Steve McClaren Resmi Dipecat Newcastle, Siapa Penggantinya?

Berita

by Redaksi 34

Redaksi 34

Pandit Football Indonesia mengkhususkan pada analisis pertandingan sepakbola, statistik dan liga, juga sejarah perkembangan sepakbola dan evolusi taktiknya

Steve McClaren Resmi Dipecat Newcastle, Siapa Penggantinya?

Steve McClaren akhirnya resmi meninggalkan kursi manajer Newcastle United. Rentetan hasil buruk yang diperoleh tim berjuluk The Magpies tersebut. Membuat eks juru taktik FC Twente dan Middlesbrough ini harus angkat kaki dari St James Park. Pengumuman tersebut dirilis oleh Direktur Klub, Lee Charnley, di situs resmi kesebelasan.

“Setelah tim mengalami kekalahan melawan Bournemouth pada sabtu lalu, Direksi klub telah menghabiskan banyak waktu untuk menimbang posisinya (McClaren) dan secara resmi pada hari ini pekerjaan McClaren dengan Newcastle United telah resmi berakhir,” ujar Charnley di situs resmi klub pada Jum’at (11/03) WIB.

“Kami mengakui bahwa keputusan yang kami diskusikan selama beberapa hari, membuat banyak pihak dalam situasi yang tidak pasti, seperti Steve dan semua pemain, dan oleh sebab itu kami mengumumkan permintaan maaf kami,” tambahnya.

“Secara personal, saya ingin mengucapkan terima kasih kepada Steve atas kontribusinya kepada Newcastle United. Dia adalah orang yang berintegritas dan dapat memperlihatkan martabat baik selama berada di klub,” tambahnya.

Charnley menambahkan, bahwa Steve tidak pernah lelah untuk bekerja dan membawa kesuksesan bagi Newcastle. “Dia mendapatkan rasa hormat dari semua pemain, staf, dan manajemen klub. Kami berharap yang terbaik untuknya,” imbuhnya.

Berita mengenai pemecatan McClaren dari kursi manajer Newcastle United memang sudah berkembang sejak Desember lalu, akibat performa buruk yang ditunjukkan oleh tim yang identik dengan seragam hitam putih tersebut. Namun, rumor pemecatannya nyaris tak lagi terdengar lantaran Newcastle berhasil mengalahkan Liverpool 2-0 dan Tottenham Hotspur 2-1.

Seiring berjalannya waktu, rumor pemecatannya kembali lagi akibat enam kekalahan yang dialami oleh The Magpies sejak 2016. Belum lagi masalah internal Newcastle, yang mana sederet pemain asal Prancis sempat dikabarkan kurang sreg dengan program latihan yang diterapkan oleh eks asisten manajer Manchester United ini.

McClaren sendiri bukan sosok kacangan dalam persepakbolaan Inggris. Beragam prestasi sempat ditorehkan oleh pria asal York ini. Di antaranya, membuat Middlesbrough menjuarai Piala Liga Inggris 2003/04 dan membawa FC Twente mengoleksi gelar Eredivisie untuk kali pertama pada musim 2009/10.

Eks Manajer Liverpool, Rafael Benitez disebut-sebut menjadi suksesor McClaren di St. James Park. Beberapa media Inggris bahkan melansir kabar bahwa Benitez telah menemui pejabat Newcastle untuk membicarakan kemungkinan melatih The Magpies. Selain Benitez, nama David Moyes dan Brendan Rodgers juga disebut-sebut akan mengisi posisi yang tengah lowong tersebut.


Rafael Benitez resmi diumumkan sebagai manajer baru Newcastle, beberapa jam pasca pengumuman pemecatan McClaren.

Diperbarui pada 07.00 WIB (12/3)

">#NUFC


— Newcastle United FC (@NUFC) https://twitter.com/NUFC/status/708300050514976768">March 11, 2016

Komentar