Tendangan yang Mengantarkan Faiz Subri Jadi Orang Asia Pertama Peraih Puskas Award

Berita

by redaksi 45165

Tendangan yang Mengantarkan Faiz Subri Jadi Orang Asia Pertama Peraih Puskas Award

Mohd Faiz Subri berhasil menyabet penghargaan gol terbaik FIFA Puskas Award 2016. Pemain Malaysia yang berseragam Penang FA ini jadi orang Asia pertama yang mendapatkan penghargaan tersebut.

Ia mendapatkan FIFA Puskas Award karena golnya ke gawang Pahang FA pada laga Liga Super Malaysia pada 16 Februari 2016 lalu. Golnya dicetak melalui tendangan bebas langsung dari jarak jauh.

Faktor yang membuat gol pemain berusia 29 tahun ini adalah tendangannya yang melengkung dan berbelok dua kali. Selain itu bola yang awalnya melayang juga menghujam langsung tajam ke bawah ketika mendekati gawang, persis seperti serial kartu Kapten Tsubasa.

Penjaga gawang lawan bahkan sampai terkecoh dan akhirnya hanya bisa bergeming melihat bola masuk ke jala gawangnya.

Berkat golnya itu ia mendapatkan voting terbanyak di situs resmi FIFA dan berhak membawa pulang Piala Puskas Award 2016. Faiz secara total mampu memperoleh suara mutlak 59,46 % jauh mengungguli para pesaingnya. Dua kandidat lainnya yakni Marlone dan Daniuska Rodriguez masing-masing hanya mendapat 22,86% dab 10,01%.

Ada kejadian menarik saat ia diumumkan di atas panggung oleh legenda Brasil, Ronaldo. Ketika itu Faiz membutuhkan waktu beberapa saat sebelum mulai memberikan sambutan. Rupanya ia kesulitan untuk menemukan pidato contekan di ponselnya. Namun hal itu tak mengurangi sambutan meriah yang ia terima dari seluruh hadirin.

FIFA Puskas Award 2016 adalah salah satu rangkaian acara dalam The Best FIFA Football Awards di Zurich, Swiss, Senin (9/1/2017). Gol-gol tersebut awalnya dipilih oleh tim juri yang dicetak dari tanggal 30 September 2015 hingga 30 September 2016. Di situ terkumpulah 10 nominasi yang kemudian dipilih secara terbuka di situs resmi FIFA.

(amp)

Komentar