[On This Day] 2001, Laga Terpanas Dortmund-Bayern Dalam Sejarah

Backpass

by redaksi

[On This Day] 2001, Laga Terpanas Dortmund-Bayern Dalam Sejarah

Pertandingan pada 7 April 2001 antara Borussia Dortmund melawan Bayern Muenchen menjadi yang terpanas dalam sejarah pertemuan keduanya. Dalam laga itu tercipta 14 kartu kuning serta tiga kartu merah.

Posisi di klasemen menjadi penyebab panasnya laga tersebut. Kala itu, Bayern selaku tim tamu berada di puncak klasemen dengan keunggulan satu angka di atas Dormund.

Bayern unggul cepat saat laga baru berjalan enam menit melalui gol Roque Santa Cruz. Tim tuan ruamh yang tak mau kalah di kandang dan demi menyalip Bayern mencoba membalas menyerang. Namun usaha mereka digagalkan tekel-tekel keras pemain Bayern.

Babak pertama berakhir 1-0 untuk keunggulan Bayern, namun mereka mendapatkan 6 kartu kuning buntut protes dan pertikaian dengan pemain lawan. Termasuk dua di antaranya untuk bek kiri Bixente Lizarazu yang diusir pada menit ke-35.

Unggul jumlah pemain membuat Dortmund leluasa menyerang dan akhirnya mampu menyamakan kedudukan pada menit ke 52 melalui gol Fredi Bobic.

Bayern yang kian emosi karena gol tersebut makin tak terkendali. Tiga menit berselang mereka harus bermain 9 orang saja karena kapten Stefan Effenberg menerima kartu merah langsung dari wasit Hartmut Strampe usai menyerang Evanilson.

Bukannya mampu mencetak gol lagi, tuan rumah malah harus mendapatkan kartu merah langsung pada menit ke-90. Bek kanan mereka, Evanilson harus diusir karena tekel kerasnya pada Paulo Sergio. Hasil 1-1 ini kemudian mengantarkan Bayern menjadi juara liga di akhir musim, sementara Dortmund malah harus finish di peringkat ketiga.

Total 10 kartu kuning dan 2 kartu merah diterima Bayern. Hanya Cruz seorang yang luput dari kartu peringatan. Sementara tuan rumah mengoleksi dua kartu kuning dan satu kartu merah di laga ini. Hujan kartu ini merupakan sejarah pertama yang terjadi di Bundesliga.

Daftar kartu kuning:
Dortmund: O. Addo, Oliseh (7.)
Bayern: Kuffour, Elber, Jeremies, T. Linke, Salihamidzic, Scholl, Kahn, Sagnol, Lizarazu (2 kartu kuning)

Daftar kartu merah:
Dortmund: Evanilson
Bayern: Lizarazu, Effenberg

Komentar