Jackie McNamara, Dipecat untuk Naik Jabatan

Berita

by Redaksi 33

Redaksi 33

Pandit Football Indonesia mengkhususkan pada analisis pertandingan sepakbola, statistik dan liga, juga sejarah perkembangan sepakbola dan evolusi taktiknya

Jackie McNamara, Dipecat untuk Naik Jabatan

Kisah Jackie McNamara ini cukup unik. Hanya dalam selang satu minggu, ia mengisi tiga jabatan yang berbeda di York City, kesebelasan divisi 4 Liga Inggris. Ia dipecat dari posisinya sebagai manajer, karena klub ini tak kunjung meraih prestasi yang memuaskan. Namun hanya seminggu dari pemecatannya, ia diangkat menjadi CEO klub York City.

Lazimnya para manajer yang dipecat akan segera mencari tempat baru ataupun menganggur untuk sementara sampai tawaran untuk memanajeri tim kembali datang kepadanya. Tapi McNamara mengambil jalan yang lain. Ia menyanggupi tawaran posisi CEO dari klub York City, klub yang memecatnya sebagai manajer.

Padahal ia dipecat sebagai manajer karena prestasi klubnya, York City, yang tak kunjung membaik. Musim ini York City hanya mencatatkan tiga kemenangan, delapan kekalahan, dan tiga kali hasil seri dari 14 pertandingan. Ketika timnya dibantai 6-1 oleh Guiseley, McNamara mengungkapkan bahwa ia akan mengundurkan diri jika timnya kembali meraih hasil buruk.

Lalu ia pun meraih hasil seri 1-1 melawan Braintree dalam pertandingan Sabtu (8/10/2016). Alih-alih mengundurkan diri, akhirnya ia dipecat oleh manajemen York City pada hari Senin (10/10/2016). Uniknya, pihak manajemen mengumumkan kepada fans bahwa ia masih dipertahankan sebagai caretaker, sembari menanti kedatangan manajer baru ke tubuh York City.

Pada hari Minggu selanjutnya (18/10/2016) caretaker, York City mendatangkan manajer yang sebelumnya menangani Wrexham, Gary Mills. Bukannya mempersilahkan McNamara untuk pergi, manajemen York City malah meminta McNamara menjadi CEO York City.

"Jackie akan fokus menangani aspek-aspek operasional klub dengan perhatian yang lebih kepada strategi komunikasi klub, baik itu komunikasi internal maupun eksternal, manajemen administrasi, aspek akademi klub, juga kepada aspek komersial," ujar pernyataan resmi klub seperti dikutip The Guardian.

"Ia juga akan memberikan asistensi kepada manajer, karena CEO dan chairman klub berhak untuk melakukan itu. Ia juga membantu manajer dalam menentukan budget dan aspek-aspek finansial lainnya. Intinya manajer harus lebih berfokus kepada peningkatan kemampuan pemain, dan membiarkan CEO serta chairman membantu dalam hal-hal yang berada di luar lapangan," tambah pernyataan tersebut.

Dengan diangkatnya McNamara menjadi CEO, ini akan membuat chairman dari York City, Jason McGill, lebih bisa meluangkan waktunya untuk mengurus bisnis yang ia tekuni bersama JM Packaging Ltd, yang selama enam bulan terakhir sedang mengalami pertumbuhan yang positif.

Benar-benar kejadian yang unik. Yah, selamat menikmati posisi baru anda, Jackie McNamara.

foto: @yorkcityfc

Komentar