Skuat Impian Rahmad Darmawan Bersama Persija Jakarta

Taktik

by Ardy Nurhadi Shufi

Ardy Nurhadi Shufi

Pemimpin Redaksi | Pesepakbola Tarkam | Juru Taktik
ardynshufi@gmail.com

Skuat Impian Rahmad Darmawan Bersama Persija Jakarta

Perburuan gelar juara Indonesia Super League (ISL) 2015 tampaknya akan lebih seru dibanding musim sebelumnya. Hal ini terlihat dengan aktivitas perekrutan pemain yang dilakukan oleh kesebelasan-kesebelasan papan atas Indonesia yang begitu sibuk meski ISL belum lama ini menyelesaikan perhelatannya.

Tak seperti artikel sebelumnya, di mana kami telah menuliskan skuat pasti Sriwijaya FC, pada artikel ini kami akan membahas skuat bayangan kesebelasan ibu kota, Persija Jakarta. Meski beberapa pemain incaran belum resmi digaet, skuat ‘Macan Kemayoran’ untuk 2015 tampaknya sudah mulai terbentuk.

Setelah kembali mengontrak pelatih yang pada tahun 2006 dan musim 2011-2012 menukangi Persija, Rahmad Darmawan, Persija langsung mengikat kontrak beberapa pemainnya untuk dipertahankan. Dan dari hasil evaluasi, manajemen Persija memutuskan untuk tak memperpanjang kontrak Ivan Bosnjak, Egy Melgiansyah, Ponaryo Astaman, April Hadi, Fabiano Beltrame, Defry Rizki, Rohit Chand, Ngurah Nanak, Victor Pae, dan Boakay Eddie Foday.

Meskipun begitu, Rahmad Darwawan langsung bergerak cepat untuk mendapatkan pemain penggantinya. Dan sejauh ini, kerangka tim Persija Jakarta sudah terbentuk sekitar 70%.

Pada posisi kiper, Persija akan mengandalkan Andritany Ardhiyasa sebagai kiper utama. Adixi Lenzivio dan Daryono akan menjadi kiper cadangan Andritany. Ketiganya merupakan komposisi penjaga gawang Persija Jakarta pada musim lalu, tak berubah.

Di lini pertahanan, Persija telah resmi mendatangkan Alfin Tuasalamony, Syaiful Indra Cahya dan Vava Zagalo. Ketiga pemain ini akan memperkuat barisan pertahanan lokal Persija yang hanya menyisakan Dany Saputra dan Ismed Sofyan sebagai pemain utama.

Posisi bek tengah akan dihuni oleh bek asing yang merupakan pemain timnas Estonia, Martin Vunk, yang direkrut dari Nomme Kalju FC. Pemain berusia 30 tahun ini merupakan pemain timnas aktif dan telah mengumpulkan 65 caps. Vunk yang juga membela Estonia saat melawan timnas Inggris beberapa waktu lalu ini pun bisa ditempatkan sebagai gelandang bertahan.

Baca juga:

Rahmad Darmawan di Timnas: Liga (di) Indonesia sebagai Indonesian Tergantung League?

ISL 2014: Laga Persija-Barito Sekadar Formalitas

Kilas balik: Persija Jakarta Juarai Piala Bang Ali

Sejarah: Awal Mula Persija Jakarta Dimusuhi Publik Bandung


Kabarnya, Persija pun tengah mengincar Timothee Atouba untuk posisi bek. Nama Atouba sebenarnya bukan nama yang terlalu asing di telinga kita karena pemain asal Kamerun ini pernah membela beberapa klub Eropa seperti Tottenham Hotspur, Hamburg SV, dan Ajax Amsterdam. Namun saat ini ia sedang tak memiliki klub setelah klub divisi dua liga Spanyol, Las Palmas, melepas pemain berusia 32 tahun ini pada musim panas lalu. Hingga saat ini, belum ada kelanjutan mengenai perekrutan mantan pemain timnas Kamerun ini.

Ramdani Lestaluhu dan Amarzukih tampaknya masih akan menghuni skuat utama Persija Jakarta untuk musim depan. Pada formasi 4-4-2 yang tampaknya akan digunakan coach RD, Ramdani akan menghuni sayap kanan, sementara Amarzukih akan menjadi pematah serangan lawan dari tengah.

Sayap kiri akan diperebutkan oleh dua pemain anyar Muhammad Ilham dan Rendi Irawan Saputra. Namun karena M. Ilham merupakan pemain bawaan RD dari Persebaya, tampaknya M. Ilham akan lebih dipilih untuk menjadi penyisir sayap kiri penyerangan Persija musim depan.

Untuk pengatur serangan, Persija terus mendekati Stefano Lilipaly. Pemain naturalisasi asal Belanda ini kabarnya akan bergabung dengan tim saat kontraknya bersama klub asal Jepang, Consadole Sapporo, berakhir pada awal Januari nanti.

Rahmad Darmawan pun sedang mengusulkan pada manajemen Persija untuk kembali mengontrak anak asuhnya di Persebaya yang pernah bermain di Persija, Greg Nwokolo. Menurut wakil presiden Persija, Asher Siregar, pihaknya telah menjalin kesepakatan bersama Greg dan pemain asal Nigeria ini akan bergabung dalam waktu dekat.

Untuk daya dobrak di lini serang, Persija terus menjalin hubungan dengan top skorer Liga Estonia, Evgeni Kabaev. Kabaev, penyerang 26 tahun yang merupakan pemain berkewarganegaran Rusia, musim lalu mencetak 36 gol dari 35 penampilannya bersama JK Sillamani Kalev yang menjadi runner-up pada klasemen akhir. Kabaev akan datang bersamaan dengan Vunk dalam waktu dekat untuk menjalani tes medis.

Tak hanya bomber asing, Persija pun mengincar nama-nama lokal untuk menghuni lini depan. Dan sebelumnya sudah santer diberitakan bahwa RD ngotot ingin mendatangkan Bambang Pamungkas untuk kembali berbaju oranye. Ferry Paulus, Presiden klub Persija pun mengabulkan permintaannya dengan resmi mendatangkan striker tersubur tim nasional Indonesia tersebut.

Penyerang lokal yang menjadi incaran Persija lainnya adalah Irfan Bachdim. Saat ini Irfan masih terikat kontrak dengan klub J2, divisi dua Liga Jepang, Ventforet Kofu. Bachdim sendiri menyatakan kesediaannya kembali ke Tanah Air untuk membela tim Indonesia selama klub tersebut benar-benar serius ingin menggunakan jasanya.

Jika incaran-incaran manajemen Persija dan Rahmad Darmawan ini dapat terwujud, RD sepertinya bisa mewujudkan formasi 4-4-2 (seperti yang ia terapkan saat menukangi Persebaya Surabaya) dengan para pemain impiannya.

Skuat yang tampaknya cukup bisa mengembalikan Persija Jakarta kembali menjadi tim yang ditakuti di Indonesia. Tapi tambahan pemain di lini tengah sepertinya sangat mereka butuhkan untuk menyempurnakan skuat. Sehingga memiliki kedalaman skuat yang bagus untuk tetap menjaga kualitas tim jika di tengah kompetisi ada pemain inti yang tak bisa diturunkan karena cedera atau pun terkena sanksi kartu.

Ikuti Perkembangan Perpindahan Pemain ISL Di Daftar Ini

foto: ligaindonesia.co.id

Komentar