Peserta Bertambah Banyak, Klinsmann Sebut Piala Eropa Kurang Kompetitif

Berita

by Aun Rahman

Aun Rahman

Penulis & Penyunting. Pecinta sepakbola lokal dan Asia. Bermimpi Indonesia Raya berkumandang di Piala Dunia. Kontak : rahman.aun@gmail.com

Peserta Bertambah Banyak, Klinsmann Sebut Piala Eropa Kurang Kompetitif

Hanya berselang sekitar satu minggu antara dimulainya gelaran Copa America Centenario dengan Piala Eropa 2016, kedua turnamen regional tersebut membuat pertengahan tahun 2016i menjadi semakin semarak. Kemungkinan besar perhatian publik akan lebih banyak menyoroti Piala Eropa yang disebut-sebut sebagai turnamen regional terbaik di planet bumi tersebut. Namun ada juga beberapa pihak yang menganggap bahwa gelaran Copa America akan menjadi turnamen yang lebih baik. Pendapat tersebut salah satunya keluar dari pelatih kesebelasan negara Amerika Serikat, Jurgen Klinsmann.

Klinsmann yang berasal dari Jerman ini menyebutkan bahwa gelaran Copa America Centenario akan menghadirkan suasana yang lebih kompetitif ketimbang Piala Eropa. Klinsmann beralasan bahwa jumlah peserta akan menjadi faktor yang menentukan. 16 peserta di Copa Amerika akan lebih banyak menghadirkan persaingan ketimbang Piala Eropa yang pada edisi kali ini jumlah peserta nya bertambah menjadi 24 negara.

"Jika Anda membandingkan 16 tim peserta yang berlaga di Copa America dengan 24 tim yang akan berlaga di Piala Eropa, saya rasa Copa (America) akan memiliki kualitas yang lebih baik ketimbang Piala Eropa yang pada edisi kali ini jumlah pesertanya diperbanyak. Akan ada kondisi yang lebih kompetitif di Copa," ujar Klinsmann seperti yang dilansir ESPN FC.

Klinsmann yang menjadi juara bersama Jerman di Piala Eropa 1996 ini juga menambahkan bahwa Copa America kini adalah ajang sepakbola nomer dua di dunia setelah Piala Dunia. Ia juga menambahkan bahwa kini negara-negara di benua Amerika sudah lebih kompetitif dibandingkan sebelumnya. Argentina dan Brasil sebagai kekuatan tradisional belum tentu akan melaju mulus di gelaran Copa America kali ini.

"Memperluas cakupan turnamen dari yang sebelumnya adalah sesuatu yang bagus," kata Klinsmann yang sudah menangani Amerika Serikat sejak tahun 2011 tersebut. "Dengan demikian maka kualitas dari turnamen menjadi meningkat dan menjadi lebih kompetitif. Bahkan saya rasa kualitas (Copa America) kali ini bisa mendekati Piala Dunia."

"Enam negara CONCACAF (federasi sepakbola Amerika Utara dan Karibia) tampil dengan sangat baik, sangat kuat. Apalagi negara-negara dari kawasan Amerika Latin. Mereka adalah kekuatan tradisional dari sepakbola. Anda bisa lihat bagaimana mereka (negara-negara Amerika Latin) bertarung di kualifikasi Piala Dunia. Memperebutkan empat sampai lima peringkat teratas, mereka semua bertarung habis-habisan. Itu sangat luar biasa."

"Saya pikir turnamen nanti tidak akan berjalan mudah bagi kekuatan tradisional seperti Argentina dan Brasil. Karena itu kami sangat menantikan Copa America kali ini. Dan kesempatan kali ini juga menjadi sangat spesial, dan tentu bisa dibandingkan dengan Piala Eropa," pungkasnya.

foto : bleacherreport

Komentar