Danny Welbeck yang Terlupakan

Berita

by Taufik Nur Shidiq

Taufik Nur Shidiq

Writer (Oct 2014 - Mar 2016); Editor (Nov 2017 - Nov 2018)

Danny Welbeck yang Terlupakan

Penyerang mana pun yang mencetak enam gol dalam lima pertandingan kualifikasi Piala Eropa sepantasnya menjadi bahan perbincangan baik. Namun Danny Welbeck, jangankan dibicarakan, diingat pun mungkin tidak. Fokus media saat ini tertuju kepada tiga nama penyerang Inggris: Wayne Rooney, Harry Kane, dan Jamie Vardy.

St. Jakob Park, Basel, 8 September 2014. Lewat dua gol yang keduanya dicetak oleh Welbeck, Inggris memenangi pertandingan pertamanya di kualifikasi Piala Eropa 2016 dua gol tanpa balas. Pada pertandingan berikutnya, melawan San Marino di Webley Stadium (9/10/2014), penyerang yang bermain untuk Arsenal tersebut menyumbang satu gol dalam kemenangan telak 5-0.

Welbeck absen mencetak gol saat Inggris menang tipis lewat gol tunggal Wayne Rooney di Tallinn, Estonia, 12 Oktober 2014. Pemain asli Manchester tersebut kembali membuktikan ketajamannya dalam dua pertandingan berikutnya. Melawan Slovenia di Wembley Stadium (15/11/2014), Welbeck mencetak dua gol. Satu gol lagi ia sarangkan ke gawang Lithuania, 27 Maret tahun ini.

Gol-gol Welbeck untuk timnas Inggris berhenti sampai di situ. Ia menjalani operasi lutut pada 3 September dan diperkirakan baru akan kembali di awal tahun depan (Transfermarkt memperkirakan 12 Januari). Perlahan tapi pasti, namanya terlupakan. Terlebih lagi setelah Jamie Vardy, dengan sebelas gol dalam sembilan pertandingan Premier League terakhirnya, meramaikan persaingan lini depan timnas Inggris antara Wayne Rooney dan Harry Kane.

Pembicaraan mengenai timnas Inggris nyaris pasti mengarah menjadi perdebatan mengenai bagaimana seharusnya Roy Hodgson bersikap. Di satu sisi Vardy pantas diberi kesempatan. Di sisi lain Kane dan Rooney harus terus dimainkan bersama agar ketika memasuki putaran final Piala Eropa nanti, kerja sama antara keduanya sudah terjalin dengan baik. Dalam pernyataan terbarunya, Hodgson berencana mengistirahatkan Rooney dan Vardy.

“Wayne duduk bersama saya hari ini karena ia adalah kapten kesebelasan kami, ia adalah sosok paling penting, namun ia tidak akan menjadi starter di pertandingan besok (melawan Spanyol),” ujar Hodgson sebagaimana dikutip dari The Guardian.

Walau demikian, Rooney akan kembali bermain di pertandingan melawan Prancis. Vardy, sementara itu, tidak akan bermain karena masih menderita cedera ringan.

“Jamie Vardy masih kesulitan akibat cedera ringan yang ia dapatkan pada Sabtu,” tambah Hodgson. “Kami memonitornya, kami masih berusaha namun saat ini tampaknya tidak mungkin ia dapat bermain (melawan Spanyol).”

Welbeck tidak mendapat tempat dalam persaingan lini depan tim nasional, namun ia bekerja keras untuk kembali terlibat dalam permainan, baik besama Arsenal maupun timnas Inggris. Bukan tidak mungkin, setelah sembuh nanti, Welbeck akan langsung meramaikan lini depan Inggris yang sudah padat.

“Sulit melihat para pemain lain jika kita masih berlatih di gym, menjalani beban ganda,” ujar Welbeck sebagaimana dikutip dari situs resmi Arsenal. “Namun ketika saya kembali berlatih di lapangan dan kembali berlari, saya akan sangat bahagia. Ini masa yang sulit bagi saya namun saya tidak sabar kembali sebagai sosok yang lebih tangguh.”

Komentar