Kegagalan Transfer yang Membahayakan Arsenal

Berita

by Ardy Nurhadi Shufi

Ardy Nurhadi Shufi

Juru Taktik Amatir
ardynshufi@gmail.com

Kegagalan Transfer yang Membahayakan Arsenal

Arsenal boleh saja berhasil mendatangkan Alexis Sanchez dan Danny Welbeck untuk menambah daya dobrak lini penyerangan mereka. Atau mereka kini memiliki dua kiper dengan kualitas tak jauh berbeda dengan perekrutan David Ospina. Tapi kegiatan transfer Arsenal pada bursa transfer musim panas ini tak bisa dikatakan sukses.

Kepergian Thomas Vermaelen ke Barcelona bisa menjadi blunder besar. Memang manajemen Arsenal tak bisa sepenuhnya disalahkan karena Vermaelen sendiri yang memang ingin hengkang, tapi kegagalan mendatangkan penggantinya bisa menjadi persoalan saat The Gunners menjalani kompetisi.

Dengan Ignasi Miquel yang hengkang menuju Norwich City, otomatis kini Arsene Wenger hanya memiliki Lorient Koscielny, Per Mertesacker, dan Calum Chambers untuk posisi bek tengah. Hanya memiliki tiga pemain untuk bek tengah dengan jadwal yang padat, jelas terlalu beresiko.

Dan yang perlu digaris bawahi adalah, Koscielny memiliki masalah cedera Achilles, cedera pada jaringan otot betis dan tumit, yang sangat rentan kambuh. Cederanya ini didapatkan saat Koscielny membela Arsenal melawan Everton yang berkesudahan dengan skor 2-2.

Tak hanya di situ, pemain berusia 28 tahun ini pun menderita cedera kepala saat Arsenal menghadapi Leicester City akhir pekan lalu. Cederanya ini membuat namanya dicoret dari skuat timnas Prancis yang akan menghadapi Spanyol dan Serbia.

Dengan resiko ini, beban berat akan dimiliki Mertesacker dan Calum Chambers. Keduanya harus selalu tetap fit agar lini belakang Arsenal tak menjadi kelemahan yang bisa dieksploitasi lawan. Chambers yang ketika bermain di Southampton bermain sebagai fullback kanan pun harus lebih terbiasa bermain sebagai centre-back.

Arsenal pun bukan tanpa usaha untuk menggaet defender baru. Setelah mendatangkan Mathieu Debuchy dan Chambers, Arsenal gencar mendekati beberapa pemain belakang. Tiga pemain pun dibidik ketika jendela transfer memasuki pekan terakhir.

Nama pertama yang sempat dikaitkan dengan The Gunners adalah Kostas Manolas. Namun Manolas lebih memilih untuk bergabung dengan AS Roma. Sebagai gantinya, Wenger menginginkan rekan setim Manolas di tim nasional Yunani, Sokratis Papastathopoulos. Tapi klub pemiliknya, Borussia Dortmund, memasang banderol tinggi seharga 16 juta poundsterling.

Saat bursa transfer musim panas menjelang hari terakhir, Arsenal coba mendekati bek Manchester City, Matija Nastasic. Namun bek asal Serbia tersebut lebih memilih bertahan di Ettihad Stadium meski kesempatan bermain terbilang kecil karena harus bersaing dengan Vincent Kompany, Martin Demichelis, dan Eliaquim Mangala.

Maka dari itu, tugas besar bagi Wenger untuk menjaga ketiga bek tengahnya untuk tetap fit, setidaknya selama empat bulan ke depan sampai bursa transfer musim dingin dibuka. Karena jika tidak, Wenger terpaksa harus menurunkan pemain-pemain muda yang minim pengalaman. Pembelian Sanchez dan Welbeck pun akan jadi sia-sia jika lini belakang keropos karena menjadi kelemahan yang bisa dimanfaatkan lawan. Persis seperti gol mudah yang dicetak Leonardo Ulloa saat Leicester menahan Arsenal akhir pekan kemarin.

foto: bleacherreport.com

Komentar