Achsanul Qosasi dan Jejaring Sponsor Madura United dalam Kasus Korupsi BTS

Nasional

by Arienal A Prasetyo

Arienal A Prasetyo

Pandit Football Indonesia mengkhususkan pada analisis pertandingan sepakbola, statistik dan liga, juga sejarah perkembangan sepakbola dan evolusi taktiknya

Achsanul Qosasi dan Jejaring Sponsor Madura United dalam Kasus Korupsi BTS

Presiden Madura United FC sekaligus anggota III Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) RI Achsanul Qosasi ditetapkan sebagai tersangka dalam kasus korupsi menara BTS Kominfo, Jumat (3/11).

Dirdik Jampidsus Kejagung, Kuntadi, mengatakan Achsanul diduga menerima uang sejumlah Rp40 Miliar.

Nama Achsanul pertama kali muncul dalam kasus korupsi menara BTS saat Jaksa Penuntut Umum (JPU) membacakan percakapan Anang Achmad Latif, Direktur Utama Badan Aksesibilitas Telekomunikasi dan Informasi (BAKTI) Kominfo dengan Irwan Hermawan, Komisaris PT Solitech Media Sinergy, pada persidangan yang digelar pada 23 Oktober silam.

JPU membacakan percakapan di WhatsApp itu untuk menggali sosok Achsanul lewat Galumbang Menak Simanjuntak, Dirut PT Mora Telematika Indonesia (Moratelindo) yang sudah ditetapkan sebagai tersangka.

Setelah namanya disebut dalam persidangan, Achsanul menyatakan bahwa dialah yang mengaudit proyek tersebut.

"Terkait dengan fakta persidangan di mana ada yang menyebutkan chat WA di antara mereka yang menyebut inisial nama saya. Saya bisa sampaikan bahwa memang yang memeriksa dan mengaudit proyek tersebut adalah saya selaku AKN III BPK RI," kata Achsanul dilansir dari BBC Indonesia.

Adanya aliran dana kepada BPK ini terkuak pada 26 September, saat saksi kunci persidangan, Windi Purnama yang juga menjabat sebagai Direktur PT Multimedia Berdikari Sejahtera, mengaku menyerahkan uang sebesar Rp40 Miliar kepada Sadikin Rusli sebagai perwakilan pihak BPK.

Dengan melacak sosok Sadikin Rusli inilah kaitan antara jejaring sponsor Madura United dengan kasus korupsi BTS akan saling terhubung.

Sadikin disebut-sebut mempunyai bisnis pengolahan kayu bernama PT Sono Cipta Abadi. Ia juga merupakan adik dari Halim Rusli, pendiri sekaligus CEO Integra Indocabinet, sebuah perusahaan yang bergerak di bidang manufaktur kayu.

Integra group memiliki unit bisnis bernama Integriya Dekorindo, yang mempunyai lifestyle store bernama KANA.

Di jersei Madura United musim 2023/2024, KANA merupakan sponsor yang terpampang di bagian depan.

Sponsor lain yang terpampang di jersei Madura United adalah Oxygen, yang terpampang di bagian belakang jersei, di atas nama pemain.

Oxygen adalah sebuah perusahaan penyedia koneksi internet yang diluncurkan oleh PT Mora Telematika Indonesia (Moratelindo), di mana Galumbang Menak menjadi Dirut-nya dan mengundurkan diri setelah ditetapkan menjadi tersangka pada Januari 2023 silam.

Selain itu, Achsanul juga merupakan Presiden Kelompok Usaha Produktif (KUP) Pojur, yang juga merupakan sponsor tim berjuluk Laskar Sape Kerrab tersebut.

Komentar