Chelsea Belum Juara dan Tidak Ingin Sempurna

Berita

by Redaksi 43

Redaksi 43

Pandit Football Indonesia mengkhususkan pada analisis pertandingan sepakbola, statistik dan liga, juga sejarah perkembangan sepakbola dan evolusi taktiknya

Chelsea Belum Juara dan Tidak Ingin Sempurna

Chelsea berada di puncak klasemen dengan jarak yang cukup jauh dari para pesaing. Mereka juga belum pernah menderita kekalahan. Sempurna mungkin bukan kata yang tepat, namun mereka bisa jadi cukup dekat. Terlepas dari semua hal positif tersebut, Arsène Wenger menolak untuk melihat Chelsea sebagai juara. Dan José Mourinho tidak ingin timnya melalui satu musim penuh tanpa merasakan kekalahan.

Mourinho benar-benar memenuhi janjinya musim lalu. Premier League musim 2014/15 memang baru berjalan 14 pertandingan saja (13 pertandingan untuk beberapa tim yang baru akan kembali bertanding nanti malam), namun Chelsea FC yang ia pimpin sudah menjadi salah satu kandidat terkuat untuk meraih gelar juara.

Sepuluh kemenangan dan tiga hasil imbang membawa Chelsea duduk nyaman di puncak klasemen, enam poin lebih baik dari Manchester City selaku pesaing terdekat. Pertahanan Chelsea memang bukan yang terbaik, namun mereka mampu mengimbanginya dengan jumlah gol yang lebih banyak dari tim-tim lain: 30 gol untuk 11 bola yang bersarang di gawang mereka.

Walau nampak mengerikan, Chelsea tidaklah sempurna. Enam poin bukanlah jarak yang terlampau jauh untuk dikejar, menurut Arsène Wenger yang timnya saat ini berada jauh di belakang Chelsea di peringkat tujuh.

Tak hanya berada cukup jauh dari puncak klasemen – 13 angka di belakang Chelsea – Arsenal juga memiliki raihan poin yang sama dengan empat tim di bawah mereka sehingga sangat mungkin turun lebih jauh jika tersandung sekali saja. Kondisi tersebut toh bukan alasan untuk merasa pesimis dan memandang Chelsea sebagai juara sebelum kompetisi berakhir.

Pernyataan Wenger diamini sendiri oleh Mourinho, walaupun tidak sepenuhnya. Mourinho terang-terangan mengatakan bahwa timnya berusaha untuk menjadi juara, bukan meraih status tak terkalahkan sepanjang musim. Selain karena hal tersebut menurut Mourinho tidak mungkin dilakukan, tujuan permainan timnya bukanlah itu.

“Pertama-tama kami tidak merasa bahwa tidak terkalahkan dalam satu musim mungkin dilakukan. Lain hal, kami tidak bermain dengan tujuan itu. Karena jika Anda bermain untuk tujuan itu dan itu adalah salah satu hal yang harus Anda penuhi, Anda mungkin akan meraih hasil imbang dalam terlalu banyak pertandingan karena Anda tidak mengambil resiko untuk berusaha memenangi pertandingan,” ujar Mourinho sebagaimana dikutip oleh the Guardian.

Chelsea selalu bermain untuk menang, dan tidak puas dengan hasil imbang saja. Dalam usaha untuk meraih kemenangan, ada peluang besar untuk menderita kekalahan. Namun itu bukan masalah bagi Mourinho, karena meraih sepuluh angka dari sepuluh hasil imbang tidaklah lebih baik ketimbang lima belas angka dari lima kekalahan dan lima kemenangan.

“Tidak kalah saja sudah cukup untuk membuat Anda merasa bahagia. Jika Anda meraih sepuluh hasil imbang, Anda mendapatkan 10 poin. Jika Anda meraih lima kemenangan, dan kalah dalam lima lainnya, Anda mendapatkan 15 poin. Saya lebih memilih 15 angka dan kalah ketimbang 10 angka dan tidak terkalahkan,” lanjutnya.

Malam ini Chelsea akan melanjutkan perjalanan mereka dengan menjamu Tottenham, sementara City dan Southampton selaku dua pesaing terdekat akan bertandang ke kandang Sunderland dan Arsenal.

Komentar