Chelsea Resmikan Transfer Alvaro Morata

Berita

by Abelio Pramayoga

Abelio Pramayoga

True football fans and an introvert writer. #RESPECT

Chelsea Resmikan Transfer Alvaro Morata

Terjawab sudah teka-teki masa depan striker Spanyol, Alvaro Morata. Morata akan bermain untuk Chelsea musim ini meski sebelumnya dikaitkan dengan AC Milan dan Manchester United. Morata akan diikat selama lima tahun bersama The Blues dengan mahar mencapai 70 juta euro.

Morata akan menjadi pemain anyar keempat yang direkrut Chelsea setelah Willy Caballero, Antonio Rudiger dan Tiemoue Bakayoko. Ia akan langsung bergabung dalam skuat tur pramusim Chelsea di Asia.

"Saya sangat senang bisa berada di sini. Saya merasa luar biasa bergabung dengan klub ini. Saya siap bekerja keras, mencetak gol dan meraih gelar sebanyak mungkin di sini," ujar Morata dilansir situs resmi Chelsea (chelsea.com)

Sebelumnya, Chelsea sempat dilaporkan ingin memulangkan Romelu Lukaku. Striker asal Belgia tersebut pernah bermain untuk Chelsea pada musim 2011/12 namun ia lebih banyak menghabiskan kariernya dengan dipinjamkan ke West Bromwich Albion dan Everton. Lukaku akhirnya berlabuh ke Manchester United musim ini.

Chelsea sendiri sedari awal tampak membutuhkan penyerang anyar. Maka tak heran belakangan Chelsea dikaitkan dengan Andrea Belotti, Lukaku, hingga akhirnya meresmikan perekrutan Morata. Isu ini mencuat setelah berhembus kabar bahwa hubungan Diego Costa, andalan Chelsea musim lalu, yang tak akur dengan sang manajer, Antonio Conte.

Semua berawal ketika Costa mendapat pesan teks dari pelatihnya bahwa ia tak masuk dalam rencana masa depan klub dan berterima kasih atas jasanya. Hal tersebut membuatnya kesal hingga ia mengirimkan pesan tersirat (ingin hengkang) kepada Conte dengan mengenakan jersey Atletico Madrid saat berlibur di kampung halamannya.

Keputusan untuk tidak mempertahankan Costa dikonfirmasi oleh Conte, Jumat (21/07/2017) kemarin. Mantan pelatih Juventus itu mengungkap hubungannya dengan Diego Costa sudah berakhir sejak Januari. Itu merujuk pada isu Costa yang sempat menerima tawaran klub Tiongkok, Tianjin Quanjian.

"Januari lalu, situasi antara saya dengan Costa sudah jelas. Bagi klub [Chelsea], dia dan agennya beserta saya sudah selesai," ucap Conte seperti yang dikutip Daily Mail. "Ini merupakan pembelian bagus untuk kami. Morata adalah pemain muda yang berpengalaman yang pernah bermain untuk Real Madrid dan Juventus di liga maupun Liga Champions. Dia adalah striker hebat dengan prospek tepat untuk Chelsea."

Morata dipastikan akan mendapat jaminan starter Chelsea musim ini jika Diego Costa hengkang. Striker lainnya, Michy Batshuayi, kemungkinan akan kembali menjadi penyerang pelapis seperti musim lalu. Pasalnya, Morata lebih memiliki pengalaman di kompetisi bergengsi ketimbang Batshuayi.

Musim lalu, Morata membantu Real Madrid memenangkan trofi La Liga dan Liga Champions, meski ia lebih sering bermain sebagai pelapis Karim Benzema. Catatan gol Morata juga lebih baik dengan 15 gol berbanding 5 gol untuk Batshuayi di liga musim lalu. Dari 20 penampilan bersama Chelsea, Batshuayi hanya sekali menjadi starter yaitu saat laga melawan Watford.

Meninggalkan Real Madrid tentu menjadi pengalaman kedua bagi Morata. Sebelumnya, ia juga pernah dijual Real Madrid saat pindah ke Juventus. Namun Morata kembali ke Real Madrid setelah mengantarkan Juve ke final Liga Champions. Kali ini, mungkin ia tak akan kembali lagi ke Real Madrid setelah pindah ke Chelsea.

"Hari ini fase baru karier saya dimulai. Saya yakin beberapa orang takkan mengerti dan menerima keputusan saya, tapi pada akhirnya itulah keputusan saya. Sebuah keputusan dipikirkan dan dipertimbangkan dengan baik," ujar Morata.

"Saya akan meninggalkan rumah, karena itulah yang saya rasakan di Real Madrid. Saya selalu memberikan segalanya di setiap sesi latihan, di setiap menit saya berseragam Real Madrid, dan telah menjadi bagian penting dalam skuat Madrid tahun ini di mana kami mengangkat empat piala; musim yang saya yakin Anda maupun saya tidak akan pernah lupa."

Komentar