[Match Analysis] Liverpool 0-2 Chelsea

Berita

by redaksi

[Match Analysis] Liverpool 0-2 Chelsea

Semalam, seusai dikalahkan oleh Chelsea di kandangnya sendiri, Brendan Rodgers memberi komentar terkait taktik bertahan yang dilakukan oleh Jose Mourinho. Menurut Rodgers, mantan mentornya itu tak hanya memarkir satu, tetapi dua bus sekaligus di depan Mark Schwarzer.

Komentar itu sedikit banyak bisa menggambarkan salah satu pertandingan penting dalam perebutan gelar juara Liga Inggris kali ini. The Blues bertahan dan menyerahkan 73% penguasaan bola pada Liverpool, sementara The Redsbertubi-tubi menyerang.

Tetapi, justru Chelsea mampu menang dan mencetak dua gol dalam pertandingan kali ini.

Sebenarnya, tak ada yang aneh dengan pilihan taktik Mou, atau hasil akhir dari pertandingan ini. Tim yang bertahan memang kerap mencuri gol secara tak terduga dengan memanfaatkan kelengahan lawan. Tapi, patut diingat bahwa bermain bertahan tak semudah menumpuk 11 orang di area kotak penalti. Butuh organisasi dan kecerdikan dalam penempatan pemain dan membaca situasi untuk mendapatkan hasil maksimal.

Butuh juga kemampuan merusak konsentrasi dan mental lawan seperti dipraktikkan oleh para punggawa Chelsea semalam.

Mourinho mampu menang di Anfield dengan berbagai taktik yang dilakukannya. Chelsea tidak hanya dibuat menjadi benteng kokoh yang seakan mustahil untuk ditembus, namun juga mampu melontarkan meriam di akhir untuk memenangkan pertandingan.

Demikian juga dengan mental bertahan yang dipersiapkan dengan sempurna oleh Mou. Selama 90 menit mereka tidak terpancing untuk keluar dari kandang atau melakukan pelanggaran tak perlu yang berujung pada penalti. Ini satu hal yang tak bisa dilakukan oleh lawan-lawan Liverpool lainnya.

Dua gol yang mampu dilesakkan sebagai seorang tim yang bermain bertahan di kandang lawan juga patut diberikan apresiasi. Kedua striker Chelsea, Demba dan Torres, sama sekali tak menyia-nyiakan kesempatan emas yang datang hanya dua kali selama 90 menit itu.

Pada akhirnya, satu kesimpulan yang kita tarik adalah tim dengan lini serang tertajam musim ini tak mampu mengalahkan tim dengan lini pertahanan paling kokoh.

baca analisa selengkapnya disini

(amp)

Komentar