On This Day 1984, Janita Utama Bogor Rengkuh Juara Galatama

Backpass

by redaksi

On This Day 1984, Janita Utama Bogor Rengkuh Juara Galatama

Tanggal 20 Mei 1984, 30 tahun lalu, Janita Utama Bogor berhasil menjuarai Galatama IV/1983-1984 setelah dalam babak final mengalahkan Mercu Buana Medan 1-0 di Stadion Utama, Senayan, Jakarta. Gol tunggal klub yang baru pertama kali mengikuti kompetisi Galatama itu dicetak Bujang Nasril pada menit ke-25.

Jika ditelusuri sejarahnya, Janita Utama Bogor adalah Jaka Utama Bogor. Jaka Utama Bogor itu sendiri merupakan klub yang pada awalnya berada di Provinsi Lampung dengan nama Jaka Utama Lampung. Jaka Utama Lampung tercatat sebagai perintis Galatama.

Sebelumnya, peresmian nama klub dari Jaka Utama Bogor menjadi Janita Utama Bogor diresmikan dalam sebuah turnamen Janita Utama Cup 1983.

Sebagai klub “baru”, Janita Utama Bogor asuhan Abdul Kadir dan Sofyan Hadi (asisten pelatih) sempat merekrut para bintang sepak bola nasional, seperti Herry Kiswanto (Pardedetex Medan) serta Joko Malis dan Riono Asnan dari NIAC Mitra Surabaya.

Sayang, seperti halnya Jaka Utama, Janita Utama pun kolaps pada 1985. Klub ini pun kiprahnya dilanjutkan oleh Kramayudha Tiga Berlian Palembang yang akhirnya mati juga pada 1991.

sumber : novan media research.

sumber foto : indonesianfootball.jimdo.com

[NMR]

Komentar