Dibyo Previan, Pesepakbola Muda Indonesia Meninggal Dunia

Berita

by redaksi 54412

Dibyo Previan, Pesepakbola Muda Indonesia Meninggal Dunia

Sepakbola Indonesia berduka setelah kehilangan salah satu talenta emas, Dibyo Previan Cessario. Dibyo meninggal dunia pada Selasa (30/5) di Rumah Sakit Pondok Indah, Jakarta Selatan karena infeksi paru-paruh dan dijelaskan ada kebocoran kelenjar getah bening yang dideritanya sejak Januari 2017 lalu.

Sebelumnya, beberapa pemain sepakbola yang tergabung di komunitas Soccer Island sempat melakukan charity match untuk Dibyo, salah satunya adalah Syamsir Alam. Laga amal itu sempat dilakukan pada tanggal 27 Januari di lapangan Simprug Pertamina dan mengumpulkan donasi sebanyak Rp 38.700.000 dan digunakan untuk biaya operasi Dibyo.

Ucapan berbelang sungkawa dialirkan, salah satunya dari Mulyawan Munial, Presiden Direktur Munial Sport Group, yang pernah menjadi agen almarhum Dibyo. Melalui akun Instagram pribadinya, pria yang akrab disapa Mully itu menyampaikan rasa kehilangannya.

"Innalillahi wainnalilahi rajiun. Turut berduka cita buat keluarga dari sahabat, adik, abang, dan pemain bola kita @dibyocaesario yang telah meninggal dunia hari ini di Rumah Sakit Pondok Indah. Semoga Dibyo diterima di sisi-Nya," tulis Mully dalam posting-an foto Dibyo.

Selain Mully melalui akun instagram-nya, kesebelasan Mitra Kutai Kartanegara pun menyampaikan rasa belasungkawanya atas kepergian pemain berusia 24 tahun itu untuk selama-lamanya.

“Innalillahi wainnailaihirojiun. Keluarga besar Mitra Kukar FC mengucapkan turut berduka cita atas berpulangnya Dibyo Previan Caesario, pemain muda yang pernah bergabung Mitra Kukar FC di awal kompetisi ISL 2015. Semoga amal ibadah almarhum diterima di sisi Allah SWT. Selamat jalan, Dibyo,” tulis Mitra Kukar.

Sebagai seorang pemain, Dibyo tergolong sebagai talenta muda penuh potensi. Selain pernah menjadi bagian dari Mitra Kukar, Dibyo pun tercatat pernah menjadi bagian dari Persita Tanggerang, Pusamania Borneo FC, juga Persepam Madura United di Indonesia Soccer Championship (ISC) 2016 lalu.

Dibyo mengawali karier profesional bersama Persita Tangerang pada tahun 2014. Ia bermain sebanyak 14 kali dan mencetak 1 gol. Sebelum naik ke tim senior Persita, Dibyo bermain untuk Persita U21 dan Pelita Jaya U21.

Dibyo pun sempat membela salah satu kesebelasan di Liga Timor Leste Aitana FC. “Bersama Aitana FC Dibyo selalu menjadi daya gedor tim dan menjadi pembeda”, ujar pelatih Jaya Hartono yang kala itu memboyong Dibyo setelah kontraknya habis bersama Aitana FC.

Selamat jalan, Dibyo. Semoga semangat untuk memajukan sepakbola Indonesia bisa dilanjutkan oleh para pemain muda Indonesia lainnya.

Perjalanan karier sepakbola Dibyo:

  • ISL U21 Tahun 2011-2012: Pelita Bandung Raya U21
  • ISL 2012: Persita Tangerang
  • ISL U21: Persita Tangerang U21
  • Inter Island Cup 2014: Persita Tangerang
  • ISL 2014: Persita Tangerang
  • QNB League 2015: Mitra Kukar
  • Liga Timor Leste 2015: Aitana FC
  • ISC B: Persepam Madura

(SN/RH)

Foto: Bolamadura

Komentar