On This Day 2010, Berakhirnya Masa Bakti Cannavaro di Gli Azzuri

Backpass

by redaksi

On This Day 2010, Berakhirnya Masa Bakti Cannavaro di Gli Azzuri

Pada 25 Juni 2010, bek sekaligus kapten tim nasional Italia, Fabio Cannavaro, memutuskan untuk pensiun dari timnas. Dipenghujung karir bersama tim nasional Italia, bek yang pernah bermain Real Madrid ini menorehkan 136 caps, yang merupakan rekor penampilan terbanyak  di timnas.

Cannavaro pertama kali tampil bersama tim nasional pada Januari 1997 saat Italia  menghadapi Iralndia Utara dalam sebuah laga uji coba. Ia baru menjadi bek andalan Italia sejak 1998 pada Piala Dunia Perancis.

Setelah Italia tampil mengecewakan pada Piala Dunia 2002 dan Piala Eropa 2004, Cannavaro berhasil membawa Italia menjuarai Piala Dunia 2006. Ketika itu ia menjadi kapten tim –sebelumnya Paolo Maldini yang menjadi kapten tim nasional.

Pada Piala Dunia 2006 itu, lini pertahanan Italia di bawah kepemimpinannya hanya kebobolan dua gol –satu lewat bunuh diri dan satu lewat penalti. Penampilan gemilangnya itu kemudian membuatnya menjadi runner up Golden Ball, kalah oleh legenda Perancis, Zinedine Zidane.

Cannavaro absen pada Piala Eropa 2008 karena mengalami cedera dan mulai mempertimbangkan untuk pensiun dari timnas. Namun ia masih memiliki hasrat untuk mempertahankan gelar juara dunia pada 2010.

Sayangnya keinginannya itu tak terwujud. Yang ada justru sebaliknya, Italia kembali tampil mengecewakan setelah ditahan imbang Paraguay dan New Zealand, serta kalah melawan Slovakia pada 24 Juni 2010.

Sehari berikutnya, pria kelahiran 13 September 1973 ini mengumumkan pengunduran dirinya dari tim nasional dan lebih memfokuskan diri bermain untuk klub Qatar, Al-Ahly. Namun pada Juli 2011, pemain berjuluk ‘muro di Berlino’ ini dihantam cedera lutut. Tak lama kemudian ia memutuskan untuk mengakhiri karirnya sebagai pesepakbola.

[youtube]

[/youtube]

foto: theoriginalwinger.com

Komentar