Blackburn Jadi Mantan Juara Liga Primer Pertama yang Degradasi ke Divisi Tiga

Berita

by redaksi 31719

Blackburn Jadi Mantan Juara Liga Primer Pertama yang Degradasi ke Divisi Tiga

Blackburn Rovers alami musim terburuk setelah dipastikan terdegradasi ke divisi ketiga Inggris, League One, musim ini. Meski meraih kemenangan 3-1 atas Brentford FC pada laga terakhir di EFL Championship, namun itu tak cukup menyelamatkan kesebelasan yang pernah menjuarai Liga Primer pada musim 1994/95 ini dari degradasi.

Hal ini dikarenakan di laga lainnya, Birmingham City raih kemenangan atas Bristol City 1-0 dan Nottingham Forest mengalahkan Ipswich Town 3-0. Meski sama-sama memiliki 51 poin, namun Nottingham Forest unggul selisih gol dari Blackburn. Andai salah satu dari tim tersebut kalah atau seri, Blackburn masih akan bertahan di divisi kedua liga Inggris itu.

Blackburn juga menjadi tim pertama yang pernah menjuarai Liga Primer yang terdegradasi ke divisi ketiga setelah 37 tahun. Blackburn sendiri terakhir kali bermain di Liga Primer pada musim 2011/12 lalu.

Manajer Blackburn, Tony Mowbray, mengaku kecewa gagal menyelamatkan timnya dari degradasi. Namun, ia memuji arsitek Birmingham, Harry Redknapp, yang berhasil membawa timnya lolos zona degradasi di saat terakhir.

“Pertama-tama, saya ingin mengucapkan selamat kepada Harry Redknapp yang berhasil menyelamatkan Birmingham [dari degradasi]. Kami memiliki empat striker mencoba untuk mencetak gol untuk menyalip [Nottingham] Forest, atau berharap Bristol City membantu kami. Forest melakukan apa yang mereka harus lakukan, begitu pula Birmingham,” ujar sang manajer dilansir Nottingham Post.

Meski begitu, Mowbray optimis klubnya akan kembali lebih kuat di League One dan segera kembali ke divisi Championship serta meminta klubnya untuk bangkit. Meski demikian, ia tetap menyoroti fakta bahwa timnya gagal memanfaatkan kesempatan meraih poin pada pertandingan penting.

“Saya kecewa namun jika kami mampu memberikan semangat yang diberikan saat pertandingan ini di kesempatan lainnya, klub ini akan sangat kuat di League One musim depan. Ada beberapa pertandingan yang harusnya kami menangkan, namun kenyataannya jika Anda tidak mengumpulkan poin yang cukup Anda tak bisa menolak hasilnya,” ujarnya dilansir Daily Mail.

Penggemar Blackburn tak bisa menyembunyikan kekecewaannya setelah timnya terdegradasi ke League One. Mereka menganggap pemilik klub sekarang, Venky’s Group, telah menghancurkan klub mereka dengan investasi yang buruk. Selama tujuh tahun diakuisisi grup tersebut, Blackburn merasakan degradasi dua kali, pertama pada musim 2011/12 ketika terdegradasi ke divisi Championship dan musim ini ke League One. Fans Blackburn pun menumpahkan kekecewaan mereka di Twitter yang isinya didominasi dengan protes kepada sang pemilik klub serta kekecewaan mereka terhadap performa tim yang buruk.

Komentar