Piala AFF 2016 Naik Kelas, Kini Dihitung Poin FIFA

Berita

by Abrar Firdiansyah

Abrar Firdiansyah

Pandit Football Indonesia mengkhususkan pada analisis pertandingan sepakbola, statistik dan liga, juga sejarah perkembangan sepakbola dan evolusi taktiknya

Piala AFF 2016 Naik Kelas, Kini Dihitung Poin FIFA

Gelaran Piala AFF 2016 tampaknya bakal berjalan semakin seru. Selain karena perkembangan setiap kontestan yang bermain di kompetisi ini, kompetisi ini juga untuk pertama kalinya bakal masuk ke dalam kalender FIFA.

Dalam peraturan terbaru yang dilansir dari ESPNFC, Piala AFF yang bakal diselenggarakan pada November hingga Desember mendatang akan digolongkan ke dalam turnamen internasional kategori A. Sebelumnya, Piala AFF hanya dihitung sebagai turnamen persahabatan antar regional biasa.

"Kami sudah mendapatkan pernyataan resmi dari AFC bahwa Piala AFF yang akan diselenggarakan pada tahun ini bakal memberikan poin yang berpengaruh dalam ranking FIFA," ujar Datuk Seri Azzuddin Ahmad seperti dilansir dari ESPNFC.

"Kami memiliki 11 asosiasi yang mengajukan permintaan pada AFC. Lewat dukungan mereka, Piala AFF yang diadakan sebentar lagi akan semakin bergengsi," lanjut pria asal Malaysia ini.

"Turnamen ini telah menawarkan banyak hal penting, yang tidak hanya untuk regional Asia Tenggara saja, tetapi di seluruh dunia. Ini adalah turnamen penting bagi kami, lumbung emas kami untuk dipasarkan secara komprehensif," pungkas Azzuddin Ahmad.

Dengan pemberian poin internasional di turnamen ini, Indonesia, yang saat ini tengah berada di peringkat 179 dalam ranking terbaru FIFA, bisa saja terdongkrak ke posisi yang lebih tinggi jika mampu menunjukkan hasil memuaskan.

Bobot Piala AFF sebelumnya disamakan dengan pertandingan uji tanding internasional saja, yang mana nilainya paling kecil jika dibandingkan dengan kompetisi regional, seperti Piala Eropa dan bahkan Piala Dunia.

Baca juga: Peringkat Indonesia dan Rumus Menghitung Ranking FIFA

Salah satu faktor yang membuat FIFA akhirnya melirik Piala AFF adalah banyaknya minat masyarakat Asia Tenggara untuk menonton pertandingan di tingkat regional. ESPNFC melansir, pada tahun 2010 tercatat ada 15 juta masyarakat Indonesia menyaksikan pertandingan tim Garuda melawan Malaysia partai final Piala AFF.

Total penonton tersebut bahkan disebut ESPNFC jauh lebih banyak daripada jumlah masyarakat Indonesia ketika menonton satu pertandingan big match pada Piala Dunia 2016 yang digelar di Brasil lalu.

Perubahan-perubahan memang tengah digarap oleh AFF selaku badan sepakbola tertinggi di Asia Tenggara. Pada tahun-tahun mendatang, AFF bahkan tengah menyiapkan untuk menyelenggarakan turnamen ini dalam format kandang-tandang.

Feature Image: AFF Cup 2016

Komentar