Profil Indonesia U-23: Pamor Juara SEA Games dan Persiapan Kualifikasi Piala Asia

Analisis

by Arienal A Prasetyo

Arienal A Prasetyo

Pandit Football Indonesia mengkhususkan pada analisis pertandingan sepakbola, statistik dan liga, juga sejarah perkembangan sepakbola dan evolusi taktiknya

Profil Indonesia U-23: Pamor Juara SEA Games dan Persiapan Kualifikasi Piala Asia

Sebagai juara SEA Games 2023, Indonesia menjadi salah satu negara yang diunggulkan dalam Piala AFF U-23 2023. Shin Tae-yong membawa 23 pemain di mana banyak di antara mereka yang menjadi tulang punggung Garuda Muda saat membawa medali emas SEA Games.

Bagi Shin, Piala AFF U-23 ini sekaligus sebagai ajang pemanasan sebelum berlaga di Kualifikasi Piala Asia U-23 2024 yang akan berlangsung di Solo pada 9 dan 12 September.

Dengan diwajibkannya klub Liga 1 untuk memainkan satu pemain U-23 minimal 45 menit, pelatih asal Korea Selatan itu pun tidak terlalu kesulitan dalam memilih pemain, terlebih ia sudah pernah menangani timnas U-20 dan U-23.

Namun demikian, terdapat persoalan dalam proses pemanggilan pemain ini. Pelatih Persija Jakarta Thomas Doll dan pelatih PSM Makassar Bernardo Tavares menolak pemanggilan satu pemainnya, yakni Rizki Ridho untuk Persija dan M Dzaky Asraf untuk PSM.

Penolakan kedua pemain itu berasalan, lantaran Piala AFF U-23 tidak berbarengan dengan agenda FIFA Matchday yang membuat klub berhak untuk tidak melepas pemainnya. Rizky dan Dzaky akhirnya memang tidak dibawa ke Thailand.

Pada 18 Agustus, Indonesia akan menghadapi musuh bebuyutuan Malaysia, serta pada tanggal 20 akan menghadapi Timor Leste. Kemenangan di laga perdana akan mempermudah langkah Sananta dan kawan-kawan untuk menjadi juara grup dan lolos ke babak semifinal.

Skuad Indonesia U-23

Kiper: Ernando Ari, Daffa Fasya, Nuri Agus

Bek: Kadek Arel, M Kanu, Komang Teguh, Amiruddin Bagas, Haykal Alhafiz, M Ferarri, Alfeandra Dewangga, Frengky Missa,

Gelandang: Arkhan Fikri, Beckham Putra, Robi Darwis, Rifky Dwi, Esal Sahrul

Penyerang: Ramadhan Sananta, Abdul Rahman, M Ragil, Irfan Jauhari, Salim Akbar, Jeam Kelly Sroyer, Titan Agung

Ikuti terus perkembangan dan nikmati konten eksklusif dari turnamen sepakbola terbesar di Asia Tenggara di akun resmi sosial media Piala AFF, @affmitsubishielectriccup dan @affu23championshipofficial.

Komentar