Prediksi Skuat Starter XI Indonesia vs Malaysia

Analisis

by Abrar Firdiansyah

Abrar Firdiansyah

Pandit Football Indonesia mengkhususkan pada analisis pertandingan sepakbola, statistik dan liga, juga sejarah perkembangan sepakbola dan evolusi taktiknya

Prediksi Skuat Starter XI Indonesia vs Malaysia

Timnas Indonesia bakal memulai perjalanannya pasca sanksi dari FIFA. Timnas Malaysia didapuk menjadi lawan timnas Indonesia dalam laga perdana yang bakal digelar di Stadion Manahan, Solo, Selasa (6/9) malam WIB.

Meski persiapan timnas terbilang pendek, namun Alfred Riedl selaku pelatih timnas tetap menargetkan hasil maksimal. Dalam beberapa wawancara, Riedl berharap pemain yang ia turunkan di laga ini bisa tampil mengejutkan seperti hal-nya timnas Indonesia di Piala AFF 2010.

Soal taktik yang bakal diterapkan, Riedl tak berbicara panjang lebar. Dalam beberapa wawancara, ia hanya mau membocorkan nama-nama yang bakal mengisi lini depan timnas. “Tiga pemain yang hampir pasti kami turunkan adalah Boaz, Irfan, dan Zulham Zamrun. Boaz dan Irfan akan bermain sejak menit awal. Selebihnya adalah rahasia kami,” ucap pelatih asal Austria tersebut.

Berbeda dengan Riedl, asisten-nya, Hans Peter Scheller, justru lebih terbuka. Scheller berkata bahwa tim pelatih bakal memainkan formasi 4-4-2. “Mungkin kami akan bermain dengan formasi 4-4-2,” ujar Scheller.

Berikut prediksi susunan pemain dari kami jika formasi 4-4-2 bakal digunakan oleh Riedl sejak menit pertama dalam laga ini.

Penjaga gawang

Andritany Ardhiyasa kami prediksi bakal menjadi penjaga gawang utama di laga ini. Hal tersebut sepertinya bakal terjadi mengingat absennya Kurnia Meiga Hermansyah di laga ini karena cedera. Absennya Kurnia Meiga membuat ia batal tampil dan terpaksa timnas memanggil Teguh Amiruddin.

Bek Kanan

Dari delapan pemain belakang yang dipanggil untuk laga ini, Beny Wahyudi menjadi satu-satunya bek yang bermain di posisi bek sayap kanan. Selain Beny, nama Rudolof Yanto Basna sebenarnya juga mampu dimainkan di posisi bek sayap kanan, namun melihat buruknya Yanto kala menjadi seorang bek sayap, nama Beny dimungkinkan dipasang sebagai pemain inti di sisi kanan.

Bek Tengah

Lima pemain dipanggil oleh Riedl untuk mengisi posisi bek tengah, diantaranya adalah Indra Kahfi Ardhiyasa, Hansamu Yama Pranata, Dedi Gusmawan, Rodolof Yanto Basna, dan Fachrudin Aryanto. Dua nama terakhir kami favoritkan bakal mengisi pos bek tengah di timnas kali ini. Basna kami pilih karena ia mampu menjaga gawang Persib dari kebobolan dalam tiga laga terakhir. Sementara Fachrudin kami pilih karena ia menjadi sosok kunci yang menjadikan Sriwijaya FC kesebelasan paling sedikit kebobolan kedua di ISC kali ini.

Bek Kiri

Sebenarnya masih banyak bek lain yang memiliki kompetensi yang lebih baik untuk mengisi pos bek kiri timnas. Dari dua nama yang masuk daftar pemain timnas, kami lebih menjagokan Abduh Lestaluhu. Pengalaman bermain di timnas level junior, kami rasa membuatnya bakal dipilih oleh Riedl.

Gelandang Kanan

Zulham Zamrun menjadi nama yang kami rasa pantas bermain di posisi ini. Meski penampilannya sedikit menurun usai mengalami cedera parah, namun kualitasnya tetap di atas rata-rata gelandang sayap lain di ISC. Keuntungan lain yang membuat dia bakal menjadi pemain inti: pernah bermain di timnas sebelumnya.

Gelandang Tengah

Evan Dimas Darmono dan Bayu Pradana Andriatmo bakal menjadi duet sempurna untuk timnas. Faktor utamanya adalah karena keduanya memiliki peran berbeda di lapangan. Evan dikenal sebagai playmaker paling menjanjikan Indonesia saat ini. Sementara Bayu mampu tampil lugas sebagai perusak serangan lawan. Jika kedua pemain ini buntu tidak ada salahnya Riedl memainkan Ichsan Kurniawan yang sejauh ini tampil baik sebagai box to box di Sriwijaya FC.

Gelandang Kiri

Septian David Maulana, Irsyad Maulana, dan Andik Vermansah menjadi beberapa nama yang dimasukkan Riedl untuk mengisi gelandang sayap sebelah kiri. Jika melihat pengalaman, nama Andik tampaknya bakal dimainkan. Tapi, jika Riedl menginginkan kejutan, tidak ada salahnya David dan Irsyad dimainkan.

Penyerang

Pemanggilan Lerby menjadi salah satu keputusan Riedl yang kami dukung. Selain memiliki postur yang cukup baik sebagai seorang penyerang, ia juga memiliki kemampuan mengeksekusi tendangan bebas yang bakal menjadi keuntungan tim. Namun, melihat daftar nama, Irfan Haarys Bachdim dan Boaz Solossa kemungkinan besar bakal dimainkan.

***

Susunan nama di atas adalah prediksi kami. Namun semuanya dapat berubah jika Riedl ingin mengubah formasi dari 4-4-2 ke formasi lain.

Komentar