Calhanoglu Dijatuhi Hukuman Larangan Bertanding Hingga Akhir Musim

Berita

by Muhammad Firza Richsan

Muhammad Firza Richsan

Pandit Football Indonesia mengkhususkan pada analisis pertandingan sepakbola, statistik dan liga, juga sejarah perkembangan sepakbola dan evolusi taktiknya

Calhanoglu Dijatuhi Hukuman Larangan Bertanding Hingga Akhir Musim

Gelandang Bayer Leverkusen, Hakan Calhanoglu, dijatuhi hukuman larangan bertanding hingga empat bulan ke depan. Hukuman itu diterima Calhanoglu setelah Pengadilan Arbitrase Olahraga (CAS) membenarkan sanksi yang telah dijatuhkan oleh FIFA, Kamis (2/2/17).

Selain itu, pemain berusia 22 tahun itu pun diharuskan membayar kompensasi sebesar 86 ribu paun kepada klub asal Turki, Trabzonspor.

Kejadian ini bermula pada tahun 2011 silam. Ketika itu, Calhanoglu, yang telah sepakat untuk bergabung dengan Trabzonspor dan telah menerima uang sebesar 86 ribu paun malah memperpanjang kontraknya dengan Karlshurer, dan kemudian hijrah ke Hamburg SV. FIFA pun menilai jika gelandang asal Turki tersebut telah melakukan pelanggaran kontrak.

Keputusan ini juga lah yang akhirnya disesali oleh pihak Leverkusen. Karena sebagaimana yang diketahui, gelandang asal Turki itu merupakan figur yang sangat penting bagi tim yang bermarkas di Bay Arena tersebut.

“Ini adalah pukulan yang sangat berat bagi Hakan (Calhanoglu). Juga bagi kami. Meskipun Bayer Leverkusen tidak ada hubungannya dengan peristiwa yang terjadi di tahun 2011, tetapi kami pun tetap terkena hukumannya. Sekarang kami akan kehilangan pemain penting di sisa musim, kami menyesalkan keputusan ini yang tidak dapat kami pahami,” cetus direktur olahraga Leverkusen, Rudi Voeller kepada The Sun.

Maka dari itu, dengan adanya hukuman ini, pemain yang sangat handal mengeksekusi bola-bola mati itu pun dipastikan akan absen di beberapa laga penting Leverkusen di sisa musim, termasuk ketika menghadapi Atletico Madrid di babak 16 besar Liga Champions.

foto; ESPN

Komentar