Skema Permainan Mancini yang Membuat Dodo Hengkang

Berita

by Randy Aprialdi

Randy Aprialdi

Pemerhati kultur dan subkultur tribun sepakbola. Italian football enthusiast. Punk and madness from @Panditfootball. Wanna mad with me? please contact Randynteng@gmail.com or follow @Randynteng!

Skema Permainan Mancini yang Membuat Dodo Hengkang

Sampdoria telah resmi mendatangkan full-back kiri Internazionale Milan, Jose Radolfo "Dodo" Pires Ribeiro, dengan status pinjaman hingga akhir musim ini. Dodo telah selesai melakukan tes medis di Laboratorio Albaro. Ini artinya ia sudah bisa mengikuti sesi latihan pertama di Bogliasco dengan skuat besutan Vincenzo Montella tersebut.

Asalnya, Dodo merupakan pemain Inter era Walter Mazzarri yang didatangkan dari AS Roma pada awal musim 2014/2015. Dirinya merupakan wing-back andalan Mazzarri dalam formasi 3-5-2. Tapi Dodo tidak cocok dalam skema permainan Roberto Mancini yang mengambil alih Inter sejak 14 November 2014.

Dodo pun mulai tersingkir sejak Mancini merombak Inter pada bursa transfer musim panas 2015. Mancini mendatangkan Alex Telles, full-back kiri dari Galatasaray. Dodo pun harus bersaing dengan Telles, Yuto Nagatomo, bahkan Davide Santon dan Juan Jesus yang bisa bermain sebagai full-back kiri.

Baca juga : Apa Perbedaan Full-Back dengan Wing-Back?

Selain itu, strategi pragmatis Mancini dalam bertahan, dianggap tidak cocok dengan Dodo yang bernaluri menyerang lebih tinggi. Hal ini yang menyebabkannya dianggap tidak cocok ketika Mancini menggunakan formasi empat bek dengan peran full-back yang lebih bertahan.

Bahkan ketika Telles dan Nagatomo absen, Mancini lebih memilih Juan Jesus digeser menjadi full-back kiri. Padahal, posisi asli Juan Jesus adalah bek tengah. Mancini pun terkadang menggunakan formasi 3-5-2, namun tidak ada kesempatan bagi Dodo karena Telles atau Nagatomo sedang siap tampil.

Pemain 23 tahun itu pun hanya dimainkan satu kali sepanjang musim ini. Ironisnya, ia hanya menjadi pemain pengganti dalam laga Coppa Italia dan cuma tampil lima menit. Akhirnya, Inter pun meminjamkannya ke Sampdoria, menyusul mantan pemain Inter yaitu Ricky Alvarez. Selain Dodo, Alvarez berkemungkinan disusul pemain Inter lainnya, yaitu Andrea Ranocchia. Dikabarkan jika bek tengah Inter itu semakin dekat bergabung dengan Sampdoria.

Sementara itu, Dodo mengaku tidak sabar ingin segera berlaga untuk Sampdoria. Dirinya ada kemungkinan akan diturunkan ketika laga menghadapi Napoli di Stadion Luigi Ferraris akhir pekan ini, Minggu (24/1), "Saya sangat senang dan saya harap pengalaman baru ini membuat saya semakin baik," ujarnya seperti dikutip Gazzetta World.

Dodo pun kembali bertemu dengan Fernando Lucas Martin di Sampdoria. Fernando adalah rekannya ketika memperkuat Kesebelasan Negara Brasil U-20, "Saya mengenalnya dengan baik. Saya senang betemu dengan dia lagi dan saya harap dia diturunkan secepatnya untuk mengenal rekan tim barunya," ujar Fernando.

Tapi perlu diingat juga bahwa Montella merupakan pelatih yang menggunakan formasi empat bek. Sehingga Dodo benar-benar harus bisa beradapaptasi agar nasibnya bersama Inter tidak terulang.

Sumber lain : Calcio Mercato, Football-Italia.

Komentar