Cedera Berkepanjangan, Michu Pensiun di Usia 31 Tahun

Berita

by Abelio Pramayoga

Abelio Pramayoga

True football fans and an introvert writer. #RESPECT

Cedera Berkepanjangan, Michu Pensiun di Usia 31 Tahun

Masih ingat dengan Michu? Striker asal Spanyol yang bersinar bersama Swansea City resmi pensiun. Pemain bernama lengkap Miguel Perez Cuesta ini memutuskan berhenti bermain setelah mengalami cedera berkepanjangan yang tak kunjung sembuh. Sebelum pensiun, Michu berstatus pemain Real Oviedo, klub divisi kedua Liga Spanyol.

Michu mengawali kariernya bersama Oviedo pada 2003. Selama empat tahun, ia tampil 100 kali dan mencetak 13 gol. Ia kemudian memperkuat Celta Vigo yang saat itu masih bermain di Segunda Division pada musim 2007/08.

Penampilannya yang semakin melejit membuat ia direkrut Rayo Vallecano pada musim 2011/12. Ia tampil di 37 pertandingan dan mencetak 15 gol. Ia juga menyumbangkan 2 gol dari dua penampilannya di Piala Raja. Kemampuan Michu dalam mencetak gol menarik perhatian Swansea City. Mereka kemudian meminangnya dengan harga 2 juta paun.

Debutnya bersama Swansea ditandai dengan dua gol di laga perdana Swansea ke markas Queens Park Rangers. Ia kemudian dianggap sebagai salah satu pencetak gol handal di Inggris dengan mencatat 18 gol dari 35 penampilannya.

Ia membantu The Swans menyingkirkan Chelsea di semifinal Piala Liga dengan golnya. Kontribusinya ini membuatnya mendapat perpanjangan kontrak empat tahun. Michu kembali menyumbangkan gol di laga final Piala Liga yang membawa mereka menjuarai kompetisi tersebut untuk pertama kalinya. Ini menjadi satu-satunya gelar yang pernah diraih Michu sepanjang kariernya.

Sukses di musim pertamanya bersama Swansea membuatnya dipanggil untuk membela Spanyol pada laga persahabatan melawan Belarus pada 11 Oktober 2013. Setelah laga tersebut, Michu tak pernah dipanggil lagi membela Spanyol sepanjang kariernya.

Musim 2013/14, Michu kembali mencetak gol di laga perdana Swansea pada laga kualifikasi babak ketiga Liga Europa melawan Malmo. Penampilannya mulai menurun setelah hanya tampil 17 kali di Liga Primer dan mencetak dua gol. Selain itu, Michu mulai sering dilanda cedera yang berpengaruh pada penampilannya.

Performanya yang mulai menurun membuatnya dipinjamkan ke Napoli pada musim berikutnya. Namun, cedera yang dialami Michu membuatnya hanya tampil 6 kali bersama Il Partenopei di semua kompetisi. Ia lantas hijrah ke klub divisi keempat Spanyol, UD Langreo.

Musim lalu, ia kembali bermain untuk Real Oviedo. Ia sempat tampil 27 kali dan mencetak satu gol. Meski masih memiliki sisa kontrak setahun, Michu akhirnya pensiun di usia 31 tahun karena cedera yang terus menderanya. Ia mengakhiri karier profesionalnya dengan mencetak 100 gol dari 387 penampilan.

Baca juga: Michu, Riwayatmu Kini....

Setelah menyatakan pensiun, ia dikabarkan masih akan berkarier di sepakbola dengan menjadi pelatih atau direktur untuk klub masa kecilnya, Real Oviedo. Swansea City turut memberikan penghormatan pada mantan pemainnya tersebut.

Komentar