Profil Vietnam U-23: Beri Kesempatan Pemain Muda Untuk Fondasi Timnas Senior

Analisis

by Arienal A Prasetyo

Arienal A Prasetyo

Pandit Football Indonesia mengkhususkan pada analisis pertandingan sepakbola, statistik dan liga, juga sejarah perkembangan sepakbola dan evolusi taktiknya

Profil Vietnam U-23: Beri Kesempatan Pemain Muda Untuk Fondasi Timnas Senior

Sama seperti negara lainnya, Vietnam pun sedang mempersiapkan diri untuk menghadapi Kualifikasi Piala Asia U-23 pada September mendatang dan juga Asian Games. Maka dari itu, Vietnam membagi dua tim U-23 nya.

Hoang Anh Tuan menjadi juru taktik Vietnam U-23 di Piala AFF U-23 kali ini. Meski tidak membawa skuad terbaiknya, Vietnam masih menjadi unggulan wakil grup C yang akan lolos ke babak semifinal sebagai juara grup. Sedangkan tim U-23 utama Vietnam diasuh oleh Philippe Troussier, yang juga melatih tim senior.

Hoang tidak begitu saja lepas dari Troussier. Hoang mengaku tugasnya adalah membantu Troussier untuk menciptakan pemain timnas sesuai dengan keinginannya.

"Kami memiliki kesamaan, dengan tugas menciptakan sekelompok pemain yang cocok untuk timnas. Gaya permainan Troussier adalah penguasaan bola dan menyerang. Misi kami adalah membentuk pemain yang cepat dan terampil, yang merupakan cara bermain yang bagus. Kesamaannya adalah bagaimana tim dibangun," kata Hoang dikutip dari TheThao.

Hoang punya waktu yang cukup panjang untuk mempersiapkan timnya. Mereka sudah berkumpul di pusat pelatihan timnas Vietnam sejak 29 Juli lalu. Pada Senin (14/8/2023), tim pun sudah bertolak ke Thailand dan pada Selasa (15/8/2023) langsung menggelar pertandingan uji coba melawan Bahrain U-23.

Dari 26 nama yang dibawa Hoan, hanya tujuh pemain yang lahir di tahun 2001-2002, selebihnya adalah pemain yang lahir 2003 hingga 2006. Ini menunjukkan bahwa Vietnam ingin memberikan jam terbang internasional kepada banyak pemainnya untuk membentuk fondasi timnas di masa mendatang.

Di sisi lain, persiapan timnas U-23 di ajang-ajang selanjutnya tidak akan terganggu lantaran V League 1 musim 2023 akan berakhir pada 27 Agustus mendatang.

Skuad Vietnam U-23

Kiper: Tran Trung Kien, Nguyen Van Viet, Quan Van Chuan.

Bek: Le Nguyen Hoang, Nguyen Manh Hung, Nguyen Huu Tuan, Tran Nam Hai, Nguyen Hong Phuc, Nguyen Ngoc Thang, Le Van Ha, Luong Duy Cuong, Nguyen Minh Quang.

Gelandang: Le Dinh Long Vu, Nguyen Danh Duong, Thai Ba Dat, Nguyen Duc Viet, Dinh Xuan Tien, Nguyen Van Truong, Nguyen Phi Hoang, Vo Hoang Minh Khoa.

Penyerang: Nguyen Quoc Viet, Khuat Van Khang, Bui Vi Hao, Tran Ngoc Son, Pham Dinh Huy, Vu Minh Hieu.

Ikuti terus perkembangan dan nikmati konten eksklusif dari turnamen sepakbola terbesar di Asia Tenggara di akun resmi sosial media Piala AFF, @affmitsubishielectriccup dan @affu23championshipofficial.

Komentar