Lima Pemain Timnas Indonesia Termahal 2018

Advetorial

by redaksi

Lima Pemain Timnas Indonesia Termahal 2018

Nilai jual seorang pesebakbola akan melonjak jika pesebakbola tersebut memiliki manuver menggiring bola dengan teknik permainan yang apik, serta gol-gol yang indah saat membela klub maupun tim nasional negaranya.

Kualitas pemain yang mumpuni membuat klub-klub sepakbola berani membayar dengan harga yang fantastis untuk memiliki pesepakbola terbaik. Tidak hanya di luar negeri saja, ternyata Indonesia juga berani membeli pemain-pemain terbaik dengan harga yang sangat mahal, bahkan sampai menembus angka miliran rupiah.

Saking mahalnya harga transfer pemain di Indonesia, situs Transfermarkt sampai membuat list pesepakbola Indonesia dengan harga termahal di tahun 2018. Berikut ini adalah daftar 5 pemain Timnas Indonesia termahal.

Stefano Lilipaly

Menurut situs Transfermarkt, Lilipaly menjadi pemain Indonesia termahal saat ini. Gelandang Timnas Indonesia berdarah Indo-Belanda memiliki nilai bursa transfer sebesar 400 ribu euro atau setara dengan Rp6,6 miliar.

Pemain yang pernah aktif di Liga Belanda ini telah bergabung dengan Bali United sejak 2017. Harga yang ditawarkan untuk Lilipaly sepadan dengan permainan sepakbolanya yang apik. Lilipaly mampu membawa Bali United mengalahkan Pesut Etam dengan skor 3-2 dan membuat trigol untuk Bali United dalam laga Grup D Piala Presiden melawan Borneo.

Pemain berusia 28 tahun ini membuat pelatih Timnas U23, Luis Milla, tertarik, sehingga Lilipaly diminta untuk bergabung dengan skuat Garuda. Lilipaly juga merupakan anak emas dari Bali United, sehingga dipercaya untuk bermain di ajang bergengsi, Liga Champions Asia.

Boaz Solossa

Mendengar namanya tentu sudah tidak asing lagi bagi masyarakat Indonesia. Boaz Solossa merupakan pesepakbola senior bagi Timnas Indonesia dan klub Persipura Jayapura dalam beberapa tahun terakhir.

Dari sumber yang sama, Boaz dibanderol dengan harga 350 ribu euro atau setara Rp5,7 miliar, sehingga membuat Boaz masuk dalam daftar pesepakbola Indonesia termahal peringkat kedua setelah Lilipaly.

Harga yang dibanderol tentu worth it dengan segudang pengalaman pemain berusia 31 tahun tersebut dan teknik mumpuni bermain bola yang dimiliki oleh penyerang asal Sorong, Papua ini.

Sergio van Dijk

Di peringkat ketiga diduduki oleh Sergio van Dijk sebagai pemain sepakbola termahal di Indonesia. Penyerang naturalisasi Indonesia ini dibanderol dengan harga 250 ribu euro atau setara dengan harga 3,1 miliar rupiah.

Pada saat memperkuat klub Persib Bandung, Van Dijk mengalami cedera yang sangat serius sehingga membuatnya harus absen dalam jangka waktu yang cukup lama. Meski Van Dijk mengalami cedera, tapi klub-klub luar negeri masih mengincarnya.

Ilija Spasojevic

Menurut Transfermarkt, Spaso dibanderol dengan harga Rp3,2 miliar. Spaso sebelumnya bermain untuk Bhayangkara FC, kemudian berpindah ke Bali United pada kompetisi Liga 1 musim baru. Ia juga menjadi salah satu pemain yang berperan penting bagi Bali United di ajang Liga Champions Asia meski Bali United harus gigit jari karena ditaklukkan oleh Chiangrai United, klub asal Negeri Gajah.

Meski kalah, Spaso bermain dengan sangat ciamik saat melawan Chiangrai. Spaso mampu menjebret gawang lawan dengan gol yang sangat indah. Spaso juga dipercaya oleh Bali United untuk tetap berlaga dan menjadi pemain andalan di ajang bergensi seperti Piala Presiden, Liga Indonesia, dan Piala AFC.

Setelah berpindah berkewarganegaraan dari Montonegero menjadi WNI, Spaso diminta untuk memperkuat Timnas Indonesia. Debut pertamanya dengan tim Garuda Merah Putih adalah saat uji coba melawan Suriah pada tahun 2017. Spaso juga menyumbangkan dua gol perdananya di skuat Garuda saat melawan Guayana.

Victor Igbonefo

Peringkat terakhir dalam deratan lima besar pemain Indonesia termahal saat ini jatuh pada Victor Igbanefo. Sebelum debutnya di Indonesia, Igbonefo bermain di klub Nakhon Ratchasima asal Thailand.

Setelah dinaturilasi, Victor bergabung dengan Persib Bandung untuk menjadi bek dan digadang-gadangkan menjadi pemain belakang terbaik di Indonesia. Menurut Transfermarkt, Igbonefo dibanderol dengan harga sebesar 100 ribu euro atau setara Rp3,2 miliar.

Bek kelahiran Nigeria ini juga dipercaya untuk memperkuat tim skuat Garuda. Luis Milla memberikan mandat kepada Igbofebo saat tim Merah Putih melawan Islandia dalam laga persahabatan.

***

Meski data pada Transfermarkt bisa memberitakan jika pemain-pemain di atas menjadi pemain termahal di Indonesia, sebenarnya Transfermarkt tidak punya formula atau algoritma khusus untuk menentukan harga pemain. Mereka melakukan valuasi hanya berdasarkan perkiraan. Baca selengkapnya di sini.

Komentar