Sepekanbola 16-22 Januari 2017

Berita

by Muhammad Firza Richsan

Muhammad Firza Richsan

Pandit Football Indonesia mengkhususkan pada analisis pertandingan sepakbola, statistik dan liga, juga sejarah perkembangan sepakbola dan evolusi taktiknya

Sepekanbola 16-22 Januari 2017

Sepekan bola yang terjadi di antara tanggal 16 hingga 22 Januari kali ini, lebih banyak diwarnai dengan perpindahan para pemain. Kepindahan Memphis Depay dari Manchester United ke Olympique Lyon menjadi perbincangan yang paling panas dalam hal perpindahan pemain di Minggu ini.

Selain itu, rekor tak terkalahkan selama 40 pertandingan berturut-turut milik Real Madrid akhirnya berhasil terhenti setelah Sevilla mampu mengalahkan Madrid melalui kemenangan tipis 2-1. Kemudian ada berita dari PSSI yang akhirnya menunjuk nama Luis Milla sebagai pelatih baru dari tim nasional Indonesia.

Sementara di Liga Inggris, Chelsea berhasil mengokohkan dirinya di puncak klasemen berkat kemenangan 2-0 yang diraihnya kala menghadapi Hull City. Selain keempat berita tersebut, tentunya ada hal-hal menarik lainnya yang terjadi dalam sepekan terakhir ini. Dan berikut adalah rangkuman dari berita menarik yang telah terjadi di Minggu ini:

Senin, 16 Januari 2017

  • Penyerang timnas Italia, Simone Zaza, akhirnya resmi diperkenalkan sebagai pemain baru Valencia. Zaza, yang sempat bermain selama setengah musim di Liga Primer bersama West Ham musim 2016/2017, didatangkan oleh Valencia dari Juventus dengan status pinjaman hingga akhir musim.
  • Rekor 40 pertandingan tanpa terkalahkan milik Real Madrid akhirnya terhenti di tangan Sevilla. Di laga yang berakhir dengan skor 2-1 tersebut Real Madrid sebenarnya mampu unggul terlebih dahulu melalui Cristiano Ronaldo. Namun Sevilla bangkit dan mampu membalikkan keadaan dengan memanfaatkan bunuh diri yang dilakukan oleh Sergio Ramos, serta gol dari pemain debutan, Stevan Jovetic di pengujung laga.
  • Juventus mendapatkan kekalahan keempatnya di musim ini. Bertandang ke Artemio Franchi, markas Fiorentina, Juventus harus takluk dengan skor 2-1. Dua gol Fiorentina dicetak oleh Nikola Kalinic dan Milan Badelj, sementara satu-satunya gol Juventus dicetak oleh Gonzalo Higuain.
  • AS Monaco mampu menggeser OGC Nice dari peringkat pertama klasemen sementara Ligue 1. Keberhasilan Monaco tersebut tidak terlepas dari kemenangan besar 1-4 yang diraih di markas Olympique Marseille. Keempat gol Monaco dicetak oleh Thomas Remal, Radamel Falcao, serta dua gol dari Bernardo Silva. Sedangkan satu-satunya gol Marseille dicetak oleh Rolando.
  • Juventus melakukan sebuah terobosan baru dengan menerbitkan logo anyar yang tidak umum digunakan oleh kesebelasan sepakbola pada umumnya. Jika biasanya logo Juve identik dengan strip hitam putih, lalu lambang zebra, kuda jingkrak, ataupun banteng (sejak 1960), logo mereka kali ini hanya berisikan desain dengan huruf J berwarna putih.

Selasa, 17 Januari 2017

  • Penyerang yang pernah membela timnas Indonesia, Samsul Arif, akhirnya resmi kembali ke klub yang sempat mencuatkan namanya, Persela Lamongan. Kepastian bergabungnya Samsul ke Persela pun seolah memupus harapan Bali United yang juga-juga disebut tertarik untuk merekrut pemain kelahiran Bojonegoro ini.
  • Setelah sempat dikabarkan berselisih dengan Antonio Conte karena keinginannya untuk hijrah ke Tiongkok, Diego Costa, yang juga tak diikutsertakan di laga melawan Leicester (15/1/2017), akhirnya kembali berlatih dengan skuat Chelsea.

