Pemain-Pemain yang Kontraknya Habis Akhir Musim 2015/2016

Berita

by Ardy Nurhadi Shufi

Ardy Nurhadi Shufi

Juru Taktik Amatir
ardynshufi@gmail.com

Pemain-Pemain yang Kontraknya Habis Akhir Musim 2015/2016

Beberapa kesebelasan Eropa tampaknya tengah bersiap menyambut bursa transfer musim dingin nanti. Banyaknya pemain berkualitas yang kontraknya habis pada akhir musim 2015/2016 membuat bursa transfer Januari nanti bisa menjadi saat yang tepat bagi kesebelasan-kesebelasan tersebut meningkatkan kualitas salah satu sektor skuat mereka dengan harga murah.

Hampir di segala lini terdapat pemain yang akan membuat banyak kesebelasan sudah gatal untuk melakukan negosiasi. Namun semuanya masih menahan diri membuka pembicaraan itu karena tentu saja tak mau melanggar bosman rule, yang hanya memperbolehkan melakukan negosiasi enam bulan jelang kontrak berakhir.

Lantas siapa saja pemain yang kontraknya akan habis pada akhir musim ini dan layak direkrut kesebelasan yang sedang berkompetisi di liga top Eropa?

Pada posisi kiper, terdapat kiper utama Internazionale Milan, Samir Handanovic. Pada musim ini, kiper asal Slovenia tersebut merupakan salah satu kiper terbaik di Eropa. Bagi kesebelasan manapun yang hendak mencari kiper baru, namanya jelas wajib menjadi target utama.

Selain Handanovic, terdapat Victor Valdes, Federico Marchetti dan Steve Mandanda. Ketiga pemain ini merupakan kiper berpengalaman di masing-masing negara mereka. Ketiganya pun pernah mencicipi seragam timnas masing-masing (Spanyol, Italia, dan Prancis). Tapi Valdes menjadi kiper yang memiliki kans besar tak memperpanjang kontraknya mengingat ia hanya jadi penghangat di bangku cadangan Manchester United.

Sementara itu pada posisi bek tengah, cukup banyak pemain senior yang masa depannya berada di ujung tanduk. Tak hanya John Terry dan Branislav Ivanovic, masih ada nama Andrea Barzagli, Daniel Agger, Cristian Zapata, Martin Demichelis, Kolo Toure, dan Alex.

Namun nama Joel Matip, Eder Balanta, dan Nicolas N’Koulou, rasanya lebih layak didatangkan bagi kesebelasan yang membutuhkan peningkatan kualitas pada area bek tengah. Ketiganya masih berusia di bawah 25 tahun, di mana ini bisa menjadi investasi untuk beberapa musim ke depan.

Joel Matip, masih berusia 24 tahun dan juga bisa ditempatkan sebagai gelandang bertahan, merupakan pemain yang paling layak didapatkan. Ia pun telah mengoleksi dua gol dari 13 penampilannya sejauh ini. Gol-golnya lahir dari kemampuannya memaksimalkan umpan dari sepak pojok.

Bergeser ke posisi bek sayap, pos ini cukup sedikit pilihan yang tersedia. Patrice Evra, Alvaro Arbeloa, Maicon, dan Darijo Srna, tentu saja sudah dimakan usia dan mungkin telah melewati puncak permainananya. Sementara Bryan Oviedo yang masih 25 tahun, beberapa waktu terakhir mengalami serangkaian cedera bersama Everton.

Karenanya, Gregory Van der Wiel sepertinya akan menjadi bek kanan yang paling diminati, selain Jon Flanagan yang juga masih berusia muda dan berprospek cerah. Setelah kedatangan Serge Aurier, bek kanan asal Belanda tersebut memang mulai tersingkir dari tempat utama Paris Saint-Germain.

Sementara itu, kemampuan Yuto Nagatomo menyisir sayap kiri pun mulai menurun belakangan ini. Internazionale Milan bahkan lebih memercayakan Juan Jesus (yang idealnya bermain sebagai bek tengah) sebelum Alex Telles mulai bisa beradaptasi dengan skuat asuhan Roberto Mancini ini.

