Menanti Pertarungan Para Juara di Babak 16 Besar Piala Eropa 2016

Berita

by Billi Pasha

Billi Pasha

Selalu menganggap sepakbola dan musik adalah dua hal paling indah di dunia

Menanti Pertarungan Para Juara di Babak 16 Besar Piala Eropa 2016

Babak penyisihan Piala Eropa 2016 telah berakhir. Kini 16 kesebelasan negara telah memastikan diri untuk tampil di fase gugur. Para tim favorit juara seperti Prancis, Jerman, Inggris, Spanyol dan Italia, berhasil melangkah ke babak selanjutnya. Sementara itu, terhitung empat negara debutan berhasil memberi kejutan dengan berhasil lolos dari fase grup, yakni Wales, Slovakia, Irlandia Utara dan Islandia.

Semua mata akan tertuju pada bentrok dini antara dua raksasa yakni Italia dan Spanyol. Pasalnya, selain keduanya pernah meraih titel Piala Eropa, mereka juga merupakan finalis di ajang yang sama empat tahun silam. Jerman yang merupakan salah satu kandidat juara akan berhadapan dengan Slovakia. Meski Der Panzer berpotensi untuk bisa lolos dari hadangan Marek Hamsik dan rekan-rekan, namun mereka akan menghadapi laga berat untuk melawan pemenang antara Italia dan Spanyol di babak selanjutnya.

Selain itu pertemuan antara Wales dan Irlandia Utara menjadi salah satu laga paling panas di babak 16 besar. Pasalnya selain keduanya akan matian-matian berjuang untuk menorehkan rekor manis sebagai tim debutan, mereka juga berasal dari trah Britania Raya. Sementara itu saudara tua mereka, Inggris, akan menjajal Islandia yang sejauh ini belum pernah terkalahkan.

Hungaria yang secara mengejutkan bisa menjadi pemuncak grup akan meladeni perlawanan Belgia. Tim besutan Bernd Storck itu kini tengah melangkah untuk menyamai torehan terbaik mereka, kala berhasil finis sebagai peringkat ketiga di Piala Eropa 1964. Selain itu Swiss dan Polandia yang merupakan runner-up Grup A dan C, akan saling berhadapan demi mengukir sejarah bagi mereka.

Selain itu perebutan empat slot sebagai peraih peringkat ketiga terbaik juga cukup sengit. Turki dan Albania yang sebelumnya dalam posisi aman, kini harus angkat koper dari Prancis. Kedua negara tersebut tersisih usai Portugal dan Republik Irlandia berhasil meraup poin pada laga pamungkasnya.

Walau memiliki poin yang sama degan Turki dan Albania, Portugal memiliki selisih gol yang lebih baik. Sementara Republik Irlandia yang telah mengoleksi empat poin hasil dari sukses menundukkan Italia, otomatis mendapatkan satu tiket untuk berlaga di babak 16 besar.

Portugal akan berhadapan dengan Kroasia yang sukses mengungguli Spanyol di Grup D. Sementara itu langkah Republik Irlandia tak akan mudah, mereka mesti mengalahkan tuan rumah Prancis yang juga merupakan kandidat juara kali ini demi menembus babak perempat final.

Komentar