Profil Laos U-23 : Misi Berkelit di Grup Sulit

Analisis

by Bayu Aji Sidiq Pramono

Bayu Aji Sidiq Pramono

Pandit Football Indonesia mengkhususkan pada analisis pertandingan sepakbola, statistik dan liga, juga sejarah perkembangan sepakbola dan evolusi taktiknya

Profil Laos U-23 : Misi Berkelit di Grup Sulit

Piala AFF U-23 tahun 2023 akan dihelat di Thailand pada tanggal 17-26 Agustus tahun 2023. Laos tergabung di grup C bersama Filipina dan Vietnam. Dua tim tersebut sedang mengalami peningkatan performa yang pesat, terutama ketika bermain di tingkat Asia Tenggara. Oleh karena itu, Laos diperkirakan akan menjadi tim paling lemah di grup tersebut.

Meski demikian, Laos ternyata cukup serius untuk mampu bersaing dalam AFF U-23 ini. Mereka tidak hanya mengumpulkan para pemain lokal terbaik, tapi juga memanggil pemain keturunan asal Prancis, Victor Ngovinassack. Tujuan pemanggilan Victor tentu untuk memperkuat tim besutan Gugliermo Arena. Kebijakan ini juga sebagai salah satu cara untuk menambal tim yang berpotensi tidak diperkuat pemain lokal terbaik karena mereka masih harus berkompetisi di liga domestik.

Victor Ngovinnasack merupakan pemain berusia 22 tahun keturunan Prancis. Ia berposisi sebagai bek sayap, bisa bermain di sektor kiri atau kanan. Saat ini, Victor membela klub yang bermain di kasta kelima sepakbola Prancis yaitu Is-Selongey Football. Sebelumnya, ia juga pernah memperkuat JA Drancy (Tim B) dan klub sepakbola Universitas Brescia. Berdasarkan profil tersebut, jelas Victor diperkirakan punya warna baru yang berpotensi menjadi daya kejut tim nasional Laos. Bagi Victor, AFF U-23 bukan merupakan kompetisi pertamanya bersama tim berjuluk Thimsad tersebut. Sebelumnya, Victor telah bermain di Sea Games 2023.

Dari sisi persiapan tim, menurut laporan Soha.vn tim nasional Laos telah memulai latihan sejak akhir bulan Juli lalu. Saat ini, bahkan mereka sedang dalam perjalanan untuk melanjutkan pemusatan latihan di Thailand. Oleh karena itu, meski tidak diunggulkan, potensi Laos mengejutkan grup C terbuka lebar.

Lawan pertama Laos adalah Filipina. Mereka akan berhadapan pada 18 Agustus. Setelah itu Laos akan menghadapi sang juara bertahan, Vietnam. Mengingat Laos hanya akan melakoni dua pertandingan saja, oleh karena itu setiap pertandingan merupakan pertandingan final jika mereka ingin melangkah lebih jauh pada gelaran AFF U23 kali ini.

Skuad Laos U-23 di Piala AFF U-23*

Kiper : Seemphanone Sengsavang, Keo-Oudane Souvannasangso, Xaysavath Souvanhnasok

Bek : Phetdavanh Somsanid, Intachuk Sisouphan, Kaharn Phetsivilay, Nalongsit Chanthalangsy, Phottkavong Sangvilay, At Viengkham, Thanouthong Kietnalonglop

Tengah : Chantavixay Khounthoumphone, Phoutthasay Khochalern, Anantaza Siphongphan, Damoth Thongkamsavath, Khonesavanh Keonuchanh, Vongphachanh Phoutthavong, Phithack Kongmathilath, Kouaycheng Noophackde, Thongsanai Pinnalone

Penyerang : Chony Wenpaserth, Phathana Phommathep, Sinnakone Koumanykham, Visith Bounpaserth, Ekkamal Ratxachak

*Data berdasarkan Transfermarkt per 12 Agustus. Skuad resmi belum dirilis.

Ikuti terus perkembangan dan nikmati konten eksklusif dari turnamen sepakbola terbesar di Asia Tenggara di akun resmi sosial media Piala AFF, @affmitsubishielectriccup dan @affu23championshipofficial.

Komentar