Ditinggal Claudio Bravo, Jasper Cillessen Siap Merapat ke Barcelona

Berita

by Abrar Firdiansyah

Abrar Firdiansyah

Pandit Football Indonesia mengkhususkan pada analisis pertandingan sepakbola, statistik dan liga, juga sejarah perkembangan sepakbola dan evolusi taktiknya

Ditinggal Claudio Bravo, Jasper Cillessen Siap Merapat ke Barcelona

Kepergian Claudio Bravo ke Manchester untuk segera bergabung dengan Manchester City membuat Barcelona kini hanya memiliki Marc-Andre Ter Stegen sebagai di posisi kiper berpengalaman. Kursi kosong yang ditinggal Bravo kini pun tinggal menunggu waktu untuk ditempati setelah nama Jasper Cillessen dipastikan bakal segera merapat ke Camp Nou.

Kiper Timnas Belanda ini dipilih usai Barcelona gagal mempertahankan Claudio Bravo yang memilih mencari pengalaman baru di luar Spanyol. Menurut Daily Mail, beberapa hari sebelumnya, Bravo telah diberi tawaran kontrak baru oleh Barcelona. Namun rencana tersebut batal terlaksana usai kiper asal Cile tersebut lebih memilih penawaran dari City.

ESPNFC melansir Cillessen akan segera tiba di Camp Nou dalam waktu dekat. Kepastian ini didapat usai Barcelona menyetujui banderol 12 juta euro yang dipatok oleh kesebelasan pemilik Cillessen saat ini, Ajax Amsterdam.

Laga playoff Liga Champions antara Ajax dan wakil Rusia, FC Rostov, Kamis (25/8) dini hari WIB, disebut menjadi pertandingan terakhirnya bersama Ajax setelah hampir lima tahun berkostum kesebelasan asal ibukota Belanda tersebut.

“Saya akan segera berangkat ke Barcelona malam ini (Rabu waktu Belanda) atau Kamis. Kesepakatan transfer sendiri akan berjalan secepatnya,” ujar Cillessen kepada Ziggo Sport seperti dirangkum ESPNFC.

“Dalam waktu dekat, saya akan segera menjalani tes medis dan tahapan-tahapan selanjutnya (untuk bergabung dengan Barcelona),” imbuhnya.

Saat ditanya mengenai peluang untuk mendapatkan kursi kiper utama di Barcelona, ia menjawab, “Pada awal karier saya di Ajax, saya harus bersaing dengan Kenneth Vermeer dan pada akhirnya, kini saya berhasil memenangkan persaingan tersebut.”

Dengan transfer ini, Cillessen bakal menjadi pembelian kelima Barcelona musim ini. Sebelumnya, di bursa transfer musim panas kali ini, Blaugrana telah resmi mendatangkan Denis Suarez, Lucas Digne, Samuel Umtiti, dan Andre Gomes.

Sementara bagi Ajax, kepergian Cillessen bakal menjadi musibah besar. Pasalnya, ia menjadi orang keempat yang meninggalkan Ajax pada musim panas 2016/2017. Sebelumnya, Ajax telah terlebih dahulu ditinggalkan oleh pelatih mereka, Frank de Boer, dan beberapa pilar utama musim lalu, seperti Arkadiusz Milik, Ricardo van Rhijn, dan Viktor Fischer.

Cillessen sendiri telah menghabiskan lima musim di Amsterdam ArenA. Sebelumnya, kiper kelahiran Nijmegen ini memperkuat kesebelasan lokal kotanya, NEC. Dia datangkan oleh Ajax pada 27 Agustus 2011 dengan biaya 3 juta euro. Di musim lalu, Cillessen tampil cukup luar biasa. Dalam 33 partai Eredivisie yang ia jalani, ia berhasil membukukan 18 clean sheets dan 1,21 penyelematan per pertandingan.

Komentar