7 Laga Terakhir, Bayern-Dortmund Saling Kejar

Berita

by redaksi

7 Laga Terakhir, Bayern-Dortmund Saling Kejar

Kegagalan Bayern Muenchen meraih tiga poin pada pekan ke-27 Bundesliga 2018/19 membuat mereka kembali kehilangan puncak klasemen. Ketika mereka hanya mampu meraih imbang 1-1 saat menghadapi Freiburg, Sabtu (30/3), rival mereka, Borussia Dortmund, berhasil meraih kemenangan atas Wolfsburg (2-0).

Capaian Dortmund meraih tiga poin membuat mereka mengoleksi 63 poin dari 27 laga. Die Borussen unggul dua poin atas Bayern Muenchen. Keduanya menjadi kandidat kuat juara Bundesliga musim ini karena RB Leipzig yang berada di peringkat tiga terpaut 9 poin dari Bayern yang menempati peringkat kedua.

Dortmund sebenarnya lebih akrab dengan puncak klasemen pada musim ini. Dortmund sempat nyaman di puncak klasemen pada pekan ke-7 hingga ke-25 sebelum disalip Bayern pada dua pekan terakhir. Kesempatan Dortmund untuk mengakhiri hegemoni Bayern yang dalam enam musim terakhir menjuarai Bundesliga semakin terbuka.

Menariknya, Bayern dan Dortmund akan saling bertemu pada pekan ke-28 yang berlangsung pada 6 April mendatang. Bayern akan menjadi tuan rumah. Pada putaran pertama di markas Dortmund, tuan rumah berhasil menang dengan skor tipis 3-2. Dengan persaingan sengit dalam beberapa pertandingan terakhir, hasil akhir menjadi sulit diprediksi dan keduanya akan terus saling sikut hingga akhir musim.

Setelah keduanya bertemu, tinggal tersisa enam pertandingan. Dortmund masih akan menghadapi dua tim kuat, Borussia Moenchengladbach dan Werder Bremen. Sementara itu Bayern memiliki jadwal lebih sulit karena akan menghadapi tim-tim kuat macam Bremen, RB Leipzig dan Eintracht Frankfurt. Leipzig, Gladbach, Bremen, dan Frankfurt merupakan empat kesebelasan yang menempati peringkat tiga sampai enam klasemen sementara.

Tak seperti Dortmund, Bayern juga masih berlaga di DFB Pokal ketika Dortmund hanya tinggal menyisakan Bundesliga sebagai kompetisi yang mereka ikuti sampai akhir musim. DFB Pokal sendiri baru memasuki babak perempat final sehingga jika Bayern terus menang sampai mencapai babak final, mereka akan memiliki dua pertandingan tambahan di sela-sela jadwal Bundesliga.

CEO Dortmund, Hans-Joachim Watzke, mengatakan kemenangan atas Wolfsburg, meski susah payah, menjadi modal penting bagi timnya jelang menghadapi Bayern. Karena dengan kemenangan tersebut, Dortmund tengah dalam tren positif yakni kemenangan dalam tiga laga beruntun.

"Bagus buat kami mengakhiri laga seperti itu. Ini sebuah suntikan psikologis buat kami sebelum bertandang ke Munich sebagai pemuncak klasemen dan kami juga bisa melangkah lebih maju jika kami bisa menang di sana," kata Watzke pada laman resmi Dortmund.

Meski begitu, Bayern sendiri sebenarnya tak kalah siap jelang menghadapi Dortmund pada laga penting tersebut. Hasil imbang melawan Freiburg membuat mereka tak terkalahkan dalam tujuh laga terakhir Bundesliga. Terakhir kali mereka gagal mendulang poin di Bundesliga adalah ketika menghadapi Bayer Leverkusen awal Februari silam. Karenanya laga Sabtu (6/4) nanti menjadi laga yang menarik untuk dinantikan.

[ar]


Simak opini dan komentar redaksi Panditfootball terkait jadwal Liga 1 yang belum juga rilis di Kamar Ganti Pandit lewat video di bawah ini:



Komentar