Mourinho Menyesal Karena Perlakukan Schweinsteiger Secara Tidak Layak

Berita

by Muhammad Firza Richsan

Muhammad Firza Richsan

Pandit Football Indonesia mengkhususkan pada analisis pertandingan sepakbola, statistik dan liga, juga sejarah perkembangan sepakbola dan evolusi taktiknya

Mourinho Menyesal Karena Perlakukan Schweinsteiger Secara Tidak Layak

Jose Mourinho mengaku ingin meminta maaf dan menyesali caranya karena telah memperlakukan Bastian Schweinsteiger secara tidak layak di Manchester United. Gelandang asal Jerman itu baru saja merampungkan kepindahannya ke Chicago Fire setelah jarang diberikan kesempatan bermain oleh The Special One di United.

Apa yang dialami oleh Schweinsteiger di musim ini memang cukup pelik. Ditendangnya Louis van Gaal dari kursi kepelatihan membuatnya menjadi serba sulit. Dirinya bahkan sempat diasingkan ke skuat reserve setelah tidak masuk ke dalam rencana Mourinho di musim ini.

Total, semenjak manajer asal Portugal itu berkuasa di Old Trafford, pemain yang akrab disapa Schweini itu hanya diberi jatah bermain sebanyak empat kali. Dengan catatan dua di ajang Piala FA, satu Piala Liga, dan satu Liga Europa.

"Ia termasuk dalam kategori pemain di mana saya merasa menyesal atas sesuatu yang telah saya lakukan kepadanya. Saya tidak ingin berbicara tentang dirinya sebagai pemain, saya tidak ingin berbicara tentang dirinya sebagai pemain yang akan atau tidak akan saya beli. Saya ingin berbicara tentang dirinya sebagai seorang profesional, sebagai manusia. Itu hal terakhir yang saya katakan kepadanya sebelum ia pergi, ‘saya pernah berlaku tidak baik dengan Anda sekali, saya harus menuntaskan ini dengan Anda sekarang," ungkap Mourinho kepada Sky Sports.

“Jadi, ketika ia meminta izin kepada saya untuk pergi, maka saya harus mengatakan ‘iya, Anda dapat pergi’. Sebab, saya pernah berlaku keliru padanya. Saya tidak bisa melakukan kesalahan yang sama dua kali padanya. Saya sangat menyesal dengan apa yang telah saya lakukan di periode pertamanya. Saya yakin, ia tahu apa yang saya rasakan.”

“Saya akan merindukan orang yang baik, seorang profesional yang baik, seseorang yang memberikan pengaruh yang sangat baik dalam latihan. Saya tidak bisa menghentikan dia untuk pergi meskipun saya tahu bahwa sampai akhir musim kami memiliki banyak sekali pertandingan dan kami mungkin akan membutuhkannya untuk beberapa pertandingan."

“Kini, saya harus mengizikannya pergi. Jadi, saya hanya bisa berharap ia dan isterinya dapat menikmati kehidupan yang membahagiakan di Chicago,” tambah Mourinho.

Bastian Schweinsteiger didatangkan oleh Louis van Gaal dari Bayern Muenchen dengan mahar transfer sebesar 6,6 juta paun pada musim 2015-16 lalu. Selama satu setengah tahun berseragam The Red Devils, pemain yang memenangi Piala Dunia 2014 bersama Jerman ini telah bermain sebanyak 35 kali dengan keberhasilan mencetak dua gol dan tiga asis di semua kompetisi.

Baca juga: Pertanyaan Wartawan Ini Buat Schweinsteiger Kebingungan

Foto: Independent

Komentar