Barcelona Takluk dari Tim Promosi di Camp Nou, Duo Madrid Pesta Gol

Berita

by redaksi

Barcelona Takluk dari Tim Promosi di Camp Nou, Duo Madrid Pesta Gol

Hasil mengejutkan terjadi di La Liga. Pada pekan ketiga musim 2016/2017, Barcelona ditaklukkan oleh kesebelasan promosi, Deportivo Alaves, dengan skor tipis 1-2, di kandang kebesaran mereka, Stadion Camp Nou.

Barca sudah kebobolan terlebih dahulu ketika Deyverson menuntaskan umpan Kiko Femenia pada menit ke-39. Jeremy Mathieu sempat memperkecil ketinggalan ketika babak kedua baru berjalan satu menit, tapi kemudian gol dari Ibai Gomez pada menit ke-64 tak mampu lagi dibalas Blaugrana.

Barca sendiri menurunkan dua pemain anyarnya pada laga ini, Jasper Cillessen dan Paco Alcacer, sejak menit pertama. Selain itu, Neymar yang baru bergabung usai membela timnas Brasil di Olimpiade Rio 2016 dan meraih medali emas juga dimainkan untuk pertama kalinya pada musim ini.

Hanya saja pelatih Barcelona, Luis Enrique, tak menurunkan kekuatan penuhnya pada laga ini. Andres Iniesta, Lionel Messi dan Luis Suarez tak diturunkan sejak menit awal. Ketiganya baru dimasukkan pada interval menit 60 hingga 65, walau tetap gagal menyelamatkan Barca dari kekalahan.

Bagi Alaves, ini merupakan kemenangan pertama mereka di La Liga setelah 10 tahun absen dan berkutat di divisi dua dan tiga. Pada dua laga pertama, skuat yang ditangani Mauricio Pellegrino berhasil menahan imbang Sporting Gijon dan Atletico Madrid.

Bermain seri dengan Atletico dan berhasil mengalahkan Barcelona pada tiga laga perdana jelas merupakan suatu hal yang positif bagi Alaves, terlebih saat ini menempati peringkat lima sementara di klasemen. Setidaknya ini menunjukkan bahwa mereka tak mudah dikalahkan dan bisa berlama-lama di La Liga.

Sementara itu, ketika Barcelona harus menanggung malu di kandangnya sendiri, Real Madrid berpesta di Santiago Bernabeu dengan mengalahkan Osasuna. Lima gol berhasil dicetak skuat asuhan Zinedine Zidane tersebut walau harus kebobolan dua gol.

Laga tersebut menjadi laga pertama sang mega bintang, Cristiano Ronaldo, bersama Real Madrid musim ini. Ia absen pada dua laga perdana Real Madrid setelah diberikan libur lebih lama usai membawa timnas Portugal menjuarai Piala Eropa 2016 di mana ia mendapatkan cedera pada laga final.

Ronaldo sendiri langsung menunjukkan ketajamannya. Ia membuka kran gol Real Madrid pada menit ke-6 setelah menerima umpan panjang dari Gareth Bale. Kemudian empat gol Los Galacticos lainnya diciptakan oleh Danilo, Sergio Ramos, Pepe dan Luka Modric, untuk menorehkan 15 kemenangan beruntun Real Madrid di La Liga sejak musim lalu.

Tak hanya Real Madrid, Atletico Madrid juga berpesta di saat Barcelona menelan kekalahan. Sempat imbang tanpa gol pada babak pertama, skuat asuhan Diego Simeone ini berhasil mengakhiri pertandingan melawan Celta Vigo dengan skor telak 0-4.

Bintang muda Prancis di Piala Eropa 2016, Antoine Griezmann, tampil impresif pada laga ini. Ia mencetak dua gol dan satu asis. Dua gol lain Atletico sendiri dicetak oleh Koke dan Angel Correa.

Ini menjadi kemenangan pertama Atletico di La Liga musim ini. Di dua laga awal, Atleti ditahan imbang oleh dua kesebelasan promosi, yakni Alaves dan Leganes. Kemenangan atas Celta Vigo ini membuat Atleti merangsek ke peringkat enam untuk menjaga jarak dengan Real Madrid yang menjadi satu-satunya kesebelasan dengan tiga kemenangan di tiga laga perdana La Liga musim ini.

Sementara itu, Barcelona berada di peringkat empat, di bawah Sevilla dan Las Palmas, atas hasil yang mereka terima menghadapi Alaves. Kekalahan atas Alaves tentunya akan membuat Barca lebih waspada dalam menjalani sisa kompetisi karena persaingan gelar juara La Liga tak bisa ditoleransi dengan kekalahan-kekalahan melawan kesebelasan yang mestinya bisa dikalahkan.

Komentar