Menelisik Gotor, Eks Zaragoza yang Dikontrak Mitra Kukar

Berita

by Randy Prasatya

Randy Prasatya

Everything you can imagine is real.

Menelisik Gotor, Eks Zaragoza yang Dikontrak Mitra Kukar

Palang pintu asal Spanyol, Jorge Gotor Blas, menjadi pemain asing terakhir yang direkrut oleh Mitra Kukar. Gotor memulai karir sepakbolanya saat bermain untuk Real Zaragoza B pada tahun 2005 sebelum akhirnya dipromosikan ke Zaragoza senior. Gotor sendiri pernah bermain di La Liga dan Segunda A secara bersamaan dengan Zaragoza Senior dan Zaragoza B di tahun 2005 hingga 2008 dengan catatan 38 penampilan di La Liga dalam kurun waktu tersebut.

Pasca terdegradasinya Zaragoza ke Segunda A pada tahun terakhirnya,  pria yang kini berusia 27 tersebut hengkang menuju Real Murcia pada 2009 hingga 2011. Real Murcia sendiri saat itu tengah berjuang di Segunda B. Pada 2010, Gotor pernah berhadapan dengan Cristiano Ronaldo dan kolega di Copa del Rey.

Sayangnya hanya sedikit media lokal yang mengatakan saat itu pula Murcia harus menerima kekalahan telak 1-5 dari El Real. Ya, Gotor memang benar berhadapan dengan Ronaldo, dan Gotor pun pada pertandingan itu gagal memotong umpan silang Angel Di Maria yang membuat Ronaldo dengan mudah menceploskan bola ke gawang.

Selama di Murcia, pemain yang mengenakan nomor punggung 22 tersebut telah bermain 45 kali dengan catatan 10 kartu kuning, empat kartu merah dan mencetak dua gol. Total penampilan Gotor selama enam tahun di La Liga, Segunda A, dan Segunda B Spanyol tercatat cukup "lumayan" untuk dapat bermain di kompetisi tertinggi di Indonesia. Pemain dengan tinggi 182cm ini mencatatkan 105 penampilan dengan 29 kartu kuning dan 6 kartu merah serta menorehkan tujuh gol.

Gotor pada musim lalu tercatat sebagai pemain Arbil FC, klub asal Iraq yang menjadi runner-up di AFC Cup kemarin. Meskipun hanya bermain dalam lima pertandingan di penyisihan grup dan satu pertandingan di sistem gugur, Gotor mencetak satu gol dan selalu bermain sejak menit pertama, tanpa tergantikan.

Mungkin catatan yang “lumayan” inilah yang jadi pertimbangan Endri Erawan, Presiden Mitra Kukar, untuk merekrut Gotor. Ia mengatakan pemain ini cukup berpengalaman dan dengan pengalamannya, Gotor diharapkan menjadi tembok kokoh pertahanan Mitra Kukar. Tentu, Gotor harus membuat pertahanan Mitra Kukar lebih kokoh dari pertahanan Murcia yang pernah dihajar lima gol oleh Real Madrid.

Musim ini, tim Naga Mekes sangat selektif merekrut pemain. Telah ada dua pemain asal Spanyol yang direkrut untuk menghadapi kompetisi ISL 2015, yaitu Cristobal Marques Crespo dan Jorge Gotor. Nama terakhir menandatangani kontrak di Malang, tempat tim melakukan pemusatan latihan.

Sampai saat ini Mitra Kukar belum menginformasikan berapa nilai kontrak, termasuk gaji Gotor. Hal ini yang membuat situs transfermarket.co.uk pun tidak bisa memperkirakan berapa market value Gotor. Transfermarkt sendiri sempat merilis nilai jual Gotor seharga 176 ribu pounsterling atau sekitar tiga miliar rupiah lebih pada Februari 2008.

Menarik sekali rekrutmen pemain anyar Mitra Kukar. Sebelumnya mereka berhasil mendatangkan Ivan Chansa, pemain Zambia yang pada 2012 menjadi pemain inti saat negaranya itu berhasil menjuarai Piala Afrika 2012. Rekan setim Henrik Larsson, legenda Swedia itu, ya, dia juga pernah bermain di Helsingborg. Kini mereka mendatangkan Gotor, pemain dengan pengalaman bermain yang lumayan menarik.

Bienvenida en Indonesia, Jorge Gotor Blas.





Komentar