Tammy Abraham yang Dipaksa Jalani Peran Lain Bersama Chelsea

Analisis

by Hendi Abdurahman

Hendi Abdurahman

Pandit Football Indonesia mengkhususkan pada analisis pertandingan sepakbola, statistik dan liga, juga sejarah perkembangan sepakbola dan evolusi taktiknya

Tammy Abraham yang Dipaksa Jalani Peran Lain Bersama Chelsea

Chelsea pelan-pelan menjawab keraguan sekelompok suporter yang menyangsikan performa mereka di awal musim. Kepercayaan diri skuad arahan Frank Lampard tengah membumbung lantaran meraih empat kemenangan beruntun, secara meyakinkan pula, di lintas kompetisi. Tammy Abraham, penyerang muda bertalenta The Blues, ikut ambil bagian dalam melonjaknya penampilan tim asal London Barat itu.

Usai ditahan imbang Manchester United pada pekan keenam Premier League, Chelsea menggila dengan melibas Krasnodar (0-4), Burnley (0-3), Rennes (3-0), dan Sheffield United (4-1). Mencetak 14 gol dan hanya kebobolan satu kali cukup untuk membuktikan bahwa permainan Chelsea mengalami peningkatan. Dari empat laga tersebut, Tammy Abraham selalu terlibat dalam proses terjadinya gol.

Melawan Burnley di ajang Liga Inggris, Abraham menorehkan satu asis untuk gol yang dicetak Hakim Ziyech. Selanjutnya kala menghadapi Sheffield United, giliran ia yang membikin gol, memanfaatkan umpan Mateo Kovacic.

Sementara itu di perhelatan Liga Champions melawan Krasnodar, Abraham juga memberikan satu asis bagi gol Christian Pulisic. Pun, ia melengkapi kemenangan 3-0 atas Rennes lewat golnya pada menit 50.

Link streaming pertandingan Premier League: Newcastle United vs Chelsea

Atas performanya itu, eks pemain Chelsea, Joe Cole, memujinya. Ia menuturkan bahwa penampilan Tammy Abraham, khususnya setelah laga melawan Rennes, bakal membuat Lampard kebingungan.

“Ini masalah besar bagi Frank Lampard. Semua pemain depan mencetak gol dan gelandang mampu menguasai bola. Dan, Tammy Abraham memberi Lampard sesuatu untuk dipikirkan,” kata Joe Cole kepada BT Sport.

“Dia terus bekerja keras dan pergerakannya amat bagus. Dia tidak tercatat di papan pencetak gol pada babak pertama, tetapi golnya di babak kedua cukup bagus. Jika Anda merancang tim untuk meraih kemenangan di kompetisi ini [Liga Champions], memang sudah seharusnya Anda mengatasi Rennes dengan mudah,” tambah Cole.

Martin Laurence, Pemimpin Redaksi Whoscored, menuliskan analisis seorang Tammy Abraham dalam kolomnya di The Guardian. Menurutnya, performa Abraham mulai membuat Lampard kembali menaruh kepercayaan. Padahal di akhir musim lalu, posisi Abraham kerap digantikan Olivier Giroud.

Hal ini pun membuat Lampard mulai sering memainkan Timo Werner di posisi penyerang sayap kiri dalam skema 4-3-3. Sebelumnya, Lampard kerap memasang Werner di posisi striker tunggal dalam formasi 4-2-3-1 dan memaksa Tammy Abraham hadir sebagai pemain pengganti.

Secara statistik, peningkatan Abraham dalam keterlibatannya pada permainan terlihat dari jumlah operan yang mencapai 75,6 persen dan, menurut Martin Laurence, menjadi yang terbaik dalam kariernya sejauh ini. Lain itu, ia juga tak hanya fokus pada gol. Namun, kerja samanya dengan para pemain anyar seperti Hakim Ziyech dan Kai Havertz mulai terjalin dengan baik.

Secara keseluruhan, dalam 12 laga di berbagai ajang musim ini, Abraham telah menorehkan lima asis. Padahal musim lalu, dari 47 pertandingan, Abraham hanya mencetak enam asis saja. Untuk itu, perkembangan tersebut bisa sangat menguntungkan Chelsea untuk terus berada di jalur persaingan papan atas Premier League atau Liga Champions.

“Dia dihargai atas ketidak-egoisannya dan kesediaannya menjadi pemain yang terlibat untuk kepentingan tim, dan untuk alasan itu, dia masih memiliki masa depan yang besar di Stamford Bridge,” tulis Martin Laurence.

“Timo Werner mungkin akan memimpin di lini depan, tapi jika Abraham mampu mempertahankan performa terbarunya, dia akan mendapatkan menit bermain lebih banyak dari yang diharapkan,” tandasnya.

Melawan Newcastle pada pekan kesembilan Liga Inggris, Sabtu (21/11/2020) pukul 19:30 WIB, peran Tammy Abraham diperkirakan bakal kembali diandalkan Chelsea untuk mempertahankan performa impresif. Sebagai penyerang, kini ia tak hanya bisa berkontribusi lewat gol, lebih dari itu, keterlibatannya dalam permainan jauh lebih penting guna mendongkrak posisi The Blues, untuk setidaknya meramaikan zona empat besar Liga Inggris sampai akhir tahun.

Tayangan langsung semua pertandingan Premier League 2020/21, serta tayangan ulang dan highlights pertandingannya, dapat Anda saksikan di Mola TV (klik di sini).

Komentar