On This Day 1892, Cikal Bakal Liverpool

On This Day

by redaksi

On This Day 1892, Cikal Bakal Liverpool

Everton Athletic adalah cikal bakal dari Liverpool FC. Klub ini didirikan pada 15 Maret 1892 oleh mantan chairman Everton FC, John Houlding.

Perselisihannya dengan jajaran petinggi Everton FC lainnya terkait pendapatan klub, membuat The Toffees memutuskan cabut. Houlding yang tercatat sebagai pemilik Anfield Ground kemudian mendirikan klub sendiri.

Everton FC saat itu menggunakan Anfield dengan sistem sewa. Sang pemilik sebelumnya kemudian berinisiatif menjual stadion tersebut karena enggan dengan kebisingan yang terjadi pada setiap match day. Houlding kemudian menjadi pemilik Anfield sejak 1885. Meski begitu, Everton FC tetap harus membayar sewa stadion pada Houlding.

Persengketaan dimulai ketika Everton FC berevolusi sebagai sebuah klub profesional dengan beberapa penyandang dana dan jajaran direksi pada 1888. Hampir dua tahun berjalan, match Everton selalu penuh. Melihat untung yang lebih besar, Houlding lalu menaikkan harga sewa Anfield menjadi 150% pada 1890.

Meski sempat menjadi juara pada 1891, jajaran direksi Everton FC lama-kelamaan keberatan juga dengan beban sewa stadion pada Houlding. Padahal ia juga termasuk dari jajaran direksi tersebut.

Protes petinggi klub disikapi Houlding dengan keluar dan membentuk klub sendiri pada 15 Maret 1892. Sekitar sebulan kemudian, Everton FC memutuskan tidak akan menggunakan lagi Anfield. Laga kandang terakhir mereka menggunakan stadion tersebut tercatat pada tanggal 18 April 1892.

Keinginan Houlding untuk mengambil alih peran Everton FC, mulai peralatan, ofisial, pemain hingga posisi liga ditolak oleh operator liga Inggris saat itu. Ia bahkan diminta mengubah nama Everton Athletic. Dan, dipilihlah nama Liverpool FC pada 3 Juni 1892 untuk menggantikannya.

Komentar