Momen Bangkit Tim Nasional Indonesia

Berita

by Abrar Firdiansyah

Abrar Firdiansyah

Pandit Football Indonesia mengkhususkan pada analisis pertandingan sepakbola, statistik dan liga, juga sejarah perkembangan sepakbola dan evolusi taktiknya

Momen Bangkit Tim Nasional Indonesia

Timnas Indonesia bakal memulai kembali perjalanannya di laga internasional. Setelah setahun lebih absen karena menerima sanksi FIFA, timnas Indonesia bakal kembali menjalani pertandingan internasional. Malaysia pun dipilih menjadi lawan perdana tim Merah Putih. Laga antara kedua kesebelasan dijadwalkan akan digelar di Solo, Selasa (6/9) 21:00 WIB.

Melihat daftar skuat saat ini, terlihat bagaimana pelatih Indonesia, Alfred Riedl, berupaya melakukan revolusi skuat. Beberapa nama baru diprediksi bakal menjalani debut di laga ini, seperti, Abdul Rahman, Rudolof Yanto Basna, dan Bayu Pradana.

Dengan banyaknya wajah anyar, laga ini ibarat kelahiran baru bagi Indonesia. Tak heran, Riedl mengibaratkan upayanya meracik skuat saat ini begitu mirip dengan apa yang ia lakukan di masa persiapan jelang Piala AFF 2010.

“Skuat tahun 2010 dengan tahun ini hampir sama bagi saya. Hal ini dikarenakan dari awal mulai membentuk tim sudah banyak wajah baru. Lebih dari setengah pemain di skuatnya, belum pernah saya lihat sebelumnya," kata Riedl seperti dikutip CNN.

Seperti yang diketahui, enam tahun lalu, Indonesia berhasil tampil impresif di Piala AFF. Keberadaan nama-nama baru di timnas, seperti Oktovianus Maniani, Kurnia Meiga, dan Irfan Bachdim. Dengan deretan pemain muda tersebut, Indonesia bahkan mampu mencetak 17 gol selama turnamen. Meskipun pada akhirnya, Indonesia hanya mampu finis sebagai kesebelasan peringkat kedua.

“Saya harap bisa mengulangi prestasi 2010. Kami punya pemain yang bertalenta. Tapi kami belum tahu kemampuan sebenarnya karena belum berlaga di ajang internasional," ujar Riedl.

Di skuat lawan Malaysia, nama-nama baru memang begitu mendominasi. Beberapa di antaranya bahkan kami prediksi bakal masuk ke dalam tim inti di laga melawan Malaysia, seperti Abdul Rahman (bek kiri, Persiba Balikpapan), Rodolof Yanto Basna (bek tengah, Persib Bandung), dan Bayu Pradana Andriatmo (gelandang, Mitra Kukar).

Abdul Rahman dan Bayu dipilih usai keduanya menunjukkan performa impresif bagi Persiba Balikpapan dan Mitra Kukar di ISC A sejauh ini. Sementara, Basna dipilih karena memberikan pengaruh besar bagi Persib Bandung, yang dalam laga terakhir tidak kemasukan satu gol pun.

Dengan banyaknya pemain baru yang dimasukkan oleh Riedl di laga ini, apakah timnas Indonesia justru menunjukkan perubahan seperti halnya skuat Indonesia di Piala AFF 2010?

Komentar