Cara Bermain Fantasy Premier League (FPL) Musim 2023/2024

Fantasy Premier League

by Pandit Fantasy Premier League

Pandit Fantasy Premier League

Scout dari Pandit Football Indonesia untuk Fantasy Premier League. Good luck, FPL managers. Salam panah hijau!

Cara Bermain Fantasy Premier League (FPL) Musim 2023/2024

Jika anda tergolong manusia yang suka tantangan, pemburu adrenalin, dan mengaku paham bola banget, maka Fantasy Premier League adalah game paling cocok untuk anda. Fantasy Premier League (FPL) merupakan game fantasy resmi dari Premier League yang mengajak para penonton untuk lebih banyak terlibat dalam permainan. Meski ada kata “fantasy” tapi keseruan nya tetap nyata. Bagi anda yang masih awam dengan game fantasy sepakbola terbaik di dunia, jangan khawatir, kami akan menjelaskan cara bermain dan peraturan. Silakan baca dengan seksama.

Sekilas Tentang FPL

Fantasy Premier League merupakan permainan yang memproyeksikan kenyataan ke dalam permainan. Dalam hal ini, kenyataan yang dimaksud adalah hasil pertandingan di Liga Inggris. Tujuan dari FPL adalah menyusun tim yang mampu mengumpulkan poin sebanyak mungkin dalam 38 pekan pertandingan Liga Inggris. Perolehan poin dihitung berdasarkan performa pemain di tim anda, apakah mencetak gol, asis, kartu kuning, dan sebagainya.

Untuk mengukur se-jago apa anda dalam bermain FPL, anda bisa bergabung dengan berbagai macam liga, baik yang berhadiah maupun tidak. Setiap akhir pekan pertandingan, akumulasi poin yang diperoleh pemain di tim anda akan diurutkan dengan pemain lain di setiap liga yang anda ikuti. Lalu, poin yang diperoleh setiap pekan pertandingan akan dijumlahkan di akhir musim yang menunjukan peringkat akhir tim masing-masing. Informasi mengenai liga-liga tersebut dapat dengan mudah anda dapatkan di media sosial. Saran kami, ikuti sebanyak-banyak nya liga agar adrenalin semakin terpacu sekaligus memperlebar peluang mendapatkan hadiah.

Menarik bukan?

Sekarang mari kita bahas cara bermain dan aturan main lebih detail.

Cara Bermain

Setelah melewati proses registrasi di situs resminya di fantasy.premierleague.com atau aplikasi mobile, anda langsung diminta untuk menyusun tim dengan anggaran sebesar 100 juta paun. Tim ini berjumlah 15 orang termasuk cadangan, yang terdiri dari 2 kiper, 5 bek, 5 gelandang, dan 3 penyerang. Seluruh skuad tak boleh bernilai lebih dari 100 paun, berdasarkan harga yang tertera di sana. Anda hanya bisa mengambil 3 pemain dari 1 kesebelasan yang sama.

Setelah tim terbentuk, langkah selanjutnya adalah memilih 11 pemain utama dan empat pemain sisanya jadi cadangan. Hanya pemain utama yang akan memperoleh poin dari aksinya. Sedangkan cadangan berfungsi menggantikan otomatis jika starter yang dipilih tadi tak bermain di aksi nyata, sesuai dengan posisinya. Urutan pemain cadangan (dari kiri ke kanan, kecuali kiper cadangan) akan menentukan siapa cadangan yang bermain dahulu ketika ada starter kalian yang tidak bermain.

Setelah itu, anda juga harus memilih seorang captain dan seorang vice captain dari 11 pemain yang dipasang. Siapapun captain yang dipilih, poin nya akan dikali dua. Sementara vice captain berperan sebagai wakil captain. Artinya, jika capain yang anda pilih tidak bermain sama sekali (menit bermain = 0), maka poin vice captain yang akan dikali dua.

Maka dari itu, pemilihan captain setiap gameweek sangat amat penting. Kami ulangi, sangat amat penting. Mengapa demikian? karena captain yang memiliki potensi terbesar meraup poin terbanyak. Jika salah pilih captain, kemungkinan besar poin anda akan tertinggal dari mayoritas manajer lain.

