Prediksi Bayern Muenchen vs RB Leipzig: Lini Serang vs Pertahanan Terbaik

Analisis

by Ikhsan Abdul Hakim

Ikhsan Abdul Hakim

Pandit Football Indonesia mengkhususkan pada analisis pertandingan sepakbola, statistik dan liga, juga sejarah perkembangan sepakbola dan evolusi taktiknya

Prediksi Bayern Muenchen vs RB Leipzig: Lini Serang vs Pertahanan Terbaik

Spieltag 10 Bundesliga menjadwalkan salah satu partai paling ditunggu-tunggu pada awal musim 2020/21. Pemuncak klasemen sekaligus juara bertahan, Bayern Muenchen, akan menjamu runner up sementara, RB Leipzig, di Allianz Arena.

Kedua tim menjadi yang terbaik dalam dua hal berbeda. Skuad besutan Hans-Dieter Flick adalah tim tersubur Bundesliga sejauh ini dengan 31 gol dari sembilan pertandingan saja. Sedangkan Leipzig tampil solid, menorehkan rekor pertahanan terbaik dengan hanya kebobolan enam gol.

Lini serang terbaik vs pertahanan terbaik. Laga Bayern vs Leipzig akan menjadi pertunjukkan elite di paruh pertama Bundesliga.

Link streaming pertandingan Bundesliga: Bayern Muenchen vs RB Leipzig

Jika meninjau rekor head to head, Bayern boleh berbangga. Die Roten memenangi lima pertandingan (satu melalui adu penalti) dan hanya kalah sekali dari 10 laga kontra die Roten Bullen. Namun, kisah dominasi Bayern berubah sejak kedatangan juru taktik muda Julian Nagelsmann.

Nagelsmann datang ke Red Bull Arena pada awal 2019/20. Musim itu, anak asuh Nagelsmann dua kali menahan imbang Robert Lewandowski dan kawan-kawan. Mereka bermain 1-1 di Red Bull Arena dan berbagi angka dengan skor kacamata di Muenchen.

Hasil itu terbilang istimewa bagi Leipzig. Pasalnya, musim lalu, Bayern amat dominan dalam perjalanan mereka merengkuh treble winners. Leipzig menjadi satu-satunya tim yang gagal dikalahkan Bayern di Bundesliga. Mereka juga menjadi satu-satunya tim yang berhasil mencegah kemenangan die Roten pada Rueckrunde (paruh kedua musim Bundesliga).

Taktik berkelas Nagelsmann dan kedisiplinan skuad membuat Bayern, yang mencetak 100 gol musim lalu, gagal menjebol gawang lawan. Jelang laga ini, Nagelsmann menuntut level penampilan setara untuk meraih hasil di Allianz Arena.

Musim ini, eks pelatih Hoffenheim itu biasa menurunkan 3-4-3, 4-2-3-1, atau 4-4-2 berlian. Di Muenchen, besar kemungkinan ia akan kembali mengandalkan 3-4-3. Sistem ini membawa Leipzig menahan imbang Bayern pada 2019/20.

Dayot Upamecano akan kembali jadi jenderal lini belakang Leipzig. Marcel Halstenberg diperkirakan menemani Upamecano dalam skema tiga bek. Menyusul cederanya Lukas Klostermann, bek 21 tahun asal Perancis, Ibrahima Konate, kemungkinan akan dipasang di lini belakang.

Berkat kesolidan skema tiga bek Leipzig, gawang Peter Gulacsi jarang mendapat tantangan berarti musim ini. Die Roten Bullen adalah tim kedua yang paling jarang menghadapi tembakan di Bundesliga (22 kali). Jika pemain lawan mampu menembus benteng Leipzig, Gulacsi pun tampil cukup baik di bawah mistar. Kiper Hungaria itu menorehkan persentase penyelamatan hingga 72,7% (terbaik keempat di liga).

Di lain sisi, performa impresif Upamecano terus menjadi sorotan. Pemain berusia 22 tahun itu dapat dipertimbangkan sebagai salah satu bek terbaik Bundesliga. Upamecano telah membuat 12 blok, 20 tekel + intersep, serta 14 sapuan.

Keunggulan yang dimiliki Upamecano adalah kecepatannya. Ia tercatat sebagai pemain tercepat nomor dua di Bundesliga 2020/21 setelah wing back Stuttgart, Silas Wamangituka. Upamecano mencatatkan puncak kecepatan hingga 35,34 km/jam musim ini. Kemampuan itu membuat Upamecano dapat secara efektif memburu dan mematahkan fast break lawan.

Sementara itu, di kubu tuan rumah, Robert Lewandowski tetap menjadi tokoh menonjol di skuad Bayern musim ini. Penyerang asal Polandia tersebut kembali mencetak rekor gol mengerikan, 12 gol dari delapan pertandingan saja.

Eks striker Dortmund itu pun kerap menjadi momok bagi Leipzig. Dari 11 pertandingan lawan tim yang baru berdiri pada 2009 tersebut, Lewandowski berhasil mencetak tujuh gol.

RB Leipzig memang sedang dalam tren impresif. Namun, karena ini Bayern, die Roten Bullen masih jadi kuda hitam dalam waktu dekat ini.

Bayern sendiri memiliki rekor apik ketika menghadapi klub yang menguntit mereka di puncak klasemen. Di Spieltag 7 lalu, anak asuh Flick membungkam Dortmund yang waktu itu menempati pos runner up sementara. Die Roten mencetak tiga gol melawan tim yang sebelumnya hanya kebobolan dua dari enam pertandingan awal.

Kali terakhir Bayern kalah dari pengejar terdekat terjadi pada 2015. Waktu itu, saat Rueckrunde, Bayern kalah 4-1 di kandang VfL Wolfsburg. Total, dalam sembilan pertandingan terakhir lawan runner up sementara, die Roten menang tujuh kali dan imbang dua kali.

Kualitas seperti demikian menggarisbawahi dominasi Bayern di Jerman. Mereka rutin mengibaskan pesaing di puncak klasemen. Tak heran jika die Roten memborong titel Bundesliga selama delapan musim terakhir.

Bayern Muenchen dan RB Leipzig akan saling berhadapan pada Minggu (6/12) pukul 00:30 WIB. Pertandingan tersebut, seluruh pertandingan Bundesliga 2020/21, serta tayangan ulang dan highlights pertandingannya, dapat Anda saksikan di Mola TV (klik di sini).

Komentar