Santos: Portugal adalah Kesebelasan yang Harus Diwaspadai

Berita

by Sandy Firdaus

Sandy Firdaus

Penulis merangkap pewarta. Yang kita tahu sebenarnya adalah kita tidak tahu apa-apa (Noel Gallagher)

Santos: Portugal adalah Kesebelasan yang Harus Diwaspadai

Setujukah Anda jika Portugal adalah salah satu kesebelasan yang harus diwaspadai dalam ajang Piala Eropa 2016? Jika melihat kekuatan skuat yang mereka miliki, sekaligus rekor mereka yang pernah menjadi runner-up Piala Eropa 2004, maka wajar saja kalau Portugal menjadi tim yang harus mendapatkan perhatian lebih banyak, seperti halnya tim besar Eropa yang lain.

Selain itu, Portugal juga memiliki seorang mega bintang bernama Cristiano Ronaldo. Musim 2015/2016, Ronaldo menjalani musim yang cukup indah karena berhasil mengantarkan klubnya, Real Madrid, meraih Undecima, alias trofi Liga Champions Eropa untuk yang ke-11 kalinya.

Dengan kekuatan skuat, tradisi, sekaligus kehadiran Cristiano Ronaldo dalam ajang Piala Eropa 2016 nanti, maka pelatih Portugal, Fernando Santos, mengatakan bahwa wajar kalau tim lain akan lebih mewaspadai Portugal. Kewaspadaan itu akan sama besarnya seperti kewaspadaan pihak keamanan Prancis terhadap serangan teroris yang mungkin saja terjadi.

Seperti yang kita ketahui, saat pertandingan persahabatan antara Prancis dan Jerman digelar pada November 2015 lalu, Prancis dikejutkan oleh serangan teroris yang mengakibatkan 129 orang tewas dan 352 orang mengalami luka-luka. Karena kejadian ini, pihak keamanan Prancis berencana untuk memperketat pengamanan dalam ajang Piala Eropa nanti.

"Menurut saya, Portugal adalah tim yang harus diwaspadai, karena kami memiliki seorang Cristiano Ronaldo. Dengan adanya Cristiano Ronaldo dalam tim kami inilah, sepertinya penjagaan yang dilakukan pihak Prancis terhadap kami akan terbilang ketat, karena Cristiano bisa saja menjadi target serangan teroris," ujar Santos seperti dilansir FourFourTwo.

"Namun, kami sudah siap kalau hal itu terjadi. Saya harap, suporter juga mengerti karena mungkin nanti pemain kami tidak akan bebas berkeliaran, pasti akan ada penjagaan ketat dari pihak keamanan Prancis," tambahnya.

Di samping sudah siap menjadi tim yang paling diwaspadai, Santos pun sudah merasa puas akan kesiapan skuatnya jelang Piala Eropa nanti, meski dalam laga persahabatan terakhir menderita kekalahan 1-0 dari Inggris.

"Dalam laga persahabatan kemarin (melawan Inggris), kami bermain melawan tim yang hebat, terorganisir, dan memiliki banyak pemain berkelas. Namun, kehilangan seorang defender saat pertandingan baru berjalan 35 menit, itu merupakan sebuah tragedi!" ujarnya seperti dikutip Soccernews.

Fokus tetap akan menjadi milik Cristiano Ronaldo dalam skuat Portugal ini. Usianya yang semakin matang membuat tanggung jawab yang ia emban semakin besar di timnas. Ronaldo akan mengemban harapan dari seluruh rakyat Portugal dalam ajang Piala Eropa ini. Hal ini disadari betul oleh seorang Santos.

"Tentu saja kehadiran Cristiano (Ronaldo) nanti dalam ajang Piala Eropa akan membuat segala sesuatunya lebih berbeda. Di sini kita sedang membicarakan seorang bintang, yang memiliki kecepatan dan juga kemampuan yang luar biasa. Ia adalah bagian penting dari skuat timnas Portugal," pungkasnya.

foto: skysports.com

ed: fva

Komentar