspor Argentina itu memiliki catatan operan yang jauh lebih baik. Cordoba memiliki 198 operan sukses, yang bila dirata-ratakan akurasi operannya mencapai 82 persen.

Namun, berbicara soal pemain dengan operan terbanyak, gelandang Persipura Ian Louis Kabes rajanya. Meski belum membukukan asis, tapi total 200 operan berhasil dicatatkan Kabes selama bermain. Meski akurasi operannya masih di bawah Cordoba, namun bila melihat jumlah operan sukses yang ditorehkannya, bisa disimpulkan, Kabes merupakan elemen penting di sektor tengah Persipura.

Andrytani Penyelamat Gawang Persija

Setelah membahas sektor penyerangan, tidak salah juga melihat catatan yang ditorehkan pemain yang biasa berperan mengawal pertahanan timnya. Dalam beberapa hari terakhir, sosok penjaga gawang Persib Bandung, Muhammad Natsir Fadhil Mahbubby, tampaknya tengah menjadi buah bibir karena kegemilangannya.

Dua kali diturunkan sebagai starter, Natsir total melakukan 15 penyelamatan. Paling heroik, melihat penampilannya saat Persib berhadapan dengan Persegres Gresik United. Dalam laga tersebut, Natsir dipaksa jatuh bangun untuk menghalau bola yang mengarah ke gawangnya. Total ada delapan penyelamatan penting yang dilakukan mantan kiper Arema Cronus itu.

Kendati demikian, berbicara soal penyelamatan terbanyak, kiper Persija Jakarta, Andrithany Ardhiyasa, jagonya. Selama lima pertandingan dilakoni, Andrithany sudah melakukan 26 penyelamatan untuk Persija Jakarta. Sayang, catatan tersebut tidak dibarengi dengan torehan clean sheet yang bagus. Total, sudah empat kali gawang Andrithany dijebol lawan. Namun, kecemerlangannya dalam melakukan penyelamatan, tetap harus diapresiasi karena melindungi Persija untuk terhindar dari kebobolan lebih banyak. (SN)

Komentar