Untuk lini tengah, kesebelasan yang hendak mencari pemain gelandang bertahan memiliki banyak pilihan dalam diri Xabi Alonso, Mikel Arteta, Mehmet Topal, Ever Banega, Miguel Veloso, Ricardo Montolivo, Raul Meireles, Michael Carrick, Mathieu Flamini, Tiago, dan si pemain serba bisa milik Juventus, Simone Padoin.

Hanya saja yang perlu menjadi pertimbangan, pemain-pemain tersebut rata-rata usianya di atas 30 tahun, kecuali Veloso, Topal dan Banega tentunya. Karenanya mungkin hanya Xabi Alonso yang masih layak untuk bermain dengan kesebelasan top Eropa.

Veloso (Dynamo Kiev), Topal  (Fenerbahce), dan Banega (Valencia [Ralat: Sevilla]) masih merupakan pemain andalan di kesebelasannya masing-masing. Banderolnya yang saat ini berada di harga 10 juta euro, tentunya bisa didapatkan lebih murah pada Januari nanti.

Selain gelandang-gelandang di atas, masih ada nama-nama seperti Hatem Ben Arfa, Gaston Ramirez, Marco Benassi, dan Tomas Rosicky yang juga kontraknya habis akhir musim nanti. Bahkan gelandang yang sempat disebut-sebut sebagai penerus Zinedine Zidane, Yoann Gourcuff, terancam kembali menjadi ronin jika performanya tak kunjung membaik bersama Rennes.

Bagaimana dengan lini depan? Ezequiel Lavezzi dan Zlatan Ibrahimovic sudah menjadi bahan pemberitaan media tentang kepindahannya dalam waktu dekat. Hal ini dikarenakan kontrak keduanya bersama PSG akan berakhir akhir musim nanti.

Selain dua bintang PSG tersebut, nama Charlie Austin  pun akan menjadi daya tarik sendiri, setidaknya untuk kesebelasan-kesebelasan Liga Primer Inggris. Penyerang milik Queen Park Rangers itu selalu mencetak dua digit gol setiap musimnya.

Di Liga Primer musim lalu, ia mencetak 18 gol dari 35 penampilan. Saat ini di divisi Championship, penyerang berusia 26 tahun ini telah mencetak enam gol dari 12 penampilan.

Satu pemain lain yang tampaknya akan laris dalam waktu dekat adalah penyerang muda berbakat milik Partizan, Andrija Zivkovic. Bahkan menurut laporan Metro, penyerang berusia 19 tahun ini akan hijrah ke kesebelasan asal London, Arsenal atau Tottenham Hotspur.

Begitu juga dengan penyerang sayap milik Valencia, Sofiane Feghouli. Pemain asal Aljazair ini dikabarkan Independent dan Metro telah masuk ke dalam pemain incaran dari Chelsea dan Manchester United.

Selain pemain-pemain di atas, barisan penyerang pun masih menyediakan nama-nama seperti David Villa, Pablo Osvaldo, Rodrigo Palacio, Adam Johnson, Joel Campbell, Dirk Kuyt, Andrey Arshavin, Luca Toni, Antonio Di Natale, dan Francesco Totti. Namun tiga nama terakhir, khususnya Totti, sudah berada di penghujung karier yang tentunya tengah mempertimbangkan untuk gantung sepatu.

Jika dipilih 22 pemain terbaik dari pemain-pemain yang telah disebutkan di atas, kurang lebih seperti ini skuat pemain yang akan meramaikan bursa transfer nanti, entah itu pada musim dingin atau akhir musim 2015/2016. Tentu saja dengan catatan mereka tak memperpanjang kontrak dengan kesebelasan yang dibelanya saat ini.

expiringteam
update: Xabi Alonso dan Handanovic sudah perpanjang kontrak. Austin sudah bergabung ke Southampton.

foto: telegraph.co.uk / data diambil dari transfermatkt.co.uk

Komentar