Kerja Keras yang Akan Menentukan Nasib Real Madrid di Akhir Musim

Berita

by Ardy Nurhadi Shufi

Ardy Nurhadi Shufi

Juru Taktik Amatir
ardynshufi@gmail.com

Kerja Keras yang Akan Menentukan Nasib Real Madrid di Akhir Musim

Real Madrid kembali tampil menggila di bawah asuhan Zinedine Zidane. Sempat ditahan imbang Real Betis dengan skor 1-1, skuat berjuluk Los Blancos tersebut berhasil menjungkalkan Espanyol dengan skor telak 6-0 pada pekan ke-22 La Liga yang berlangsung Minggu (31/1).

Cristiano Ronaldo sukses mencetak hattrick pada laga ini. Trigol yang ia buat tersebut merupakan trigol yang ke-39 sepanjang kariernya. Sementara itu, tiga gol lain dicetak oleh Karim Benzema, James Rodriguez, dan gol bunuh diri pemain Espanyol, Oscar Duarte.

Usai laga, Ronaldo mengapresiasi atas apa yang dilakukan Zidane sejak ditunjuk menggantikan Rafael Benitez. Penyerang asal Portugal tersebut mengatakan bahwa sebelumnya para pemain Madrid mengalami masalah kebugaran karena menjalani pra-musim yang tak maksimal. Sementara Zidane mampu dengan cepat membuat ia dan rekan-rekannya tampil lebih baik karena kebugaran yang lebih baik.

“Kami perlu bekerja lebih keras karena pra-musim kami sangat tidak bagus, terutama karena kami melakukan banyak perjalanan ke luar negeri,” ujar Ronaldo seperti yang dikutip Football Espana. “Zizou kemudian datangan dengan ide yang ia miliki di mana idenya tersebut membuat kami bermain lebih baik.”

“Saya merasa lebih fit,” tambah Ronaldo. “Tim bermain dengan sangat baik. Kami menang dengan marjin yang besar dan semuanya berjalan sangat baik. Zizou melakukan pekerjaan yang fenomenal.”

Sementara itu di lain tempat, Zidane tak menyangka bahwa skuatnya akan kembali menang besar, atau bisa mencetak 17 gol dalam empat pertandingan. Namun ia percaya bahwa skuat Real Madrid memang memiliki kualitas untuk memenangi setiap pertandingan.

“Saya selalu terkejut karena tidak lah mudah mencetak lima, lima, dan enam gol pada pertandingan-pertandingan tersebut,” ujar Zidane pada laman resmi Real Madrid. “Itu tidak mudah, tapi bisa didapatkan dengan kerja keras.”

“Sekali lagi kami menampilkan permainan yang sangat bagus. Saya tidak tahu bahwa ini merupakan permainan terbaik kami sejak saya datang. Tapi bagaimanapun, saya sangat senang. Kami mengetahui kualitas para pemain yang kami miliki dan mereka bekerja sangat keras. Karenanya yang bisa kami lakukan adalah terus mencetak gol dan memenangi pertandingan,” tambahnya.

Atas kemenangan tersebut, Real Madrid kini hanya terpaut satu poin dengan Atletico Madrid yang berada di peringkat kedua. Sementara dengan Barcelona yang berada di peringkat pertama, selisih keduanya kini empat poin dengan Barca yang memiliki satu pertandingan yang belum mereka jalani.

Meskipun begitu, Zidane tetap yakin bahwa perburuan gelar juara masih terbuka. Ia akan berusaha semaksimal mungkin untuk terus memberikan kemenangan bagi Real Madrid. Ia tak mau skuatnya kembali terpeleset seperti kala menghadapi Valencia yang berakhir imbang.

“Kami tahu bahwa kami akan terus mengejar. Kami memiliki selisih empat poin dan kemungkinan menjadi tujuh poin dengan Barca. Saya tahu ini sulit tapi kami akan terus berusaha dan fokus pada pertandingan kami sendiri. Perburuan gelar belum berakhir,” papar pelatih asal Prancis tersebut.

Keyakinan itu juga diamini oleh Ronaldo. Meski Atleti dan Barca saat ini berada di atas Real Madrid pada klasemen sementara, namun ia percaya bahwa masih banyak kemungkinan bisa terjadi mengingat liga masih cukup lama berakhir.

“Kami harus melanjutkan permainan seperti ini. Kami tidak perlu memikirkan Barca dan Atelti. Kedua kesebelasaan tersebut bermain baik. Tapi kami perlu bekerja keras karena akhir musim masih banyak tersisa. Kami memiliki selisih poin sedikit dengan mereka, tapi semuanya baru akan berakhir pada akhir musim,” tukas Ronaldo.

“Yang perlu kami lakukan adalah memenangi pertandingan-pertandingan besar. Kita lihat apa yang akan terjadi pada pertandingan-pertandingan besar. Tapi bagi saya, tak ada lawan yang mudah,” tambahnya.

Salah satu kelemahan Real Madrid di bawah asuhan Benitez memang kesulitan memenangi partai-partai big match. Karenanya penting bagi Zidane untuk bisa menjaga konsistensi permainannya agar pada laga big match Real Madrid bisa meraih tiga poin, di mana hal itu bisa membuat mereka memangkas poin dengan Barca dan Atletico bahkan menyalip untuk mencuri posisi pertama di akhir musim.

foto: skysports.com

Komentar