Semua langkah di atas harus dilakukan sebelum tenggat waktu setiap pekannya (gameweek) yakni satu jam jelang sepak mula (kick-off) pertandingan paling awal pada gameweek tersebut. Namun untuk skuat yang berjumlah 15 orang bersifat tetap dan hanya bisa dilakukan pergantian melalui proses transfer pemain.

Transfer Pemain

Transfer ini hanya bisa dilakukan sekali setiap pekannya atau dua kali setiap dua pekan (jika pekan ini tak melakukan transfer, pekan depan bisa melakukan dua transfer); tapi tak bisa diakumulasi lebih dari itu (tak bisa melakukan tiga transfer). Jika melakukan transfer lebih dari jatah, maka total poin akan dikurangi 4, berlaku kelipatan. Harga pemain juga akan terus berubah berdasarkan performanya di lapangan

Sistem Penghitungan Poin

Seperti yang dijelaskan pada bagian sebelumnya, bagian terpenting dari FPL adalah mengumpulakan poin. Tapi, tidak semua aksi pemain memiliki poin, maka dari itu simak tabel di bawah ini :

Aksi di Lapangan

Poin

Main 0-60 menit

1

Main lebih dari 60 menit (tidak termasuk stoppage time)

2

Gol dicetak oleh kiper atau bek

6

Gol dicetak oleh gelandang

5

Gol dicetak oleh penyerang

4

Asis

3

Clean sheet untuk kiper dan bek

4

Clean sheet untuk gelandang

1

Setiap 3 penyelamatan untuk kiper

1

Setiap penyelamatan penalti untuk kiper

5

Penalti gagal

-2

Bonus poin untuk pemain terbaik*

1-3

Kartu kuning

-1

Kartu merah

-3

Gol bunuh diri

-2

* Bonus poin dihitung berdasarkan statistik lain yang tak tertera pada tabel di atas.

Chips

Untuk menambah poin, kalian dapat menggunakan chips yang tersedia. Namun karena hanya bisa dipakai secara terbatas, penggunaanya harus diperhitungkan secara matang.

Chips

Jatah

Efek

Bench Boost

1 kali per musim

Poin yang didapatkan oleh pemain cadangan di pekan selanjutnya akan dihitung.

Triple Captain

1 kali per musim

Jumlah poin yang didapatkan oleh kapten akan dikali 3 pada pekan selanjutnya.

Wildcard

1 kali per paruh musim

Bebas transfer tanpa biaya.

Free Hit

1 kali per musim

Bebas transfer tanpa biaya hanya pada pekan tersebut. Pekan berikutnya, tim anda akan kembali persis ketika free hit belum diaktifkan

Catatan : ketika mengaktifkan wildcard atau free hit, jatah free transfer yang disimpan (jika ada) akan hilang. Sehingga pada pekan berikutnya anda hanya memiliki satu jatah free transfer.

Bergabung atau Membuat Liga dan Hadiah

Setelah melalui proses-proses tadi maka langkah terakhir untuk bermain adalah bergabung ke liga yang ingin kalian ikuti. Pada dasarnya setiap manajer yang terdaftar otomatis sudah ikut ke beberapa liga di dalam Global League. Liga-liga tersebut adalah liga keseluruhan pemain FPL, berdasarkan negara peserta, kesebelasan favorit, pekan memulai main FPL, dan Fantasy Cup.

Di FPL ada juga Private League yang dapat kalian ikuti. Kalian dapat bergabung dengan komunitas-komunitas yang ada dengan cara meminta kode untuk bergabung. Pilihan lain juga bisa membuat liga sendiri dan mengundang teman kalian, jumlah peserta di setiap liga tidak terbatas.

Pengelola FPL menyediakan hadiah yang melimpah, mulai dari tiket menonton Liga Primer beserta akomodasi, permainan FIFA 22 beserta konsolnya, tablet komputer, dan sebagainya. Selain pemenang utama pada akhir musim, ada juga pemenang mingguan dan bulanan. Silakan cek situs FPL untuk mengetahui daftar hadiah lengkapnya.

Agar lebih menarik, kalian bisa menetapkan hadiah sendiri bersama komunitas yang diikuti pada Private League. Namun biasanya pada setiap komunitas besar selalu ada hadiah yang ditetapkan oleh penyelenggaranya.

Komentar