Rabu, 18 Januari 2017

  • Bek veteran Argentina yang pernah memperkuat Manchester City, Martin Demichelis, resmi diperkenalkan sebagai pemain baru Malaga. Malaga sendiri sebetulnya bukanlah tempat yang asing bagi Demichelis karena pada tahun 2010 hingga 2013 dirinya sempat memperkuat klub yang bermarkas di La Rosaleda tersebut.
  • Liverpool menjual salah satu bek mudanya yang bernama Tiago Ilori ke klub Divisi Championship, Reading. Ilori, yang juga pernah menjadi palang pintu timnas Portugal U-21, dijual oleh Liverpool seharga 3,75 juta paun.
  • Manajer Sunderland, David Moyes mengungkapkan rasa frustrasinya terhadap kedalaman skuat yang dimiliki oleh timnya saat ini. Rasa frustrasi Moyes ini pun tidak terlepas dari tersingkirnya Sunderland di ajang Piala FA setelah dikalahkan oleh Burnley dua gol tanpa balas.

Kamis, 19 Januari 2017

  • Liverpool akhirnya mampu melenggang ke babak keempat Piala FA setelah mampu mengandaskan perlawanan Plymouth Argyle dengan skor 1-0. Gol semata wayang kemenangan Liverpool, di laga leg kedua ini, diciptakan oleh Lucas Leiva di menit ke-18.
  • Real Madrid lagi-lagi mengalami kekalahan keduanya secara beruntun dari dua pertandingan terakhirnya pasca tampil digdaya dengan rentetan 40 kali pertandingan tanpa terkalahkan secara berturut-turut. Di laga leg pertama ajang Copa del Rey yang dimainkan di Santiago Bernabeu ini, Real Madrid menyerah dari tamunya, Celta Vigo, dengan skor tipis 1-2.
  • Keinginan Bobotoh untuk tetap melihat Marcos Flores berseragam Persib Bandung di musim depan akhirnya pupus sudah. Gelandang asal Argentina yang nasibnya sempat digantung oleh Djajang Nurjaman tersebut akhirnya menjatuhkan pilihannya kepada Bali United.

Jumat, 20 Januari 2017

  • PSSI akhirnya menunjuk Luis Milla sebagai pelatih anyar timnas Indonesia. Pelatih yang pernah mengantarkan Spanyol muda menjadi juara Piala Eropa U-21 tersebut dikontrak selama dua tahun ke depan.

Sabtu, 21 Januari 2017

  • Liverpool harus merelakan rekor kandangnya terhenti. Swansea City, tim yang sebetulnya sedang berada dalam fase transisi usai pergantian pelatih, menjadi tim yang mampu memecahkan rekor kandang Liverpool yang tak terkalahkan selama 17 pertandingan di Stadion Anfield. Dalam pertandingan itu, Swansea berhasil menang dengan skor 3-2.

Minggu, 22 Januari 2017

  • Napoli berhasil meraih poin sempurna hasil dari lawatannya ke markas AC Milan. Napoli bahkan mampu unggul cepat melalui Lorenzo Insigne dan Jose Callejon pada menit ke-6 dan 9. Sementara AC Milan hanya mampu membalasnya lewat kaki Juraj Kucka di menit ke-37.
  • Kejar-kejaran gol terjadi di Estadio El Sadar, markas Osasuna, kala tuan rumah menjamu tamunya dari Andalusia, Sevilla. Laga sendiri berakhir dengan skor 3-4 bagi kemenangan Sevilla. Dengan hasil ini, Sevilla terus membuntuti Real Madrid dari peringkat kedua.
  • Inter Milan mampu meraih kemenangan keenamnya secara beruntun di musim ini. Bertandang ke Palermo, Inter Milan berhasil menang dengan skor tipis 1-0. Dengan kemenangan ini, Inter berhasil menggeser tetangganya, AC Milan, dari peringkat kelima klasemen sementara.
  • Juventus semakin mengokohkan diri di puncak klasemen sementara Serie-A musim ini. Menjamu Lazio, Juventus mampu menang dengan skor 2-0. Dua gol kemenangan Juventus di laga ini dicetak oleh Paulo Dybala dan Gonzalo Higuain.
  • Juara Liga Inggris musim 2015/2016, Leicester City, kembali tersungkur di pekan ini. Bertandang ke Southampton, Leicester dihajar tiga gol tanpa balas oleh sang tuan rumah.
  • Arsenal berhasil menggeser Tottenham Hotspur dari posisi kedua klasemen sementara Liga Primer musim 2016/2017. Hasil ini didapat oleh Arsenal setelah mereka mampu mengandaskan perlawanan sengit Burnley dengan skor 2-1.
  • Chelsea kembali berhasil meraih kemenangan yang membuat jarak antara mereka dengan tim yang berada di belakangnya kembali melebar. Menjamu Hull City di Stamford Bridge, Chelsea berhasil menang dengan skor 2-0. Dua gol Chelsea di laga ini dicetak oleh Diego Costa dan Gary Cahill.

Sumber lain: Goal, FourFourTwo, Sky Sport, ESPN

Komentar